google.com, pub-4939741395945830, DIRECT, f08c47fec0942fa0

2 Cara Duet di TikTok Tanpa Aplikasi & Dengan PhotoGrid

Salah satu fitur menarik yang dihadirkan di TikTok dan membuat banyak penggunanya penasaran adalah fitur duet di TikTok. Meski sudah banyak video yang menunjukkan hasil duet di TikTok beredar, masih banyak pengguna TikTok yang ternyata belum paham bagaimana cara duet di TikTok.

Cara duet melalui platform TikTok sebenarnya tidak terlalu sulit dan tidak membutuhkan aplikasi tambahan. Anda hanya membutuhkan aplikasi TikTok yang sudah terinstal di smartphone saja untuk merekam duet.

Mengenal Fitur Duet di TikTok

Mengenal-Fitur-Duet-di-TikTok

TikTok merupakan aplikasi video pendek yang sebenarnya sudah dirilis ke publik sejak beberapa tahun ke belakang. Namun, popularitasnya semakin menanjak baru-baru ini. Bahkan, aplikasi TikTok yang dulu disematkan untuk “anak-anak ABG alay”, kini banyak digunakan oleh orang dewasa bahkan orang tua.

Aplikasi video pendek TikTok berasal dari negeri Tirai Bambu China. Aplikasi TikTok dikembangkan oleh seorang software engineer lulusan Universitas Nankai di negeri tersebut bernama Zhang Yiming. Zhang Yiming sebelumnya memang mendirikan perusahaan teknologi yang diberi nama Byte Dance.

Aplikasi video pertama yang diperkenalkan oleh perusahaan Byte Dance diberi nama Douyin dan digunakan secara lokal di negara tersebut. Aplikasi tersebut berhasil menarik perhatian hingga 100 juta pengguna di tahun pertama perilisannya di negeri tirai bambu.

Melihat kesuksesan aplikasi tersebut di negara asalnya, perusahaan Byte Dance kemudian merilis aplikasi video pendek tersebut ke pasar internasional yang lebih besar. Namun, nama Douyin yang mungkin terdengar asing di lidah dan telinga orang luar membuat Byte Dance memutuskan mengganti namanya.

Akhirnya Douyin pun diubah menjadi TikTok seperti yang kita kenal hari ini. Popularitas TikTok yang semakin tinggi di tengah masyarakat dunia tidak terlepas dari beragamnya fitur yang dihadirkan.

Bahkan fitur-fitur edit di dalamnya terbilang cukup menarik dan jarang ditemukan di aplikasi berbagi video atau media sosial lainnya. Fitur edit foto hingga video yang dapat membuat wajah lebih cerah dan imut membuat banyak anak muda senang menggunakan aplikasi ini.

Salah satu fitur populer yang banyak dikenal saat ini adalah fitur duet di TikTok. Fitur duet ini memungkinkan pengguna TikTok untuk berkolaborasi dengan pengguna TikTok lainnya secara bersama-sama untuk menghasilkan dua video yang umumnya saling terkait atau berhubungan satu sama lainnya.

Ada berbagai jenis video hasil duet di TikTok yang berhasil dikreasikan oleh pengguna setia platform ini. Namun, ternyata masih banyak orang yang belum paham cara duet di TikTok yang dapat menghasilkan video berkualitas bagus dan menarik dari segi konten.

Oleh karena itu sebaiknya Anda simak penjelasan di bawah ini.

Dua Macam/Jenis ‘Duet’ di TikTok

Untuk membuat video duet di TikTok sebenarnya tidak begitu sulit apalagi mengingat aplikasi ini sudah menyediakan fitur tersebut secara langsung di dalamnya. Anda sebagai pengguna hanya perlu berkreasi sebaik mungkin untuk menciptakan video duet yang bagus dan menarik.

Berikut dua macam video duet di TikTok:

1. Video Duet TikTok Berdampingan

Video-Duet-TikTok-Berdampingan-scaled

Video duet TikTok pertama yang terkenal dan banyak digunakan oleh pengguna TikTok adalah video duet TikTok yang dibuat berdampingan sisi kanan dan kiri. Pada video ini, satu layar akan dibagi menjadi dua bagian yakni bagian kanan dan kiri.

Pada sisi kiri video berupa video asli dari pengguna TikTok sementara di sisi kanan video berisi video duet yang dibuat oleh pengguna TikTok. Video jenis satu ini dibuat untuk berbagai jenis konten umumnya konten komedi, hiburan dan sebagainya.

Agar konten video lebih menarik, dibutuhkan sinkronisasi yang sangat baik di kedua sisi video agar hasil editan duetnya bagus ketika ditampilkan. Bisa dikatakan dibutuhkan usaha yang lebih untuk membuat video TikTok berdampingan karena timing yang tepat menentukan keberhasilan konten yang dibawa pada video.

2. Video Duet TikTok Muncul Bersusulan

Video-Duet-TikTok-Muncul-Bersusulan

Jenis video duet TikTok berikutnya berupa beberapa video yang muncul secara bergantian. Video TikTok jenis yang kedua ini dikenal dengan nama video duet Stitch dimana isi video di dalamnya dibuat saling bergantian. Misalnya video original akan dimunculkan di awal video.

Selanjutnya video duet akan menyusul ditampilkan pula di dalam video TikTok. Jenis video duet TikTok yang muncul bersusulan ini biasa digunakan untuk konten berisi tutorial atau sesuatu yang terjadi secara berurutan.

Selain itu, jenis video satu ini juga biasa digunakan untuk memberi tahu informasi mengenai suatu hal yang terdiri dari beberapa poin. Umumnya poin pertama akan dibawakan di video pertama kemudian disusul video kedua dan selanjutnya.

Terlepas dari jenis video duet TikTok apapun yang ingin Anda buat, keduanya sebenarnya tidak memperlukan alat atau teknik khusus. Kuncinya adalah Anda harus mengetahui cara duet di TikTok yang sebenarnya tidak begitu sulit seperti di bawah ini.

Langkah Mendaftar Akun TikTok

Apabila Anda merupakan pengguna baru sosial media berbagi video pendek TikTok, maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mendaftar akun ke TikTok terlebih dahulu.

Jika Anda belum memiliki akun TikTok, maka Anda hanya bisa menonton konten di dalam TikTok saja dan tidak bisa memanfaatkan fitur di dalamnya. Berikut adalah cara mudah untuk mendaftar akun ke TikTok.

  • Pertama-tama, unduh dan install aplikasi TikTok terlebih dahulu ke dalam smartphone Anda. Aplikasi TikTok dapat ditemukan dengan mudah dari Google Play Store ataupun App Store. Unduh kemudian biarkan smartphone menginstal aplikasi ini ke dalam smartphone.
  • Jika aplikasi TikTok sudah berhasil diinstal ke ponsel, jalankan aplikasi TikTok dengan menekan logo TikTok di layar
  • Untuk aplikasi TikTok yang baru kali pertama Anda buka, maka pada dashboard awal aplikasi akan memunculkan beberapa kategori video yang bisa dipilih seperti talent, DIY and life ha*ks, komedi, hewan, kecantikan dan gaya hidup.
  • Dengan memilih kategori sesuai maka Anda akan diberi rekomendasi yang sesuai keinginan Anda. Jika Anda sudah memilih kategori apa saja yang Anda inginkan agar direkomendasikan ke timeline, selanjutnya klik “Next”.
  • Anda bisa klik “Skip” jika ingin melewati langkah ini dan tidak ingin memilih kategori video yang diinginkan. Jika memilih skip maka TikTok akan merekomendasikan video secara random.
  • Pada laman berikutnya akan muncul informasi berupa tutorial singkat penggunaan TikTok. Ketuk tombol “Start Watching” untuk menonton tutorial menggunakan TikTok beserta video TikTok yang sudah diupload oleh pengguna lainnya melalui aplikasi berbagi video singkat ini.
  • Laman berikutnya adalah laman “Profile”. Ketuk tombol “Sign Up” untuk mendaftarkan akun baru ke TikTok

Laman-berikutnya-adalah-laman-Profile.-Ketuk-tombol-Sign-Up-untuk-mendaftarkan-akun-baru-ke-TikTok

  • TikTok menawarkan berbagai opsi untuk mendaftar akun baru TikTok seperti menggunakan alamat email, nomor ponsel hingga menggunakan akun Facebook yang terdaftar
  • Jika sudah memasukkan data yang dibutuhkan dalam membuat akun, cara berikutnya yang harus dilakukan adalah mengisi data berupa tanggal ulang tahun.
  • Berhasil! Akun Anda berhasil didaftarkan dan dibuat untuk digunakan selanjutnya di aplikasi TikTok.

Cara Duet di TikTok dengan Mudah

1. Langkah Memulai Video Duet Menggunakan Aplikasi TikTok Secara Langsung

Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat video duet di aplikasi TikTok. Anda biaa menggunakan bantuan aplikasi ketiga maupun cukup menggunakan satu aplikasi saja yakni TikTok. Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan:

  • Pertama-tama, buka aplikasi TikTok terlebih dahulu yang sudah Anda install di perangkat smartphone. Logo TikTok yang ada di layar HP Anda adalah kotak hitam dengan lambang not musik putih di bagian tengah.
  • Cari video yang Anda ingin buat sebagai video duet di TikTok. Video yang ingin Anda gunakan sebagai video duet di TikTok bisa berasal dari feed yang disarankan kepada Anda maupun dengan mencari video lain yang Anda buat sendiri dan ingin digabungkan dalam video duet
  • Setelah menemukan video yang dicari, langkah selanjutnya adalah ketuk tombol “Share” yang ada di bagian kanan dari layar. Tombol “Share” memiliki bentuk seperti jaringan lingkaran. Selanjutnya akan muncul layar pop up berisi opsi “Share” yang tersedia
  • Pada bagian Share Menu, pilih opsi “Duet” jika ingin membuat video duet di TikTok. Anda juga bisa memilih opsi video Stich yang ada di sebelah opsi “Duet” untuk membuat video duet yang muncul bersusulan.

Pada-bagian-Share-Menu-pilih-opsi-Duet-jika-ingin-membuat-video-duet-di-TikTok.-Anda-juga-bisa-memilih-opsi-video-Stich-yang-ada-di-sebelah-opsi-Duet-untuk-membuat-video-duet-yang-muncul-bersusulan

  • Selanjutnya Anda akan dibawa ke menu “Video Creation Page”
  • Buat video duet yang Anda inginkan. Untuk perekaman, cukup tekan tombol video kamera yang terletak di sisi bawah layar dan perekaman pun mulai dilakukan
  • Jika sudah selesai merekam video untuk duet, langkah berikutnya adalah ketuk tombol “Next”. Tombol ini berupa tombol merah yang berada di bagian sudut kanan bawah layar. Dengan menekan tombol “Next” Anda akan dibawa ke bagian Post Page.
  • Untuk mengupload video duet Anda ke bagian profile, klik tombol merah Post
  • Tunggu selama beberapa saat hingga video selesai diunggah ke dalam aplikasi.

Saat Anda menekan tombol “Duet” untuk memulai video duet, maka di layar akan muncul beberapa opsi fitur yang dapat Anda gunakan untuk membuat tampilan video lebih menakjubkan. Berikut adalah penjelasan beberapa fitur yang dihadirkan TikTok:

  • Tombol Flip merupakan tombol yang digunakan untuk memilih penggunaan kamera belakang atau kamera depan
  • Tombol Speed untuk mengedit kecepatan dari video
  • Tombol Filters untuk memberikan efek filter ke video baik filter cahaya dan sebagainya
  • Tombol Enhance untuk memberikan efek kecantikan pada video agar hasil perekaman terlihat lebih glowing dan flawless.
  • Tombol Timer ditekan jika Anda ingin memulai video di waktu tertentu
  • Tombol Layout untuk mengedit posisi pada video duet
  • Tombol Flash apabila Anda ingin mengaktifkan flash dari smartphone Anda
  • Tombol Mic untuk mengaktifkan fitur suara jika ingin turut direkam ke video
  • Tombol Effects untuk memberikan tambahan berupa efek tertentu ke video

2. Langkah Memulai Video Duet TikTok dengan PhotoGrid

Cara duet di TikTok berikutnya adalah dengan menggunakan aplikasi ketiga yakni PhotoGrid. Cara ini mungkin sedikit rumit dibandingkan cara sebelumnya karena Anda harus mengunduh aplikasi PhotoGrid terlebih dulu. Namun, cara ini cukup efisien jika Anda ingin mengedit video lama kemudian dibuat duet.

  • Pertama-tama pastikan Anda sudah mengunduh dan menginstal aplikasi PhotoGrid. Aplikasi ini bisa diunduh secara resmi dari Google Play Store. Tunggu beberapa saat hingga aplikasi terinstal ke smartphone Anda
  • Selanjutnya buka video TikTok dan pilih video yang ingin dijadikan video duet. Unduh video yang ingin dijadikan video duet tersebut dan simpan video ke memori internal atau memori eksternal dalam smartphone
  • Buka aplikasi PhotoGrid dan masukkan video dari TikTok yang sudah disimpan di dalam memori smartphone sebelumnya
  • Tekan menu Grid untuk menggabungkan maupun mengedit tampilan video
  • Ketuk dua video yang ingin dijadikan video duet dan tekan “Next” yang ada di ujung kanan atas
  • Edit video sesuai keinginan. Tambahkan filter maupun musik untuk membuat video semakin menarik

Edit-video-sesuai-keinginan.-Tambahkan-filter-maupun-musik-untuk-membuat-video-semakin-menarik

  • Apabila sudah selesai, tekan menu “Next”
  • Terakhir tekan “Save” untuk menyimpan hasil editing video yang sudah dilakukan
  • Masuk ke aplikasi TikTok Anda sekali lagi dan tekan tombol + yang ada di bagian bawah tengah aplikasi
  • Upload video duet yang sudah dibuat dengan tekan tombol “Post”

Penjelasan Terkait Menu yang Tersedia di Fitur Share TikTok

Penjelasan-Terkait-Menu-yang-Tersedia-di-Fitur-Share-TikTok

Ketika Anda menekan tombol untuk berbagi video atau “Share”, maka akan ada layar kecil pop up yang muncul dari bawah layar. Selain pilihan “Duet” dan “Stich”, masih banyak opsi menu lainnya yang muncul di layar pop up TikTok ini.

1. Menu Add to Favorites

Menu ini adalah menu yang berfungsi untuk menambahkan suatu video ke daftar video favorit Anda di TikTok. Dengan menekan tombol ini, maka Anda bisa menonton kembali video kesukaan Anda di daftar video favorit.

2. Menu Stitch

Menu stitch digunakan untuk membuat video duet dimana video asli akan ada di awal sementara video duet muncul selanjutnya.

3. Duet

Menu duet digunakan untuk membuat video duet umumnya digunakan untuk membuat konten video musik. Ini adalah fitur yang harus Anda ketahui jika ingin mencari tahu cara duet di TikTok.

Namun, tidak semua video bisa Anda jadikan sebagai video duet karena bisa jadi si pemilik video sudah menonaktifkan fitur tersebut. Cara untuk melihat apakah video tidak bisa dijadikan video duet adalah dengan mengklik tombol Share namun tidak muncul pilihan Stitch atau Duet.

4. Save Video

Jika Anda ingin menyimpan video TikTok kesukaan Anda ke dalam folder penyimpanan di ponsel, maka tekan tombol “Save Video”. Tombol ini berguna untuk membantu Anda menonton kembali video tersebut secara offline.

5. Not Interested

Tombol Not Interested ditekan apabila Anda sudah bosan direkomendasikan oleh TikTok mengenai suatu konten dari suatu channel. Jika menekan tombol ini, maka TikTok akan berhenti menampilkan konten yang serupa dengan video tersebut di feed Anda.

6. Report

Jika Anda menemukan suatu tayangan yang tidak pantas dimunculkan di kolom feed oleh seorang pengguna TikTok, tekan tombol “Report”. Ada berbagai tayangan yang dapat dianggap melanggar di TikTok seperti pornografi, kekerasaan, penghinaan dan sebagainya.

Saat Anda menekan tombol “Share to”, maka pada bagian atas dari menu-menu yang dijelaskan di atas akan ada beberapa pilihan sosial media untuk berbagi video yang Anda buat di Tiktok seperti Facebook, Whatsapp, dan Message.

Ada banyak cara duet di TikTok yang bisa para penggunanya kreasikan sesuka hati. Anda bisa menggunakan bantuan aplikasi ketiga atau murni menggunakan aplikasi TikTok saja. Tentunya jika ingin hasil yang lebih menarik sebaiknya Anda gunakan tambahan aplikasi lain untuk mengedit video.

 

Lihat Juga :

slot gacor