Perbedaan dan Keunggulan GB Whatsapp vs WhatsApp Original


suratkabar.id – Tertarik degan aplikasi modifikasi? Bila iya Anda mungkin sudah pernah mendengar GB Whatsapp. Aplikasi modifikasi ini sudah banyak dikenal oleh orang. Informasi terkait perbedaan dan keunggulan GB Whatsapp vs Whatsapp original kini banyak dicari.

Pasalnya kedua aplikasi memang banyak diidentikkan namun memiliki perbedaan fitur di dalamnya. Namun tidak sedikit yang menyatakan GB Whatsapp lebih unggul. Penasaran perbedaan dan keunggulan dari keduanya?

Perbedaan GB Whatsapp dan Whatsapp Original

Perbedaan-GB-Whatsapp-dan-Whatsapp-Original

Sebelum mencoba menggunakan aplikasi modifikasi GB Whatsapp ada baiknya Anda mengetahui dulu apa perbedaan dari aplikasi original. Hal ini bisa membantu agar nantinya tidak menyesal telah mendownload aplikasi. Berikut perbedaan aplikasi modifikasi dan original:

1. Perbedaan Fitur Aplikasi

Hal pertama yang jadi pembeda adalah fitur. Tidak sedikit calon pengguna aplikasi memastikan terlebih dulu fitur apa saja yang bisa digunakan dalam aplikasi. Fitur esensial bisa dengan mudah dilihat di web resmi aplikasi atau platform download aplikasi.

Whatsapp original yang banyak digunakan memiliki fitur esensial mengirim pesan singkat baik perorangan maupun ke orang banyak. Fitur tambahan seperti pengiriman foto atau video bisa dilakukan dengan besaran file tertentu.

Fitur lain yang bisa digunakan yakni pemasangan status atau yang sering disebut status WA. Tidak ada aturan pembatasan upload foto dalam hal ini karena setiap status yang dipasang hanya bisa memuat satu file foto. Namun berbeda dengan format video yang diberlakukan batas ukuran file.

Sementara GB Whatsapp secara keseluruhan memiliki fitur dari Whatsapp original dan lebih dikembangkan. Artinya fitur dalam aplikasi modifikasi ini akan terasa begitu identik. Lebih serunya aplikasi ini memiliki fitur tambahan seperti mengunduh status.

Fitur seperti ini hanya bisa digunakan pada aplikasi modifikasi. Terlebih aplikasi GB Whatsapp juga bisa melakukan pengiriman file dan video dengan jumlah yang lumayan banyak. Tidak ada batasan juga untuk frekuensi pengiriman.

2. Berbeda Pengembang

Perlu diketahui keduanya dikembangkan oleh perusahaan yang berbeda. Whatsapp original dikembangkan oleh pihak Facebook, perusahaan media sosial raksasa yang terbilang menguasai dunia. Sedangkan GB Whatsapp dikembangkan oleh seorang anggota senior dari perusahaan XDA.

Tentu saja penilaian bisa dilakukan dari sini. Pengembang profesional Facebook bisa menginisiasi dan mengembangkan aplikasi sederhana. Bahkan aplikasinya bisa bertahan dan berjalan dengan baik hingga saat ini.

Berbeda dengan pesaingnya dari pengembang aplikasi modifikasi, bisa jadi pengembangan aplikasi terbatas hanya terpaku dari aplikasi original. Bagaimana pun keduanya memang memiliki fitur yang amat identik.

Namun pemilihan penggunaan bisa dilakukan sesuai dengan kebutuhan. Tidak masalah juga bagi Anda untuk mempertimbangkan pemilihan berdasarkan perbedaan dan keunggulan GB Whatsapp vs Whatsapp original.

3. Kelegalan Aplikasi

Berbicara kelegalan maka tentu saja akan berbeda. Hak paten dari aplikasi chating berbasis online dan fleksibel dimiliki oleh Whatsapp original. Maka siapa saja yang menjiplak sistem dan fitur di dalamnya bisa dikatakan sebagai plagiat.

Namun bagaimana BG Whatsapp masih bisa bertahan? Nyatanya aplikasi satu ini walaupun banyak bermanfaat juga menimbulkan spekulasi lain. Kelegalan dari aplikasi pun dipertanyakan. Akhirnya aplikasi ini dikatakan sebagai aplikasi ile*al.

Terlepas dari legal maupun tidaknya aplikasi, masih banyak yang mengunduh dan menggunakannya dalam jangka waktu yang lama. Fitur tambahan di dalamnya yang tidak dimiliki oleh aplikasi original jadi salah satu penyebabnya.

Masih banyak cara yang bisa dilakukan untuk bisa menggunakan aplikasi ini. Bahkan banyak web yang menyediakan link download gratis bagi siapa saja yang berkunjung. Yang perlu jadi perhatian berhati-hatilah saat mengeklik link bisa jadi yang terunduh hanya vi*us buatan.

4. Perbedaan Pemasangan

Pemasangan bisa dilakukan oleh siapa saja di berbagai jenis perangkat. Namun khusus untuk aplikasi Whatsapp original kini tidak jarang tidak bisa dipasang bila software perangkat sudah tertinggal jauh.

Tidak jarang juga para pengguna sulit menemukan versi awal aplikasi original. Pengguna pun harus berganti perangkat ke jenis yang lebih terbaru. Pembaharuan fitur aplikasi juga hanya bisa dilakukan pada perangkat yang mendukung.

Berbeda dengan aplikasi GB Whatsapp yang masih memungkinkan digunakan pada perangkat dengan software lama. Calon pengguna juga masih bisa menemukan versi lama aplikasi dan bisa digunakan pada perangkat software lama.

Di samping pencarian dan penanaman aplikasi yang mudah masih ada hal lain yang perlu dipertimbangkan. Pasalnya bagi penggunaan aplikasi GB Whatsapp pada perangkat smatphone tidak bisa sembarangan. Anda butuh membuka akses aplikasi di setting agar aplikasi bisa berjalan baik.

5. Perbedaan Sistem Keamanan

Terakhir, perbedaan sistem keamanan. Secara keseluruhan kedua aplikasi baik modifikasi maupun original memiliki sistem keamanan penggunanya masing-masing. Versi original kini menanamkan berbagai fitur terkini.

Tidak hanya sistem verifikasi dua langkah yakni nomor telefon dan email, berkembang juga sistem keamanan finger print langsung. Sistem ini bisa digunakan berkat pembaharuan fitur dan diselaraskan dengan pasar.

Namun tidak berbeda dengan aplikasi modifikasi justru aplikasi ini memiliki sistem keamanan yang lebih baik. Bisa dikatakan demikian karena adanya sistem banned dari aplikasi atau pihak lainnya. Jadi pengguna tidak perlu khawatir akan pemblokiran aplikasi dari pihak lainnya.

Tidak jarang aplikasi modifikasi menerima pemblokiran akibat laporan tertentu. Hebatnya aplikasi ini memiliki sistem keamanan terintegrasi yang dapat berakibat baik bagi penggunanya. Tidak perlu khawatir aplikasi tiba-tiba tidak bisa dijalankan karena semua aman terkendali.

Secara tidak langsung hal ini masuk dalam indikator penilaian perbedaan dan keunggulan GB Whatsapp vs Whatsapp original. Masalah keamanan bisa mempengaruhi pengalaman dan kenyamanan pengguna. Karenanya hal ini jadi perhatian utama bagi para calon pengguna aplikasi.

Keunggulan Whatsapp Original

Keunggulan-Whatsapp-Original

Masih bingung apa keunggulan aplikasi original dibanding dengan aplikasi modifikasi? Sebenarnya memang tidak banyak keunggulan bila dibandingkan dengan aplikasi modifikasi. Namun beberapa keunggulan ini justru membuat penggunanya betah menggunakan versi original. Apa saja?

1. Tampilan Sederhana

Hal pertama yang bisa diunggulkan dari aplikasi original yakni tampilannya. Siapa saja penggunanya pasti sudah akrab dengan tampilan awal yang begitu sederhana. Ikon aplikasi akan muncul begitu penggunanya membuka aplikasi.

Begitu juga dengan tampilan di room chat yang dengan tata letak yang begitu sederhana. Dominan warna putih atau hitam bisa dipilih para pengguna. Secara tidak langsung tampilan sederhana ini justru membuat penggunanya lebih betah.

2. Penggunaan yang Mudah

Tidak hanya tampilannya yang sederhana aplikasi original juga memiliki cara guna yang begitu mudah. Anda bisa menggunakan berbagai fitur dalam satu kali klik ikon yang tertera. Seperti halnya pada penggunaan fitur kirim file, beragam jenis pemilihan file bisa muncul dalam satu kali klik.

Beragam fitur lain juga bisa digunakan dengan mudah. Pembuatan status hingga pencarian pesan berbintang bisa dilakukan dengan satu kali akses sentuhan. Hal ini memungkinkan berbagai kalangan umur untuk menggunakan aplikasi ini.

3. Akses Cepat dan Terintegrasi

Siapa yang tidak menyukai akses termasuk akses aplikasi yang instan. Ternyata pihak pengembang sudah lama menerapkan hal ini pada aplikasi. Akses cepat dan terintegrasi ditanamkan di aplikasi dalam bentuk aksesibilitas yang beragam.

Pengaturan aksesibilitas ini juga bisa secara otomatis tersambung ke perangkat pribadi. Terkait perbedaan dan keunggulan GB Whatsapp vs Whatsapp original, hal ini jadi salah satu indikator penilaiannya.

Keunggulan GB Whatsapp

Beralih ke keunggulan aplikasi modifikasi. Tentu saja tujuan utama pembuatan aplikasi modifikasi yakni memberikan pengalaman lebih baik sekaligus lebih menarik dari versi aplikasi originalnya. Belum pernah menggunakan GB Whatsapp? Berikut keunggulan aplikasi modifikasi ini.

1. Sangat Identik dengan Aplikasi Original

Sangat-Identik-dengan-Aplikasi-Original

Tidak hanya perbedaan dan keunggulan GB Whatsapp vs Whatsapp original yang mencolok, namun kesamaan keduanya juga jadi perhatian. Justru tampilan kedua aplikasi bisa dikatakan identik.

Memang pada dasarnya aplikasi GB Whatsapp merupakan hasil duplikasi sekaligus modifikasi dari aplikasi original. Namun ternyata hal ini jadi salah satu keunggulannya. Pasalnya pengguna tidak perlu lagi beradaptasi begitu dalam karena keidentikan antar kedua aplikasi.

2. Mengirim Pesan tanpa Simpan Nomor

Mengirim-Pesan-tanpa-Simpan-Nomor

Mungkin pengguna aplikasi original sering menyayangkan betapa sulitnya memulai percakapan bila tidak menyimpan nomor orang. Tidak jarang juga nomor yang disimpan tidak digunakan lagi dan akhirnya berdampak pada penuhnya penyimpanan.

Uniknyaaplikasi modifikasi ini adalah tidak diperlukannya langkah penyimpanan nomor agar bisa chat orang. Pada aplikasi original menyimpan nomor orang merupakan sebuah keharusan bila ingin memulai percakapan.

Namun berbeda dengan GB Whatsapp yang menghilangkan langkah tersebut. Tidak perlu membebani pengguna untuk bisa melakukan chat terlebih dulu. Tidak perlu juga meminta teman untuk memfoward kontak agar bisa chat akun lain. Menarik bukan?

3. Download Status

Download-Status

Sering tertarik dengan status orang dan ingin melihatnya dalam jangka waktu yang lama? Tidak perlu lagi memintanya lewat aplikasi modifikasi ini status WA bisa disimpan secara permanen di perangkat. Perbedaan dan keunggulan GB Whatsapp vs Whatsapp original satu ini paling banyak disorot.

Jangan khawatir akses downoad terbatas karena fitur ini bisa dilakukan bahkan tanpa batasan. Semua file status bisa di download dengan mudah. Baik file foto maupun video bisa disimpan permanen bahkan dalam ukuran yang cukup besar.

Terlebih bagi Anda yang perlu banyak referensi gambar maupun video maka fitur in akan sangat banyak membantu. Perlu diketahui juga bahwa ukuran, kualitas hingga jenis video akan sama dengan video asli yang diupload pengguna.

4. Pengiriman File Tidak Terhalang Ukuran

Pengiriman-File-Tidak-Terhalang-Ukuran

Seperti yang sudah banyak diketahui bahwa aplikasi original Whatsapp memiliki ketentuan pembatasan pengiriman file. Umumnya file foto maupun video yang diupload tidak bisa melebihi besaran tertentu.

Terpaksa file harus dipotong atau diperkecil dulu ukurannya bahkan tidak jarang berpengaruh pada kualitas file. Menghindari hal ini pihak pengembang memberikan fitur mengirimkan file tanpa batasan ukuran.

5. Membaca Pesan yang Dihapus

Membaca-Pesan-yang-Dihapus

Rasa penasaran sering kali datang saat melihat pesan yang tiba-tiba dihapus. Padahal pesan yang dihapus sedang dibaca atau mengandung data penting. Hal ini bisa di atas bila Anda menggunakan aplikasi GB Whatsapp.

Hal ini juga yang masuk dalam indikator penilaian perbedaan dan keunggulan GB Whatsapp vs Whatsapp original. Pada aplikasi original pembacaan pesan yang dihapus tidak bisa dilakukan. Sedangkan pada aplikasi modifikasi hal ini memungkinkan untuk dilakukan.

6. Tema Aplikasi yang Beragam

Tema-Aplikasi-yang-Beragam

Suka dengan tema yang berwarna atau tema karakter tertentu? Tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan lain Anda bisa langsung menggunakan aplikasi modifikasi ini. Pasalnya aplikasi ini memiliki fitur ganti tema.

Tidak berhenti di fitur ganti, banyak pilihan tema yang bisa disesuaikan dengan selera pribadi. Mulai dari tema warna hingga tema ikon tertentu dapat dipakai dengan mudah. Cukup dengan pergi ke bagian pengaturan Anda bisa mengganti tampilan aplikasi dengan tema apa saja.

7. Pemutusan Koneksi Internet

Pemutusan-Koneksi-Internet

Tidak jarang juga Anda membutuhkan waktu sendiri untuk menenangkan pikiran. Salah satunya dengan memutus jaringan internet pada telefon genggam. Namun salahnya tidak jarang koneksi internet malah sulit terhubung kembali.

Hal ini bisa disebabkan karena mode pesawat yang terlalu berpengaruh pada koneksi asli. Mode satu ini memang bisa menghemat daya baterai namun juga bisa memutus jaringan bahkan dalam waktu yang cukup lama.

Untuk mengatasinya Anda hanya perlu memutus koneksi internet pada aplikasi tertentu. Seperti halnya pada aplikasi GB Whatsapp yang bisa memutus koneksi untuk aplikasi dengan akses cepat yang tertera di dalamnya.

8. Menyisipkan Ikon Centang

Menyisipkan-Ikon-Centang

Tidak hanya pembacaan pesan terhapus, ganti tema dan lainnya, ada satu lagi yang jadi bahan penilaian perbedaan dan keunggulan GB Whatsapp vs Whatsapp original. Menyisipkan ikon centang juga bisa dilakukan pada aplikasi ini.

Umumnya centang biru bisa diarsipkan atau dihilangkan pada versi aplikasi original. Namun di sini Anda bahkan bisa menghilangkan ikon centang 2 tanda pesan terkirim. Fitur ini tentu hanya bisa ditemukan dan digunakan pada aplikasi modifikasi.

Jadi untuk menyembunyikan keberadaan pengguna aplikasi modifikasi ini bisa menggunakan fitur pemutusan koneksi internet atau mode penyisipkan ikon centang. Opsi ini bisa dipilih sebebas mungkin bahkan tidak menutup kemungkinan untuk langsung menggunakan keduanya.

Tips Aman Download Aplikasi Mod

Tips-Aman-Download-Aplikasi-Mod

Terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan agar aman menggunakan aplikasi modifikasi. Tidak hanya mempertimbangkan perbedaan dan keunggulan GB Whatsapp vs Whatsapp original terlebih dulu, beberapa di antaranya yakni:

  • Download dari sumber terpercaya
  • Lakukan tes aplikasi terlebih dulu
  • Periksa penyimpanan internal secara berkala
  • Hapus file sampah
  • Lakukan pembaharuan sesering mungkin

Tips sederhana di atas bisa digunakan agar download hingga penggunaan aplikasi modifikasi aman bagi perangkat. Pembaharuan sesering mungkin dilakukan untuk bisa mengikuti fitur terbaru yang ditanamkan pihak pengembang.

Sementara penghapusan file sampah ditujukan agar penyimpanan tetap bersih dan leluasa digunakan. Pembersihan jenis ini juga bisa dilakukan sesering mungkin. Bahkan kabar baiknya pembersihan file sampah bisa dilakukan agar perangkat bisa tetap berjalan dengan baik.

Jangan lupa juga untuk tetap menjaga data pribadi. Jangan pernah memberikan akun pribadi secara cuma-cuma ke pihak yang tidak dikenal. Periksa berkala apakah data yang diberikan baik pada aplikasi maupun ke orang lain memberikan pengaruh negatif atau tidak.

Bila pengaruh negatif datang baiknya hentikan penggunaan aplikasi modifikasi. Penghapusan akun bisa dilakukan untuk menghilangkan jejak secara keseluruhan. Ada baiknya Anda mencari aplikasi lain atau beralih ke aplikasi original.

Gunakan aplikasi sebijak mungkin. Tidak masalah bagi Anda untuk melihat terlebih dulu perbedaan dan keunggulan GB Whatsapp vs Whatsapp original sebelum memutuskan memakai aplikasi modifikasi. Tidak kalah penting, tetap jaga data pribadi agar tidak bocor ke pengguna lainnya.

 

Lihat Juga :