Cara Siaran Langsung di TikTok & Syarat yang Harus Dipenuhi


TikTok adalah aplikasi sosial yang berkembang pesat saat ini, dengan lebih dari 1 miliar pengguna di seluruh dunia. Aplikasi ini banyak diminati karena multifungsi, dimana salah satunya untuk siaran langsung. Artikel ini akan membahas tentang cara siaran langsung di TikTok dan beberapa trik lainnya.

Meskipun ini adalah platform visual seperti Instagram dan Snapchat, fitur ini menampilkan cuplikan pendek konten video yang dilapisi dengan filter, musik, dan teks. Banyak yang menggunakan aplikasi ini tidak hanya sekedar untuk bersosial saja tetapi juga untuk pemasaran.

Apa itu TikTok?

Apa-itu-TikTok

TikTok merupakan aplikasi yang tumbuh begitu cepat. Aplikasi ini sebelumnya dikenal dengan Musical.ly. TikTok merupakan aplikasi medsos yang dapat digunakan oleh pengguanya untuk berbagi dan membuat video dengan durasi yang pendek. Video-videonya biasanya menampilkan koreografi berdurasi 15 detik.

Selain koreografi, genre video komedi, tantangan, sandiwara, serta meme dapat juga ditemukan di TikTok. Peluncuran aplikasi ini adalah di tahun 2016 dan hingga saat ini penggunanya sudah mencapai 150 juta pengguna. Jumlah ini malampaui Musical.ly yang merupakan aplikasi pendahulunya.

Pada awalnya Musical.ly adalah platform untuk anak-anak. Di aplikasi ini menawarkan fitur sinkronisasi bibir, kemudian menari, dan mengabadikan video koreografi yang bisa popular kapan saja. Hadirnya TikTok memperluas cakupan Musical.ly hingga akhirnya aplikasi Tik Tok lebih populer.

Kepopuleran TikTok ternyata seperti YouTube dan Vine, kedua aplikasi yang juga menawarkan tempat berbagi video. Dengan video berdurasi singkat 15 detik, ternyata video-video di TikTok bisa viral. Salah satu alasannya mungkin mudah dicerna dan tidak terlalu membosankan.

Bagi Anda yang memiliki akunnya, Anda bisa menonton video, berbagi video dan menyukai video orang lain yang dapat menghibur Anda. Hal ini kurang lebih sama dengan aplikasi media sosial lainnya, namun uniknya sejak diluncurkan, popularitas TikTok kian kesini kian pesat perkembangannya.

Di bulam Oktober 2018 saja, TikTok adalah aplikasi media sosial video yang pengunduhnya paling banyak diantara yang lain. Ini berdasarkan data di Apple store. Hingga saat ini total orang yang sudah mengunduh aplikasi ini ada sekitar 500 juta pengguna aktif.

Apa itu Siaran Langsung?

Apa-itu-Siaran-Langsung

Teknologi strea*ing langsung memungkinkan Anda untuk menonton, membuat, dan berbagi video secara real time, mirip seperti siaran langsung TV. Yang Anda perlukan untuk dapat melakukan strea*ing langsung adalah perangkat berkemampuan internet.

Seperti misalnyua ponsel pintar atau tablet, dan platform (seperti situs web atau aplikasi) untuk melakukan strea*ing langsung. Aplikasi live strea*ing populer saat ini antara lain Facebook Live, Instagram Live Stories, Twitch TV (sering digunakan oleh komunitas game), House Party, dan Tik Tok.

Tidak seperti video pra-rekaman yang dapat dipotong dan diedit, strea*ing langsung itu bersifat langsung saat itu juga dan tanpa sensor. Beberapa strea*ing langsung dapat disetel untuk pribadi. Misalnya, konferensi video, seperti Skype atau Zoom.

Dengan menggunakan aplikasi ini memungkinkan Anda berbicara dengan orang yang Anda undang. Untuk memastikan mereka tetap pribadi, mereka harus masuk dengan sebuah kata sandi dan kata sandi tidak boleh dibagikan kepada orang yang tidak Anda kenal.

Beberapa strea*ing langsung bersifat publik dan mungkin ditonton oleh ratusan atau bahkan ribuan orang. Pemirsa dapat berkomentar dan berinteraksi secara langsung dengan memposting pesan yang muncul di samping strea*ing langsung.

Mereka juga dapat berbagi emoji seperti hati, dan hadiah seperti koin yang muncul di layar. Inspirasi untuk melakukan strea*ing langsung berasal dari reality TV dan YouTube, tempat Anda dapat menyiarkan apa pun yang Anda lakukan, saat itu juga ke seluruh dunia.

Strea*ing langsung menarik bagi anak-anak dan remaja, terutama anak-anak usia sekolah dasar. Ini memberi mereka kesempatan untuk menjadi pencipta, presenter dan untuk dilihat dan didengar oleh penonton dan terhubung dengan selebriti favorit mereka.

Banyak live streamer menyukai perasaannya ‘saat itu’ dan mengekspresikannya dengan berinteraksi dengan keluarga, teman, atau bahkan audiens global. Misalnya saat hari ulang tahun kemudian momen ini dibagikan kepada orang-orang terkasih.

Melihat strea*ing langsung memungkinkan anak-anak dan remaja terhubung dengan strea*ing langsung favorit mereka sendiri. Mereka berbagi komentar dengan pemirsa lain dan bahkan berinteraksi langsung dengan selebriti.

Ketika digunakan dengan cara yang positif, strea*ing langsung adalah alat yang sangat baik bagi anak-anak dan remaja untuk menciptakan identitas dan mengembangkan kepercayaan diri dan keterampilan komunikasi.

Anak-anak dan remaja senang mendapatkan perhatian dan pujian, dan ekspresi diri yang mana penting untuk perkembangan. Berbagi sesuatu dan mendapatkan umpan balik positif dari orang lain dapat menjadi dorongan kepercayaan diri tertinggi dan membangun harga diri mereka.

Strea*ing langsung juga memungkinkan anak-anak dan remaja untuk terhubung dengan orang-orang dengan minat, pandangan, dan pengalaman serupa. Ini dapat membantu beberapa orang muda yang merasa terisolasi secara sosial.

Streamer langsung juga dapat menerima hadiah finansial, yang merupakan tujuan menarik bagi sebagian anak muda. Misalnya, penonton dapat menghadiahkan koin virtual yang dapat diubah menjadi uang. Jadi strea*ing langsung atau siaran langsung adalah sesuatu yang positif yang layak untuk dicoba.

Apa itu TikTok Live?

Apa-itu-TikTok-Live

TikTok secara teratur menambahkan lebih banyak fitur ke platform dan yang terbaru adalah TikTok Live. TikTok Live adalah fitur strea*ing langsung TikTok yang dapat memberi Anda kesempatan untuk menggunakan TikTok sebagai panggung utama Anda untuk melalukan siaran secara langsung.

TikTok Live memfasilitasi Anda untuk terhubung dengan audiens Anda di tingkat pribadi atau bisa dibilang fans Anda. Namun fitur yang ada di aplikasi ini tidak seperti platform media sosial lainnya, pihak TikTok tidak mengizinkan sembarang orang untuk melakukan strea*ing langsung.

TikTok menetapkan dua standar sebelum Anda dapat mengakses fitur TikTok Live. Pertama, berkaitan dengan usia Anda dan yang kedua adalah berapa banyak pengikut yang Anda miliki. Jadi sebagai permulaan, TikTok hanya mengizinkan orang yang berusia di atas 16 tahun.untuk strea*ing langsung.

Selain itu, persyaratan minimum untuk ditayangkan adalah, Anda membutuhkan lebih dari 1000 pengikut. Bagi pemula memang untuk mencapai 1000 audiens memang sulit, tapi jika Anda serius mengerjakan konten-konten video di akun Anda bukan tidak mungkin hal tersebut bisa dicapai.

Cara Siaran Langsung di TikTok

Siaran langsung di TikTok semudah merekam video biasa di platform. Tutorial yang ada di artikel ini kami berasumsi bahwa Anda sudah memiliki akun di TikTok dan jika belum, unduh TikTok versi terbaru dari iOS atau Google Play Store, dan buatlah akun Anda sendiri.

Setelah Anda selesai melakukannya, berikut ini kami berikan tips cara siaran langsung di TikTok. Anda cukup ikuti langkah-langkah yang disebutkan di bawah ini untuk melakukan strea*ing langsung di TikTok.

1. Penuhi Syarat TikTok Live

Penuhi-Syarat-TikTok-Live

Jika Anda baru menggunakan TikTok, siaran langsung mungkin tidak tersedia untuk Anda. Ini adalah fitur yang hanya bisa Anda buka setelah Anda memenuhi beberapa syarat, seperti:

Anda harus berusia minimal 16 tahun.

Ini adalah syarat agar bisa mengakses fitur yang pertama. Adapun jika Anda mengharapkan hadiah dari audiens Anda harus berusia di atas 18 tahun. Hadia ini dapat Anda ubah menjadi uang tunai nyata (meskipun nilai tukarnya cukup rendah saat ini).

Anda harus memiliki minimal 1.000 pengikut, meskipun jumlah ini berbeda untuk di setiap negara.

Mendapatkan 1.000 pengikut pertama adalah pencapaian yang menantang untuk pemula di TikTok. Namun jika hal ini bisa tercapai Anda akan melihat pertumbuhan yang semakin naik di jumlah pengikut Anda. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjadi terkenal di TikTok:

  • Buat konten yang unik dan berbeda.
  • Dukung influencer di sekitar Anda.
  • Berinvestasi dalam iklan berbayar.
  • Setelah Anda mencapai angka 1.000 pengikut, lanjutkan ke langkah berikutnya.

2. Cara Siaran Langsung di TikTok

      • Klik tombol + di bagian bawah layar. Kamera Anda akan terbuka dalam mode video selfie.
      • Di bawah tombol rekam bulat di bagian bawah layar terdapat banyak opsi seperti 60 detik, 50 detik, dan Template Foto.
      • Gulir ke kanan hingga Anda mencapai opsi LANGSUNG dan klik di atasnya.
      • Klik tombol Go Live di bagian bawah layar untuk mulai strea*ing video Anda.

 

  • Anda tidak dapat melihat tombol Tayangkan Langsung? Mungkin karena Anda belum memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh TikTok untuk live streamer. Atau, mungkin terlalu banyak orang yang menggunakan fitur Live saat itu. TikTok membatasi jumlah orang yang dapat melakukan siaran langsung dalam satu waktu.
  • Jika Anda menduga demikian, Anda bisa menunggu beberapa menit hingga tombol Go Live tersedia.

Ada kasus ketika TikTokers dengan semua kredensial yang tepat tidak dapat menggunakan tombol Go Live. Untuk itu, satu-satunya penjelasan TikTok adalah bahwa konten Anda sebelumnya tidak memenuhi syarat parameter kualitasnya.

Jika Anda memilih untuk melaporkan ke platform tentang hal ini, kemungkinan besar Anda akan mendapatkan balasan yang mengatakan TikTok mengoptimalkan fitur Live agar tersedia bagi lebih banyak pembuat konten di masa mendatang.

Tetapi jika Anda memenuhi syarat untuk ditayangkan, Anda dapat mulai melakukan strea*ing langsung. Anda dapat menyertakan hashtag populer dan relevan dalam teks Anda. Ini dilakukan agar tayangan Anda bisa dijangkau oleh masyarakat TikToker yang luas.

Tagar adalah cara yang bagus untuk membuat strea*ing langsung Anda lebih mudah ditemukan. Hashtag yang tepat akan menampilkan video Anda dalam notifikasi orang-orang yang tertarik dengan jenis konten yang Anda hasilkan.

3. Tambahkan Filter ke Video Anda

Tambahkan-Filter-ke-Video-Anda

Untuk meningkatkan kualitas video Anda, Anda dapat mengklik tombol Smooth and Filters yang terletak di atas tombol Go Live. Filter ini akan mejadikan tampilan wajah Anda menjadi smooth dan tentunya akan semakin membuat betah audiens Anda.

4. Akhiri Siaran Anda

Akhiri-Siaran-Anda

Sampai sekarang, batasan durasi untuk strea*ing secara langsung menggunkan TikTok tidak ada. Setelah selesai merekam video Anda, klik X di kiri atas layar. Agar aman saat strea*ing, penting untuk Anda memahami pedoman komunitas yang terdapat di TikTok, terutama untuk layanan strea*ing langsung.

Seperti konten TikTok pada umumnya, untuk melakukan strea*ing secara langsung di TikTok Anda juga tidak boleh melakukan hal berikut:

  • Jangan membuat konten yang berisi ujaran kebencian.
  • Jangan membuat konten terror.
  • Jangan membuat konten yang Ekstrem kepada manusia maupun hewan.
  • Jangan membuat konten tentang pembunuhan.
  • Jangan membuat konten tentang kenakalan remaja
  • Jangan membuat konten tentang penip*an dan cyber cri*e.
  • Jangan membuat konten tentang penculikan baik anak ataupun orang dewasa.
  • Jangan membuat konten pemerasan.
  • Jangan membuat konten tentang perdagangan atau konsumsi obat-obatan terlarang.
  • Jangan membuat konten tentang human trafficing.
  • Jangan membuat konten yang dapat merusak diri.

Apa yang Membuat Siaran Langsung Beresiko ?

Apa-yang-Membuat-Siaran-Langsung-Beresiko

Ada beberapa faktor yang dapat membuat menonton atau membuat strea*ing langsung berisiko bagi anak-anak dan remaja. Pertama adalah isi atau konten. Terdapat peluang anak-anak atqu remaja menonton live stream orang lain yang tidak sesuai dengan usianya, seperti konten seksual atau kekerasan.

Kedua adalah komentar yang menyinggung. Jika live stream anak muda terbuka untuk umum, penonton mungkin dapat meninggalkan komentar negatif atau tidak pantas di feed. Jika ini terjadi mungkin akan membuat anak-anak trauma karena mereka secara mental memang belum siap menghadapinya.

Ketiga adalah melakukan hal-hal yang tidak akan mereka lakukan secara offline. Anak-anak, seperti halnya orang dewasa, dapat merasa lebih percaya diri saat online karena merasa terlindungi oleh layar. Hal ini dapat menyebabkan mereka berbuat sesuatu yang kemungkinan kecil akan mereka lakukan secara offline.

Keempat adalah jejak kaki digital. Jika live streamer membuat kesalahan, membagikan detail pribadi, atau menyiarkan materi yang menyinggung atau tidak pantas, mereka melakukannya di depan umum. Pemirsa dapat merekam strea*ing langsung, dan dapat diposting secara online atau dibagikan secara lebih luas.

Tips Siaran Langsung di TikTok Agar Aman

Tips-Siaran-Langsung-di-TikTok-Agar-Aman

Ada beberapa langkah praktis yang dapat Anda ambil untuk membantu menjaga keamanan anak Anda jika mereka menggunakan aplikasi atau situs web dengan fungsi strea*ing langsung. Langkah praktis atau tips ini bisa Anda lakukan secara preventif kepada anak Anda.

1. Bicaralah dengan mereka.

Cara terbaik untuk melindungi anak Anda adalah berbicara dengan mereka. Tidak hanya sekali, tetapi lakukan percakapan berkelanjutan sebagai bagian dari kehidupan keluarga Anda. Melakukan diskusi ini sedikit dan sering lebih efektif daripada satu obrolan besar.

Berbicara dengan anak Anda tentang aspek positif dari online dan bukan hanya risikonya akan membantu anak Anda untuk berbicara lebih terbuka tentang penggunaan internet mereka, termasuk apa pun yang membuat mereka khawatir.

2. Gunakan perangkat di ruang publik.

Saat remaja tumbuh dewasa, mereka sering mencari lebih banyak privasi baik di dunia offline maupun online. Anak-anak yang lebih kecil harus diawasi secara ketat oleh orang dewasa dan strea*ing langsung tidak boleh dilakukan di ruang pribadi, seperti kamar tidur atau kamar mandi.

3. Berlatih dan bersiaplah.

Anjurkan mereka untuk berlatih dan bersiap sebelum ditayangkan. Ini akan meminimalkan risiko kesalahan, atau aktivitas di luar skrip.

4. Pengaturan privasi dan keamanan.

Lakukan pengaturan privasi dan keamanan dengan anak Anda. Dengan anak-anak yang lebih kecil, pastikan hanya teman dan keluarga tepercaya yang mereka kenal secara offline yang dapat melihat profil dan video online mereka.

5. Berhati-hatilah dengan permintaan untuk mengobrol secara pribadi.

Orang yang ingin menyakiti anak-anak dapat mencoba dan memindahkan mereka dari area publik aplikasi ke area pribadi untuk melakukan percakapan yang privat. Ingatkan anak Anda untuk waspada terhadap orang yang mereka temui secara online yang ingin mengobrol dengan mereka secara pribadi,

6. Dukungan dan Pelaporan.

Sangat penting untuk memastikan anak Anda tahu ke mana harus mencari dukungan jika mereka membutuhkannya, dan bagaimana melaporkan kekhawatirannya. Ingatkan mereka bahwa mereka selalu dapat berbicara dengan Anda atau orang dewasa yang mereka percayai jika mereka khawatir.

Dukung mereka untuk mengidentifikasi sumber dan organisasi tepercaya di internet seperti Brook, The Mix, dan Childline. Bicaralah dengan mereka tentang cara melaporkan langsung ke platform media sosial atau CEOP jika mereka khawatir tentang kontak dari orang dewasa.

Nah, sekian dulu informasinya, gampang kan cara siaran langsung di TikTok itu?

 

Lihat Juga :