Ketika Salat Sambil Duduk Ma’ruf Amin Dipersoalkan, Begini Tanggapan Tegas MUI


SURATKABAR.ID – Direktorat Relawan Nasional Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Mustofa Nahrawardaya mengkritisi salat dalam posisi duduk yang dilakukan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 01 Ma’ruf Amin.

Menanggapi hal tersebut, Majelis Ulama Indonesia (MUI), seperti yang dihimpun dari laman Detik.com pada Senin (20/1/2019), buka suara. Ketua Dewan Dakwah MUI Muhammad Cholil Nafis mengungkapkan, salat sambil duduk diperbolehkan bagi mereka yang tak mampu salat sambil berdiri.

“Ya (boleh) ada dalilnya. Bahkan saat perang pun kita harus salat, ada namanya salat khouf, salat perang. Bagi orang yang tidak mampu berdiri ya duduk, nggak bisa duduk berbaring. Nggak bisa berbaring ya terlentang,” terang Cholil, Minggu (20/1) kemarin.

Lebih lanjut, Cholil mengungkapkan, siapa pun tidak dilarang untuk melaksanakan salat sambil duduk. Namun syaratnya, mereka harus memiliki alasan yang memang diperbolehkan oleh agama. Ia menegaskan, fenomena salat duduk banyak ditemui di Makkah, Arab Saudi.

“Siapa pun (boleh). Orang tua, anak muda, orang kecelakaan,” tandasnya.

Baca Juga: Bantahan Tegas Ma’ruf Amin Ketika Dituding Cuma Diperalat Dijadikan Tunggangan Politik Jokowi

Tak berbeda, Wakil Ketua MUI Zainut Tauhid juga mengungkapkan urusan ibadah bisa disesuaikan dengan kemampuan masing-masing orang. Ia menegaskan bahwa agama Islam adalah agama yang memudahkan para pemeluknya dalam beribadah.

“Jadi Islam sangat memudahkan umatnya untuk menunaikan ibadah sesuai dengan kemampuannya,” jelas Zainut.

Momen salat dalam posisi duduk yang dilakukan oleh Ma’ruf Amin terjadi sebelum Debat Perdana Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 digelar pada Kamis (17/1) lalu. Pada saat itu, Ma’ruf menjalankan salat berjamaah di Masjid Istana bersama Joko Widodo (Jokowi). Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) juga terlihat.

Ada pun foto tersebut kemudian dikomentari oleh Mustofa melalui akun media sosial Twitter miliknya. Dalam postingannya, pemilik akun @akunTofa mengkritisi Ma’ruf Amin yang bisa berdiri selama acara debat berlangsung, namun untuk urusan salat malah lebih memilih duduk.

Urusan dunia, kuat berdiri… #2019PrabowoPresideRI,” cuitnya.