2 Cara Menyembunyikan History Mobile Legends Sendiri Update!


Memiliki history yang kurang bagus dalam permainan Mobile Legends tentu menjadi aib tersendiri yang sudah selayaknya disembunyikan.  Apalagi jika kamu mengalami lost streak yang cukup memalukan.  Lalu bagaimana cara menyembunyikan history Mobile Legends agar tidak diketahui oleh lawan?

Selain untuk menyembunyikan kekalahan, banyak pro player yang juga menyembunyikan history Mobile Legends dengan tujuan agar profil mereka tidak terlihat pro oleh pemain lainnya.  Meskipun menyembunyikan histori bukan sebuah keharusan, namun kamu boleh melakukannya.

Sekilas tentang History Mobile Legends

Sekilas-tentang-History-Mobile-Legends

History Mobile Legends merupakan sebuah catatan riwayat pertarungan yang dilakukan oleh pemain Mobile Legends sehingga lawan bisa dengan mudah mengetahui jumlah kekalahan, kemenangan maupun grafik permainan dari pemain tersebut.

Dengan adanya history ini tentu saja pihak lawan atau teman kamu sendiri dalam tim bisa mengetahui kemampuanmu dalam bermain game Mobile Legends Bang Bang.  Itulah mengapa banyak diantara pemain yang lebih suka untuk menyembunyikan history Mobile Legends miliknya dari pemain lain.

Tidak heran jika kemudian banyak pemain yang mencari tahu bagaimana cara menyembunyikan history Mobile Legends agar kekalahan yang dialami tidak diketahui oleh orang lain.  Bahkan dalam pertandingan resmi pro player seperti MPL tersedia fitur untuk menyembunyikan history pertandingan.

Namun rupanya bukan hanya digunakan untuk pertandingan resmi saja yang diikuti oleh pro player, pemain umum pun bisa menggunakan fitur sembunyikan history ini jika menginginkannya.  Dan kabarnya cara ini bisa diaplikasikan pada akun original server.

Bagaimana Cara Menyembunyikan History Mobile Legends?

Pada saat kamu bermain dengan tidak bagus dan bahkan mengalami kekalahan secara beruntun maka kamu akan memperoleh perunggu atau sering juga disebut dengan coklat.  Nah, pada saat permainanmu tidak bagus ini biasanya player satu tim akan melihat profilmu untuk mengetahui history.

Mereka akan melihat bagaimana history permainanmu sehingga kamu pun harus menyiapkan mental untuk menerima makian atau cemoohan di kolom chat dari para player.  Namun begitu kamu tidak perlu khawatir karena kamu masih punya kesempatan untuk menyembunyikan history Mobile Legends-mu.

Meskipun terlihat sepele, namun menyembunyikan history Mobile Legends bisa menjadi solusi terbaik bagi kamu untuk menyembunyikan skill permainanmu dan bahkan kekalahan yang telah kamu alami.  Dengan cara ini maka lawan akan kesulitan untuk melakukan observasi terhadap gaya permainanmu.

Dikutip dari channel YouTube VY Gaming, disebutkan bahwa fitur menyembunyikan history pada game Mobile Legends sebenarnya merupakan fitur dari Moonton.  Dan untuk memanfaatkan fitur ini maka pemain umum harus menyiapkan akun Advanced Server karena di akun originalnya belum tersedia.

1. Cara Sembunyikan History Mobile Legends dengan Akun Advanced Server

Bisa dikatakan Advanced Server merupakan versi beta-nya pembaruan konten yang ada di Mobile Legends.  Sementara servernya pun terpisah sehingga skin yang kamu miliki di server utama tidak bisa dibawa ke Advanced Server ini.

Update terbaru dari skin Mobile Legends akan diujicoba di Advanced Server sebelum resmi dirilis pada server original. Server ini berbeda dari versi orginalnya, demikian juga dengan skin, kemampuan hero, event, dll.

Jika kamu tertarik untuk bermain Mobile Legends di Advanced Server, maka kamu harus memastikan terlebih dahulu apakah kamu telah memenuhi beberapa persyaratan seperti berikut ini:

  • Menggunakan perangkat smartphone Android.
  • Berasal dari negara di wilayah Asia Tenggara.
  • Akun yang akan digunakan minimal harus mencapai level 20.
  • Memiliki koneksi internet yang bagus dan stabil untuk menghindari ping yang tinggi, karena ping di atas 30 akan membuat Advanced Server sulit untuk dibuka.

Namun sayangnya hanya pemain tertentu yang bisa masuk ke server uji coba ini.  Dengan kata lain tidak ada jaminan jika kamu gabung langsung bisa lolos begitu saja karena jumlahnya pemain yang bisa gabung memang dibatasi.

Selanjutnya jika kamu sudah memiliki akun Advanced Server maka langkah selanjutnya adalah login, dengan cara klik foto profil yang berada di bagian kiri layar pada menu Lobby aplikasi Mobile Legends.  Kemudian klik Pengaturan Akun dan klik menu Ganti Akun Advanced Server.

Untuk masuk ke Advanced Server Mobile Legends ini kamu perlu melakukan beberapa langkah seperti berikut ini:

  • Langkah pertama silahkan pastikan terlebih dahulu jika kamu sudah memenuhi persyaratan untuk bergabung di Advanced Server. Seperti tinggal di wilayah Asia Tenggara, memiliki akun MLBB setidaknya level 20 atau lebih, koneksi internet stabil, dll.
  • Yang tidak kalah penting untuk login adalah mengaitkan akun Mobile Legends milikmu di Facebook, VK atau Moonton agar kamu bisa tetap membackup jika terjadi kesalahan.
  • Selanjutnya untuk bisa bergabung dengan Advanced Server kamu harus mengunjungi Layanan Pelanggan (ikon orang dengan gambar headset).
  • Kemudian jika kamu bisa melaporkan permasalahan kamu sebagai bug maka kamu bisa mengisi formulirnya.
  • Jika sudah, kamu bisa menunggu selama beberapa hari dan kamu akan melihat titik merah pada tombol Layanan Pelanggan. Hal ini menandakan bahwa kamu bisa masuk ke Advanced Server dengan persyaratan yang sudah terpenuhi.

Jika-sudah-kamu-bisa-menunggu-selama-beberapa-hari-dan-kamu-akan-melihat-titik-merah-pada-tombol-Layanan-Pelanggan

  • Namun jika kamu ditolak, maka akan ada pemberitahuan di Layanan Pelanggan yang menyatakan bahwa kamu tidak memenuhi persyaratan untuk bergabung dalam Advanced Server.
  • Kalaupun ditolak kamu tidak perlu khawatir karena masih bisa mencobanya kembali sampai persyaratan terpenuhi dan bisa masuk ke Advanced Server.
  • Selanjutnya jika kamu diterima bergabung dalam Advanced Server ini maka kamu akan mendapatkan tombol sakelar untuk masuk ke Advanced Server melalui Pengaturan Akun atau Tombol Uji Server.
  • Selesai dan kamu bisa masuk ke Advanced Server.

Jika kamu sudah berhasil melakukan login ke akun Advanced Server maka selanjutnya ikuti beberapa langkah seperti berikut ini:

  • Klik bagian foto profil yang berada di pojok kiri menu Lobby.
  • Selanjutnya silahkan klik menu Hostory atau Hasil Pertandingan di akun Mobile Legends milikmu.

Selanjutnya-silahkan-klik-menu-Hostory-atau-Hasil-Pertandingan-di-akun-Mobile-Legends-milikmu

  • Kemudian akan muncul tampilan atas layar dan terlihat menu yang harus dicentang yaitu Hide History atau Sembunyikan Hasil Pertandingan.
  • Langkah ini harus dilakukan dengan cepat karena opsi tersebut akan hilang jika terlalu lama, bahkan terkadang hanya dalam hitungan detik saja.
  • Jika ikon Hide History sudah berubah menjadi tanda centang maka player game Mobile Legends lainnya tidak akan bisa melihat historymu di Mobile Legends.
  • Pada tahap tersebut kamu sudah berhasil menyembunyikan history Mobile Legends.

Setelah melakukan cara di atas kamu bisa melakukan restart game dengan cara keluar dulu kemudian masuk kembali.  Jika sudah berada di menu Lobby, kamu bisa mengecek apakah history masih ada atau tidak.

Jika history masih ada maka kemungkinan kamu belum mencentang menu hidden story yang ada, dan kamu pun perlu mengulanginya lagi sampai berhasil.  Kamu juga bisa mengecek apakah fitur sembunyikan history sudah berhasil melalui akun miliki teman satu tim.

Perlu diingat bahwa cara menyembunyikan history Mobile Legends ini hanya berlaku bagi player yang menggunakan Advanced Server sementara untuk player di server original cara tersebut tidak berfungsi, karena ikon hide history belum tersedia di original servernya.

Untuk player di server original maka bisa melakukan hide history Mobile Legends dengan cara berikut ini:

  • Pertama, kamu harus menyiapkan dua akun yang berbeda, yaitu akun server original dan akun Advanced Server.
  • Selanjutnya silahkan login akun yang sudah berhasil memasuki advanced server.
  • Kemudian ganti akun advanced server tersebut dan beralih ke original server.
  • Kemudian kamu bisa beralih lagi ke Advanced Server setelah berada di original server.
  • Nah pada bagian ini kamu akan mendapatkan notifikasi bahwa kamu telah melakukan penggantian akun.
  • Selanjutnya kamu harus klik tombol kembali pada smartphone kamu agar tetap berada di server original.
  • Yang perlu diingat adalah jangan pernah menekan tombol OK karena cara ini akan gagal.
  • Selanjutnya silahkan masuk ke akun Mobile Legends-mu dan carilah history atau hasil pertandingan di menu akun.
  • Nanti akan muncul ikon Sembunyikan History atau Hide History pada akun server original milikmu.

Nanti-akan-muncul-ikon-Sembunyikan-History-atau-Hide-History-pada-akun-server-original-milikmu

  • Langkah selanjutnya kamu hanya perlu mencentang pada ikon Hide History tersebut.
  • Dengan cara ini maka player dari luar tidak akan bisa melihat history atau hasil pertandingan Mobile Legends yang telah kamu mainkan sebelumnya.

Jika cara bug ini tidak berhasil alias gagal, maka bisa dipastikan bahwa fitur Hide History sudah diperbaiki oleh pihak Moonton.  Namun begitu tidak ada salahnya jika kamu memanfaatkan bug ini untuk mengaplikasikan cara di Advanced Server ke original server.

2. Cara Menyembunyikan History Mobile Legends dengan Bermain VS AI

Cara-Menyembunyikan-History-Mobile-Legends-dengan-Bermain-VS-AI

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menyembunyikan Mobile Legends adalah dengan banyak bermain VS AI.  Selain mode VS AI kamu juga bisa mencoba mode Brawl atau Classic.

Namun perlu diingat bahwa bermain dengan mode tersebut ada kemungkinan mengalami kekalahan.  Dan hal ini akan membuat history game Mobile Legends milikmu akan terlihat kurang bagus.

Oleh karena itu disarankan untuk spam bermain VS AI.  Dan jika kamu ingin melakukan permainan dengan durasi yang lebih cepat maka bisa bermain di mode VS AI Brawl.  Durasi untuk bermain game mode ini sekitar lima menit saja per game.

Selain itu spam di mode game ini juga bisa kamu gunakan untuk mengembalikan skor kredit setelah bermain buruk di pertandingan sebelumnya.  Cara ini juga bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan gold mingguan secara maksimal.

Jika dilihat dari kedua cara menyembunyikan history Mobile Legends di atas, maka bisa disimpulkan bahwa cara yang kedua akan lebih menguntungkan.  Salah satu keuntungannya adalah bisa mendapatkan skill baru untuk menguasai teknik permainan di Hero Mobile Legends.

Cara Melihat History Pertandingan Lawan di Mobile Legends

Jika sebelumnya kamu sudah mengetahui bagaimana cara menyembunyikan riwayat catatan pertandingan Mobile Legends milikmu.  Maka kali ini kamu bisa mengetahui bagaimana cara melihat history pertandingan lawan untuk menjawab rasa penasaranmu pada skill lawan.

Melihat history pertandingan sebelumnya yang dimainkan oleh lawan akan sangat berguna untuk observasi sehingga kamu bisa mengetahui level keahlian lawan dan strategi apa yang sering digunakannya.

History pertandingan akan selalu ada setiap kamu selesai memainkan mode permainan yang ada di Mobile Legends.  History ini akan secara otomatis tersimpan di dalam akun Mobile Legends milik kamu.  Dan untuk mengetahui history pertandingan lawan, kamu bisa melakukan cara berikut ini:

1. Kunjungi Profil Lawan di Mobile Legends

Kunjungi-Profil-Lawan-di-Mobile-Legends

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mengetahui history lawan adalah dengan mengunjungi profilnya.  Salah satunya adalah menggunakan id Mobile Legends, mencari profil menggunakan nickname lawan atau mengunjungi profilnya setelah selesai permainan.

2. Buka Opsi Hasil Pertandingan

Buka-Opsi-Hasil-Pertandingan

Jika kamu berhasil mengunjungi profil lawan maka di sana akan tersedia banyak pilihan yang bisa dimanfaatkan.  Dalam hal ini kamu bisa memilih opsi Hasil Pertandingan untuk mengetahui bagaimana riwayat catatan pertandingan lawan sebelumnya.

Dari history tersebut kamu bisa mendapatkan berbagai macam informasi penting terkait skill lawan dalam memainkan hero apa saja, strategi yang biasa digunakan dalam permainan serta build item maupun battle spell yang sering digunakan oleh lawan.

Dengan observasi yang mendalam, maka kamu pun bisa mengetahui seluk beluk permainan lawan.  Dan akhirnya kamu bisa mengukur seberapa besar kekuatan lawan dalam melakukan permainan.  Dengan cara ini maka kamu akan lebih mudah untuk menerapkan strategi terbaik.

Cara Menyimpan dan Melihat Replay Hasil Pertandingan di Mobile Legends

Melihat replay hasil pertandingan game Mobile Legends akan sangat berguna bagi pemain untuk mengevaluasi sejauh mana skill dan kemampuannya dalam bermain game dan menghadapi lawan.  Fitur ini memang bertujuan untuk mempelajari game play, meningkatkan skill serta kebutuhan konten.

Yang perlu diingat adalah, bagi pemain yang ingin melihat replay hasil pertandingan sebelumnya maka harus melakukan penyimpanan terlebih dahulu setelah pertandingan selesai.  Untuk menyimpan hasil pertandingan ini tidaklah sulit karena Moonton telah menyediakan fiturnya untuk para pemain.

1. Cara Menyimpan Hasil Pertandingan Game Mobile Legends

Cara-Menyimpan-Hasil-Pertandingan-Game-Mobile-Legends

Ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk menyimpan hasil pertandigan di arena Land of Dawn.  Yaitu dengan cara memilih tombol merah bergaris pada pojok atas setelah selesai bermain.

Sementara cara kedua adalah dengan melakukan penyimpanan melalui menu Battlefield kemudian tap menu Replay dan selanjutnya silahkan cari pertandingan yang ingin dilihat.  Kemudian tap hasil pertandingan dan rakaman tersebut bisa dilihat di menu Replay Saya.

2. Cara Melihat Hasil Pertandingan Game Mobile Legends

Jika hasil pertandingan di Game Mobile Legends berhasil disimpan, maka kamu pun bisa melihat rekamannya dengan mudah.  Caranya adalah sebagai berikut:

  • Pertama silahkan klik ikon foto profil kemudian pilih menu Battlefield.
  • Di dalam menu ini terdapat opsi Replay, tap opsi tersebut dan selanjutnya akan terlihat beberapa hasil pertandingan yang telah dilakukan.
  • Silahkan pilih hasil pertandingan yang akan kamu lihat dan selanjutnya video akan secara otomatis pindah ke menu Replay Saya.
  • Jika sudah maka kamu bisa dengan mudah melihat hasil pertandingan yang telah disimpan dan dapat merekamnya untuk keperluan pribadi.

Jika-sudah-maka-kamu-bisa-dengan-mudah-melihat-hasil-pertandingan-yang-telah-disimpan-dan-dapat-merekamnya-untuk-keperluan-pribadi

Namun perlu diingat bahwa hasil pertandingan yang disimpan ini tidak akan bertahan lama, karena biasanya penyimpanan akan otomatis dihapus jika ada update terbaru dari game Mobile Legends.

Dengan mengetahui cara menyembunyikan history Mobile Legends di atas, maka kamu tidak perlu khawatir pemain lain akan melihat history permainanmu di Mobile Legends.  Selain itu, kamu juga bisa melakukan observasi pada history lawan jika kebetulan lawanmu tidak menyembunyikan historynya.

 

Lihat Juga :