Cara Memainkan Sakura School Simulator PC dengan Emulator

Bagi penggemar game mobile Sakura School Simulator (SSS), memainkan game tersebut di laptop atau PC tentu memiliki sensasi tersendiri. Meski membutuhkan program khusus untuk memainkan Sakura School Simulator PC tapi ternyata hasilnya tidak mengecewakan.

Jika kamu termasuk penggemar berat game mobile satu ini maka tidak ada salahnya untuk mencoba memainkanya di PC. Selain akan terasa berbeda mungkin saja kamu bisa melakukannya untuk berbagai game mobile lain yang menjadi favoritmu.

Mengapa ada yang ingin bermain game SSS di PC?

Mengapa-ada-yang-ingin-bermain-game-SSS-di-PC

Meski praktis dan mudah dibawa kemanapun tapi tidak bisa dipungkiri jika smartphone memiliki banyak kekurangan untuk bermain game. Oleh sebab itu, banyak orang yang lebih memilih bermain game PC atau memainkan game mobile tersebut di PC.

1. Layar lebih besar

Kelebihan utama dari bermain game di PC adalah ukuran layarnya yang jauh lebih besar dibandingkan smartphone. Bagi beberapa pemian, hal ini menjadi pertimbangan karena jelas dengan ukuran yang lebih besar maka kamu bisa lebih puas bermain game.

Setiap detail permainan akan terlihat lebih jelas apalagi jika kamu memiliki PC dengan spesifikasi tinggi. Dengan begitu, tampilannya jelas akan sangat memuaskan. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menambahkan berbagai peralatan serta aksesoris pendukung ketika bermain game di PC.

Dengan begitu, kamu sebagai pemain akan lebih mudah mengontrol permainan sehingga game akan terasa lebih menyenangkan.

2. Baterai smartphone jadi lebih irit

Baterai smartphone memang dirancang dengan ukuran yang relatif kecil sehingga tidak bisa bertahan lama. Meski sekarang ada smartphone dengan baterai dengan daya besar namun biasanya harganya cukup mahal sehingga tidak semua orang memilikinya.

Dengan bermain game Sakura School Simulator di PC maka kamu tidak perlu khawatir kehabisan baterai saat sedang asyik bermain. Karena menggunakan sumber listrik PLN secara langsung maka kamu juga tidak perlu repot-repot melakukan charge atau isi ulang.

3. Membuat smartphone jadi lebih awet

Sudah menjadi rahasia umum ketika kamu bermain game di smartphone dalam waktu lama maka benda tersebut akan cepat panas. Jika dibiarkan terus-menerus maak smartphone dan juga komponen di dalamnya akan cepat rusak akibat produksi panas berlebihan.

Jadi, dengan memainkan game mobile di PC maka kamu bisa memperpanjang masa pakai smartphone yang dimiliki.

4. Bisa menyimpan lebih banyak game

Selain memiliki layar yang jauh lebih lebar, biasanya PC juga memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar. Dengan begitu, kamu bisa memainkan lebih dari 1 game atau bahkan menyimpan lebih banyak game dibandingkan dengan di smartphone yang memiliki memori terbatas.

5. Bisa dimainkan di PC kentang

Perlu kamu ketahui jika tidak semua game membutuhkan PC dengan spesifikasi tinggi yang harganya mahal. Game mobile seperti Sakura School Simulator ini bisa dimainkan di PC biasa yang memiliki spesifikasi terbatas.

6. Tampilanya lebih baik

Tidak hanya bisa menyimpan banyak game, tampilan dan performa game mobile yang dimainkan di PC bisa menjadi jauh lebih bagus. Hal ini dikarenakan PC memang memiliki komponen-komponen yang kemampuanya jauh lebih advance dibandingkan dengan smartphone biasa.

Terlebih untuk game SSS ini tampilan grafiknya kurang begitu bagus. Dengan memainkanya di PC maka tampilan grafisnya akan terlihat semakin bagus dibandingkan ketika melihatnya di smartphone.

7. Bisa memainkan beberapa game sekaligus

Meski membutuhkan program yang sesuai namun kamu ternyata bisa memainkan beberapa game sekaligus jika menggunakan PC. Hal ini tentu saja mustahil dilakukan jika kamu menggunakan smartphone biasa.

Dengan begitu, kamu yang punya lebih dari 1 game mobile favorit bisa memainkan semua game sekaligus. Cukup dari 1 perangkat PC saja maka kamu sudah bisa bermain berbagai macam game dalam waktu lama.

Bagaimana cara memainkan Sakura School Simulator PC?

Bagaimana-cara-memainkan-Sakura-School-Simulator-PC

Untuk bisa memainkan game ini di komputer atau PC maka kamu harus memiliki emulator terlebih dahulu. Sebab, seperti ynag telah dijelaskan sebelumnya jika game ini adalh game mobile yang khusus diciptakan untuk smartphone Android.

Untuk bisa memainkannya di komputer atau PC yang memiliki OS berbeda maka diperlukan program atau aplikasi tambahan yang disebut Android emulator. Sesuai namanya, program ini akan menyimulasikan perangkat Android di PC atau komputer kamu.

Oleh sebab itu, PC tersebut nantinya bisa menjalankan berbagai aplikasi atau program yang khusus dibuat untuk Android. Secara sederhana, emulator akan ‘menggantikan’ OS awal PC atau laptop dengan sistem Android untuk sementara waktu.

Dengan begitu, selain bisa memainkan berbagai game Android kamu juga bisa menulis pesan teks, mengakses Play Store dan sebagainya. Mirip dengan sistem Android yang ada di smartphone kamu. Kamu juga bisa memilih emulator sendiri dengan bebas.

Sebab, saat ini ada banyak sekali emulator yang bisa diunduh secara gratis di internet. Meski begitu, kamu disarankan untuk memilih emulator yang sudah berpengalaman serta memiliki rekam jejak baik agar tidak membahayakan perangkat yang kamu gunakan ketika memainkan game mobile di PC.

Jika kamu tertarik untuk memainkan Sakura School Simulator PC, berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan.

  1. Mengunduh emulator di komputer, laptop, atau PC.
  2. Instal program tersebut dengan benar. Jangn lupa mengeceknya untuk memastikan jika proses download dan install berjalan lancar.
  3. Masuk ke Google Play Store yang berada di dalam emulator tersebut kemudian login dengan akun kamu agar bisa mengunduh game Sakura School Simulator.
  4. Setelah diunduh, kamu bisa melakukan pengaturan Gamepad atau Key mapping agar bisa disesuaikan dengan tombol di game Sakura School Simulator tersebut.
  5. Jika pengaturan sudah selesai maka kamu sudah bisa memainkan game Sakura School Simulator tersebut di PC masing-masing.

Rekomendasi emulator ringan yang bagus

Perlu diketahui jika ada banyak sekali emulator yang tersedia di pasaran. Namun, karena kamu ingin menggunakannya untuk bermain game seperti Sakura School Simulator maka disarankan untuk memilih emulator yang berukuran ringan.

Hal ini dikarenakan emulator seperti itu tidak membutuhkan PC dengan spesifikasi tinggi alias kamu masih bisa menjalankannya di komputer biasa atau PC kentang mengingat tidak semua orang memiliki PC dengan spesifikasi tinggi. Nah, berikut adalah daftar emulator yang direkomendasikan.

1. Droid4x

Droid4x

Emulator ini cukup ringan karena hanya membutuhkan kapasitas RAM sebesar 1GB saja. Meski kapasitas RAM yang dibutuhkan kecil namun emulator ini cukup bagus digunakan karena sudah dilengkapi dengan add-ons.

Fitur ini memungkinkan pemain untuk mengontrol permainan di PC dari smartphone saja. Dengan begitu kamu bisa menjadikan smartphone sekaligus sebagai controller dengan menggunakan accelerometer jika diizinkan untuk menggunakan itu.

2. Andyroid

Andyroid

Program ini sering diingkat dengan nama Andy. Salah satu kelebihannya adalah mampu memberikan keleluasaan untuk mengeksplorasi lebih banyak fitur-fitur Android. Tidak hanya itu, emulator ini juga memiliki tampilan antarmuka yang penuh sehingga akan memudahkan kamu untuk menggunakanya.

Kamu juga bisa menggunakan smartphone sebagai controller dengan menggunakan emulator ini. Caranya cukup mudah yaitu dengan menghubungkannya dengan koneksi bluetooth atau wifi. Meski ringan namun kamu sebaiknya berhati-hati jika ingin menggunakan emulator ini.

Sebab, emulator ini pernah terlibat dengan serangan malware dalam bentuk crypto mine. Meski pihak pengembangnya sudah mengatasi masalah tersebut namun tidak ada salahnya untuk tetap waspada.

3. NoxPlayer

NoxPlayer

Emulator ini sangat direkomendasikan untuk para gamer karena salian ringan juga sangat bisa diandalkan untuk bermain game. Hal ini dikarenakan NoxPlayer memiliki utilitas yang secara khusus bisa membantu para gamer untuk mengendalikan permainan melalui mouse dan keyboard.

Tidak hanya itu, emulator ini dikenal karena memiliki fitur yang sangat banyak seperti charm bar yang digunakan untuk mengakses beberapa fitur sekaligus.

4. LDPlayer

LDPlayer

Berbeda dengan emulator lain, LDPlayer merupakan emulator yang diciptakan khusus untuk pemain game Android seperti PUBG, Mobile Legends, Chess Rush, dan AOV. Kelebihan utama dari emulator ini adalah stabilitas dan juga kecepatannya.

Tidak hanya itu, program ini juga memiliki fitur multitasking yang bisa kamu gunakan untuk memainkan 2 game berbeda di satu jendela yang sama. Dengan begitu, kamu yang sudah memainkan berbagai game Android sangat disarankan untuk mencobanya.

5. KoPlayer

KoPlayer

Sama seperti sebelumnya, emulator ini terbilang ringan karena bisa digunakan di PC yang memiliki RAM 2 GB saja. Selain ringan, program ini dikenal karena memiliki berbagai fitur yang bisa mendukung performa gaming kamu.

Dengan menggunakan emulator ini kamu bisa memilih antara Speed yang bisa memaksimalkan performa emulator atau Compatibility jika ingin bermain aman. Tidak hanya memberikan pilihan, KoPlayer juga membebaskan pengguna untuk menggunakan 2 emulator sekaligus.

Namun, tentu saja dengan syarat PC atau komputer yang digunakan memiliki spesifikasi yang tinggi. Meski program ini dikhususkan untuk para gamer namun kamu program ini tetap mendukung layanan PlayStore yang bisa kamu gunakan untuk mengunduh berbagai aplikasi lainnya.

6. Bluestack 5

Bluestack-5

Emulator ini merupakan yang paling populer di masyarakat. Hal ini dikarenakan Bluestack merupakan salah satu emulator yang bisa kamu gunakan di komputer buatan Apple alias Mac. Selain bisa diunduh secara gratis, aplikasi ini juga ringan dan sudah mendapatkan banyak update.

7. MeMu Player

MeMu-Player

Jika kamu memiliki PC kentang maka ada baiknya untuk memilih emulator ini sebab ukuranya sangat ringan sehingga tidak memerlukan komputer dengan spesifikasi tinggi. Meski begitu, kamu tetap bisa memainkan berbagai game Android terbaru menggunakan emulator ini.

Emulator ini juga memiliki pengaturan tingkat lanjut sehingga kamu bisa mengotak-atiknya agar bisa meningkatkan performa game yang sedang dimainkan.

8. Nox App Player

Nox-App-Player

Dari segi tampilan, emulator ini cukup mirip dengan MeMu Player. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga memiliki fitur dan pengaturan yang hampir serupa. Salah satunya adalah adanya pengaturan lanjut yang memungkinkan pengguna untuk mengutak-atiknya.

Dengan tampilan serta fitur yang hampir serupa maka tidak heran jika emultor ini juga populer dan banyak dicari oleh masyarakat.

9. Phoenix OS

Phoenix-OS

Berbeda dengan yang sebelumnya, emulator ini sedikit berbeda karena memiliki bentuk berupa operating system (OS) seperti Microsoft. Hanya saja, dibandingkan dengan OS tersebut proses instalasi Phoenix OS jauh lebih mudah.

Karena sifatnya yang komprehensif maka emulator ini sangat disarankan untuk kamu yang memang sudah expert dalam bidang teknologi. Sayangnya, emulator ini tidak didukung oleh layanan Google Play sehingga kamu tidak bisa mengunduh berbagai game atau aplikasi dengan bebas.

10. Genymotion

Genymotion

Emulator ini dikhususkan untuk kamu ynag ingin menjadi pengembang aplikasi. Meski begitu, kamu masih tetap bisa menggunakan program ini untuk bermain game seperti emulator kebanyakan. Selain ukuranya terbilang ringan, program ini bisa digunakan untuk berbagai versi Android.

Apa manfaat bermain Sakura School Simulator?

Apa-manfaat-bermain-Sakura-School-Simulator

Meski sering dianggap sepele namun sebenarnya bermain game simulator seperti Sakura School Simulator ini memiliki banyak manfaat khususnya untuk kejiwaan. Jika kamu ingin tahu, di bawah ini adalh deretan manfaat ynag bisa diperoleh dari bermain game SSS.

1. Menghibur diri

Alasan utama mengapa banyak orang bermain game adalah untuk menghibur diri. Hal ini tidak hanya berlaku di game SSS saja namun juga di game-game lainnya. Dengan bermain game ini kamu bisa bersenang-senang dengan melakukan apa saja yang tidak bisa dilakukan di dunia nyata.

Terlebih dalam suasana pandemi seperti sekarang di mana ada pembatasan wilayah yang membuat sebagian besar masyarakat tidak bisa bebas bepergian. Dengan bermain di game simulator seperti SSS setidaknya kamu bisa merasakan kembali hal-hal yang dahulu sering dilakukan di luar.

2. Menambah teman

Karena game ini banyak peminatnya maka kamu berkesempatan untuk menjalin pertemanan dengan sesama player SSS baik itu di dunia maya maupun di dunia nyata. Hal ini tentu akan membuat relasi pertemanan semakin luas.

Bila beruntung mungkin kamu dan teman-teman sesama player SSS bisa bertemu secara langsung untuk bermain bersama atau sekadar kopi darat antar sesama player. Dengan begitu, relasi yang dibangun akan semakin kuat dan bisa bertahan lama.

3. Melatih kreativitas

Karena memiliki tema simulator maka jangan heran jika kamu bisa mengembangkan imajinasi serta kreativitas di dalam game ini. Karena di game kamu bisa melakukan hal-hal sebebasnya maka kamu bisa bereksperimen dengan berbagai gaya rambut serta gaya berpakaian alias fashion.

Hal ini didukung dengan fitur-fitur yang dimiliki oleh SSS di mana kamu bisa berganti tampilan entah itu karakter di permainan, pakaian dan sebagainya.

4. Melatih daya analisis

Meski di SSS pemain bisa melakukan apa saja namun perlu diingat jika di dalam game juga ada misi yang bisa diselesaikan. Sama seperti game lainnya jika kamu berhasil menyelesaikan misi tersebut maka kamu akan mendapatkan hadiah atau reward yang menarik.

Misi yang diberikan juga bervariasi mulai dari yang mudah seperti mengikuti kelas tertentu hingga misi yang sulit seperti mengalahkan bos Yakuza. Oleh sebab itu, agar bisa memenangkan misi kamu mau tidak mau harus memiliki kemampuan analisis yang bagus.

5. Melatih kemampuan Bahasa Inggris

Karena game ini dibuat oleh negara lain maka jangan heran jika baik petunjuk dan percakapan yang dilakukan di SSS menggunakan Bahasa Inggris. Meski begitu, bahasa yang digunakan masih termasuk dasar sehingga mudah dipahami oleh pemula.

Oleh sebab itu, game ini bisa menjadi media yang tepat untuk kamu melatih kemampuan Bahasa Inggris yang dimiliki. Karena masih menggunakan bahasa yang sederhana maka kamu pasti tidak akan mengalami kesulitan berarti.

Berikut merupakan deretan kelebihan serta cara memainkan Sakura School Simulator PC. Meski ada banyak emulator lain yang bisa direkomendasikan namun deretan emulator di atas merupakan yang paling dikenal dengan performanya serta ukuranya yang ringan.

 

Lihat Juga :