16 Aplikasi Edit Video Terbaik untuk Android dan PC/Laptop


Keterampilan mengedit video saat ini cukup banyak dibutuhkan. Tidak hanya di dunia pekerjaan, namun Anda juga bisa menggunakan keterampilan ini untuk membuat suatu hasil video yang bisa diposting di media sosial. Hal ini membuat banyak orang mencari aplikasi edit video terbaik.

Ada banyak aplikasi edit video yang bisa digunakan, baik di smartphone maupun PC. Selain itu, beberapa aplikasi juga bisa digunakan secara gratis oleh para pengguna. Tetapi, biasanya untuk mengakses fitur secara lengkap pengguna perlu membayar.

Bagi Anda yang ingin berlatih mengedit video atau mencari aplikasi edit video, Anda bisa mulai belajar dengan menggunakan smartphone yang dimiliki. Hasil video yang dibuat juga memiliki kualitas yang tidak kalah bagus dengan aplikasi edit video PC. 

Berikut beberapa rekomendasi aplikasi edit video terbaik di android yang bisa Anda coba:

1. KineMaster

KineMaster

Mungkin jika Anda bertanya pada teman-teman yang biasa mengedit video dari ponsel mengenai KineMaster, pasti kebanyakan pernah mendengarnya. Aplikasi KineMaster adalah aplikasi edit video yang cukup banyak digunakan. 

KineMaster juga memiliki tampilan yang nyaman dilengkapi dengan berbagai fitur canggih yang akan menghasilkan video kreatif. Pengguna juga dapat memakai teknik drag and drop untuk mengimpor file yang berbeda dengan cara yang mudah. 

Aplikasi KineMaster menawarkan fitur dan efek menarik untuk membuat video profesional secara cepat. Anda juga bisa menambah transisi di antara video sampai menyisipkan sub judul atau blok teks. 

Fitur unggulan yang perlu dicoba adalah penambahan beberapa layer video, teks, gambar, stiker, efek, overlay, sampai tulisan tangan yang bisa digabungkan. 

Selain itu, Kinemaster memiliki fitur pratinjau instan yang memungkinkan pengguna untuk melihat pengeditan dan kontrol volume dari waktu ke waktu pada klip. Sebagian besar fungsi yang ada bisa diakses secara gratis dalam aplikasi. 

Namun, perlu Anda ketahui bahwa di akhir video akan muncul watermark. Bagi sebagian orang hal ini cukup mengganggu. Untuk menghilangkan watermark tersebut, Anda perlu membayar. 

Link download aplikasi KineMaster: 

Salah satu aplikasi editor video dari Adobe yang bisa digunakan di android adalah Adobe Premiere Rush. Selain Adobe Premiere Rush, Adobe juga memiliki editor video lain yaitu Adobe Premiere Clip yang mirip dengan editor video standar. 

Ada banyak fitur yang dapat digunakan oleh pengguna di Adobe Premiere Rush, misalnya sinkronisasi cloud, garis waktu multitrack, serta alat pengeditan lainnya. 

Aplikasi ini juga bisa menerapkan efek video, zoom, membuat efek pan, dan mengubah warna, menambah judul animasi, dan fitur lainnya. Kelebihan lainnya adalah adanya fungsi kamera bawaan yang bisa dipakai untuk merekam video dengan kualitas tinggi. 

Jika dilihat dari segi UI, aplikasi editor video ini mungkin masih membutuhkan beberapa perbaikan, namun potensi yang dimilikinya sangat banyak. 

Tidak hanya itu saja, aplikasi ini juga termasuk ke dalam langganan Adobe Creative Cloud yang layak untuk dicoba bagi pengguna yang telah memakai layanan tersebut. 

Link download aplikasi Adobe Premiere Rush: 

3. FilmoraGo

FilmoraGo

FilmoraGo cocok dimasukkan sebagai salah satu rekomendasi aplikasi edit video terbaik yang bisa Anda gunakan. Seorang pemula bisa menggunakan fitur dasar di aplikasi dengan mudah, misalnya, pemotongan, pemangkasan, penambahan musik, dan sebagainya. 

Pilihan ukuran tampilan video juga beragam, misalnya video persegi 1:1 untuk membuat postingan Instagram, video 16:9 untuk video Youtube, dan masih banyak lagi. 

Anda bisa menambahkan transisi, membuat video terbalik, membuat gerakan menjadi lambat, dan fitur-fitur lainnya yang bisa Anda coba. Sebagian besar fitur yang ada di FilmoraGo bisa digunakan secara gratis. 

Walaupun begitu, FilmoraGo juga menawarkan versi berbayar untuk bisa mengakses seluruh fitur yang ada. Setelah selesai mengedit video, video bisa disimpan di galeri maupun dibagikan langsung ke media sosial Anda. 

Sama dengan KineMaster, hasil dari video yang diedit menggunakan aplikasi FilmoraGo gratis akan memiliki watermark. 

Link download aplikasi FilmoraGo: 

4. InShot

InShot

Aplikasi edit video yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah InShot. Kelebihan yang dimiliki InShot adalah tidak adanya watermark saat video tersebut selesai disimpan. InShot juga memiliki tampilan yang intuitif walaupun di dalamnya sering muncul iklan. 

Tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena iklan tersebut tidak akan mengganggu saat Anda mengedit video. Aplikasi InShot juga memiliki fitur standar edit video, misalnya crop, trim, split, dan fitur dasar lainnya. 

Bahkan, Anda juga bisa memilih untuk ekspor video dengan kualitas 4K serta kecepatan bingkai yang berbeda. Fitur lainnya yang bisa dijumpai di aplikasi InShot adalah menambahkan efek suara atau musik, menambahkan efek filter, menambahkan voiceover stiker, dan sebagainya. 

Aplikasi ini sangat cocok digunakan oleh Anda yang aktif membuat konten video ke media sosial karena penggunaannya yang mudah. Link download aplikasi InShot: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.camerasideas.instashot&hl=in&gl=US 

5. PowerDirector

PowerDirector

Saat Anda mencari aplikasi video mungkin Anda akan mencari aplikasi dengan tampilan yang mudah digunakan. Aplikasi editor video PowerDirector menawarkan fitur editor video lengkap dengan tampilan yang mudah. 

Namun, pengguna akan memerlukan waktu untuk terbiasa dengan kontrol yang ada di aplikasi. Tetapi, setelah Anda memakai aplikasi tersebut, pengguna bisa membuat video  seperti profesional dalam waktu yang cukup cepat.

Terdapat lebih dari 30 efek yang berbeda dan bisa ditambahkan ke video. Salah satu fitur yang berbeda dari aplikasi editor video lainnya adalah adanya fitur efek layar hijau untuk mengganti latar belakang. 

Aplikasi ini juga telah dilengkapi dengan video tutorial untuk semua fungsi yang ada di aplikasi. Sehingga, Anda bisa belajar sekaligus mempraktekannya di aplikasi. PowerDirector bisa digunakan untuk menghasilkan video dengan kualitas 4K serta menambahkan efek slow motion. 

Kabar gembira untuk pengguna bahwa banyak fitur di aplikasi yang bisa digunakan tanpa harus membayar. Tetapi, kelemahannya adalah Anda akan melihat watermark pada hasil video yang dibuat. Link download aplikasi PowerDirector: 

6. VideoShow

VideoShow

Aplikasi edit video android lainnya yang bisa Anda gunakan adalah VideoShow. Perlu Anda ketahui bahwa aplikasi VideoShow ini telah mendapatkan banyak penghargaan. VideoShow banyak disukai karena tampilan yang sederhana serta mudah digunakan. 

Selain bisa memotong serta menambahkan video, Anda juga bisa membuat video lebih menarik dengan menambahkan efek, teks, sampai melakukan dubbing langsung. Ada sekitar 50 lebih tema yang tersedia di aplikasi yang bisa Anda gunakan. 

Anda juga bisa mengurangi ukuran video tanpa mengurangi kualitas video tersebut. Fitur lainnya yang akan membuat pengalaman mengedit video lebih baik adalah penggunaan efek latar belakang burang, opsi menyesuaikan kecepatan audio, serta peningkatan suara. 

Link download aplikasi VideoShow: 

7. Magisto

Magisto

Bagi Anda yang belum memiliki pengalaman dalam mengedit video, Anda bisa mencoba aplikasi Magisto. Magisto memungkinkan penggunanya untuk menggabungkan klip video, musik, foto, teks, dan efek untuk menghasilkan video secara praktis dengan hasil yang bagus. 

Anda hanya perlu memilih satu atau beberapa klip video serta lagu, lalu aplikasi Magisto secara otomatis akan menghasilkan video yang bagus dalam beberapa menit. 

Aplikasi Magisto ini memanfaatkan fitur A.I atau artificial intelligence yang bisa menganalisis video serta memilih fragmen menarik sehingga bisa menghasilkan video yang bagus. 

Apabila Anda baru belajar mengedit video, Magisto menjadi salah satu alternatif yang mudah ditambah dengan adanya pembelian dalam aplikasi tersebut. Selain edit video secara otomatis, hasil editan dari Magisto juga bisa langsung dibagikan di Instagram, WhatsApp, dan lainnya.

Link download aplikasi Magisto: 

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.magisto&hl=in&gl=US

8. VN Video Editor Maker Vlognow

VN Video Editor Maker Vlognow

Mungkin sebagian orang berpikir bahwa hasil editan video menggunakan aplikasi smartphone memiliki hasil yang kurang memuaskan. Anda bisa membuktikan bahwa hal tersebut tidak benar menggunakan VN Video Editor Maker yang bisa dikatakan powerful.

VN juga memiliki user interface yang terlihat profesional. Aplikasi edit video ini tidak menghasilkan video dengan watermark dan cocok digunakan oleh pemula bahkan profesional sekalipun. 

Salah satu fitur yang menarik dari VN Video Editor yaitu bisa memberikan filter yang diatur sendiri oleh pengguna. Jika Anda ingin melakukan color grading seperti di Adobe Premiere Pro, Anda bisa melakukannya di aplikasi VN ini. 

Kelebihan dari aplikasi VN adalah memperoleh dukungan langsung dari developer, sehingga Anda bisa menghubunginya lewat channel Telegram. Link download aplikasi VN Video Editor Maker Vlognow: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.frontrow.vlog&hl=in&gl=US 

9. Alight Motion Pro

Alight-Motion-Pro

Bagi Anda yang ingin membuat motion-designing, Anda bisa memanfaatkan aplikasi Alight Motion Pro. Aplikasi ini dapat digunakan dari smartphone atau tablet. Pengguna dapat menambahkan gambar dan audio, menyesuaikan warna, serta ekspor proyek menjadi GIF atau MP4. 

Namun, sayangnya aplikasi Alight Motion Pro termasuk aplikasi berbayar. Hal ini membuat fitur yang dimiliki lebih lengkap dibandingkan dengan versi gratis. Link download aplikasi Alight Motion: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.alightcreative.motion&hl=in&gl=US 

10. Quik

Quik

Jika Anda ingin mengedit video dari hasil action camera GoPro, aplikasi Quik sangat tepat untuk dipilih. Anda bisa menambahkan sampai dengan 50 foto dan video dari GoPro, sehingga aplikasi Quik bisa langsung membuat video pendek yang dibagikan ke media sosial secara otomatis. 

Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa memilih beberapa filter yang akan membuat tampilan video menjadi lebih menarik. Kelebihan dari aplikasi Quik yaitu penggunaannya yang mudah karena melakukan editing otomatis. 

Namun, kelemahan Quik yaitu terbatas hanya bisa membuat video pendek saja. Link download aplikasi Quik:https://play.google.com/store/apps/details?id=com.gopro.smarty&hl=in&gl=BR

Rekomendasi Aplikasi Edit Video Terbaik PC

Jika Anda ingin mengedit video durasi panjang dengan langkah yang rumit mungkin lebih baik mengeditnya di PC. Saat memilih aplikasi editor video, Anda harus memperhatikan spesifikasi dari PC maupun laptop yang dipakai. 

Setiap aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Anda dapat menyesuaikannya berdasarkan kebutuhan. Hal ini perlu dilakukan supaya Anda bisa mengedit video tanpa lag. Berikut beberapa aplikasi edit video PC yang bisa Anda gunakan, yaitu:

1. Windows Movie Maker

Windows Movie Maker

Sesuai namanya, Anda pasti tahu bahwa aplikasi ini ditujukan untuk pengguna Windows. Aplikasi ini cocok digunakan bagi Anda yang memiliki hobi edit video, karena hasil video bisa terlihat bagus dan kreatif. 

Pengoperasian aplikasi juga tidak terlalu rumit, karena aplikasi ini memiliki interface yang cukup ringkas. Bagi seorang pemula, Windows Movie Maker ini sangat cocok dijadikan aplikasi untuk belajar mengedit video. 

Fitur-fitur yang disediakan juga cukup menarik. Aplikasi ini sangat direkomendasikan bagi pengguna OS Windows.

2. CyberLink PowerDirector

CyberLink-PowerDirector

Aplikasi editor video untuk PC ini memiliki pengoperasian yang mudah. Terdapat banyak tool yang fungsional, tetapi penggunaanya tetap mudah dipahami bahkan oleh seorang pemula. CyberLink PowerDirector ini sangat cocok bagi Anda yang mencari aplikasi edit video ringan.

3. Adobe Premiere Pro

Adobe-Premiere-Pro

Adobe merupakan vendor yang terkenal dalam mengembangkan software maupun aplikasi editing. Adobe Premiere Pro merupakan salah satu aplikasi yang populer yang juga digunakan oleh banyak orang.

Aplikasi ini memiliki kemampuan dalam menghasilkan video keren yang tidak perlu diragukan. Fitur-fitur yang ada di dalam aplikasi ini mudah digunakan dan cukup lengkap. 

Anda bisa menggunakannya untuk keperluan editing sederhana, misalnya trim atau capture sampai editing yang rumit. Adobe Premiere Pro juga bisa digunakan untuk menghasilkan video berkualitas sampai dengan resolusi 4K. 

Selain itu, format yang didukung terbilang cukup banyak karena codec yang lengkap. Hal ini menjadi salah satu kelebihan untuk Adobe Premiere Pro dibanding software editor video yang seringkali mempunyai format penyimpanan terbatas. 

Efek yang disediakan juga cukup lengkap, sehingga Anda bisa berkreasi menggunakan efek-efek yang ada. Tetapi, Adobe Premiere Pro ini kurang cocok digunakan oleh pemula. 

Anda perlu mempelajari berbagai menu dan fiturnya secara perlahan dikarenakan pengoperasian yang terbilang cukup rumit.

4. Sony Vegas Pro

Sony-Vegas-Pro

Untuk seorang profesional, Sony juga merilis aplikasi editor video Sony Vegas Pro. Alasan mengapa Sony Vegas Pro ditujukan untuk profesional, karena fitur yang ada di dalamnya cukup kompleks serta memerlukan teknik khusus untuk pengoperasiannya. 

Aplikasi ini bisa Anda coba jika Anda sudah terbiasa dengan edit video. Salah satu fitur yang disukai dari Sony Vegas Pro yaitu fitur animasi otomatis. Hal ini sangat berguna saat Anda memerlukan animasi, karena Anda tidak perlu membuatnya sendiri. 

Namun, Sony Vegas Pro tidak gratis dan pengguna perlu membeli lisensi jika ingin menggunakannya.

5. VirtualDub

VirtualDub

Jika Anda mencari aplikasi edit video yang gratis dan ringan, Anda bisa mencoba VirtualDub. VirtualDub merupakan aplikasi yang dirancang untuk pengguna OS Windows dan memiliki interface yang sederhana. 

VirtualDub sangat cocok digunakan untuk pemula yang baru belajar mengedit video. Walaupun ringan, tetapi fitur yang ada di software editor video ini cukup fungsional. Tidak hanya itu saja, VirtualDub juga memiliki fitur merekam layar yang dapat digunakan untuk membuat video tutorial.

6. Corel Video Studio

Corel-Video-Studio

Selain Adobe, Corel juga memiliki aplikasi edit video untuk PC yang diberi nama Corel Video Studio. Tampilan aplikasi ini cukup sederhana dengan fitur yang mudah dipahami. Walaupun memiliki interface yang ringan, tetapi fitur yang ada sudah termasuk canggih. 

Beberapa fitur di Corel Video Studio, yaitu creativity options, clearer audio, efek, freeze frame, dan fitur canggih lainnya. Fitur clearer audio ini bisa membuat suara video menjadi lebih jelas dan jernih. 

Melihat banyaknya fitur keren, pastinya Anda sudah tidak sabar untuk mengedit video menggunakan Corel Video Studio. Namun, perlu diketahui bahwa aplikasi ini merupakan aplikasi berbayar. 

Anda perlu membeli lisensi sebelum bisa menggunakan Corel Video Studio untuk mengedit video yang diinginkan.

Ada banyak aplikasi editor video yang dapat Anda temukan. Namun, aplikasi edit video terbaik adalah aplikasi dengan fitur lengkap dan mudah digunakan oleh penggunanya. Untuk mengetahui aplikasi yang paling cocok, Anda bisa mencoba aplikasi terlebih dahulu dan membaca ulasan.

 

Lihat Juga :