16 Aplikasi Router Wifi Android Terbaik Tanpa Hambatan


Kecanggihan teknologi membuat berbagai aplikasi diciptakan untuk mempermudah segala kebutuhan masyarakat. Salah satu yang saat ini sedang populer digunakan adalah aplikasi wifi router. Dengan menggunakan aplikasi ini, pengguna bisa menjadikan ponsel Android sebagai hotspot.

Aplikasi router memungkinkan Anda bisa membagi jaringan ke pengguna lainnya. Melalui aplikasi tersebut proses pengontrolan, pemberian akses dan lain sebagainya bisa dilakukan dengan mudah.

Tingginya kebutuhan akan penggunaan internet membuat banyak masyarakat memilih untuk memasang wifi di rumah agar bisa memudahkan akses pada berbagai perangkat.

Namun bagi Anda yang tidak ingin memasang wifi bisa menggunakan cara alternatif lain yaitu dengan menggunakan ponsel Android untuk berperan sebagai wifi atau hotspot.

Menggunakan aplikasi wifi router dianggap lebih hemat dan praktis, dibandingkan harus membeli paket data untuk kebutuhan internet masing-masing perangkat.

Dengan menggunakan aplikasi router wifi dan ponsel Android, Anda bisa dengan mudah memasang jaringan wifi di rumah. Berikut beberapa aplikasi router terbaik yang bisa digunakan.

Daftar Aplikasi Wifi Router Terbaik

1. Data Sharing-Tethering

Data-Sharing-Tethering

Ini merupakan aplikasi tethering yang bisa digunakan untuk mengontrol kinerja wifi hotspot. Aplikasi mobile ini menawarkan berbagai jenis fitur menarik seperti pengaturan penggunaan data, limit waktu akses dan lain sebagainya.

Bukan hanya urusan kontrol, Anda juga bisa melihat aktivitas jaringan melalui chart yang berisi informasi detail mengenai pengguna yang terhubung dalam hotspot. Selain itu terdapat widget yang memudahkan Anda untuk mengontrol seluruhnya secara lebih mudah dan cepat.

Anda bisa langsung menginstall aplikasi untuk dapat menikmati berbagai fitur yang tersedia. Dengan aplikasi ini, penggunaan ponsel sebagai sarana wifi bisa dilakukan secara lebih mudah dan efektif.

2. Hotspot Wifi Portable

Hotspot-Wifi-Portable

Aplikasi wifi router yang satu ini dapat membantu Anda untuk mengoptimalkan kinerja hotspot yang berasal dari ponsel. Bukan hanya itu, aplikasi ini juga bisa mengatasi berbagai masalah pada ponsel seperti hotspot tidak terdeteksi atau tidak bisa digunakan.

Dengan aplikasi ini, berbagai masalah terkait jaringan internet bisa diatasi dengan lebih mudah. Anda bisa mengatur keamanan hotspot dengan mengatur password dan nama koneksi yang diingin.

Beberapa data tersebut bisa diganti secara berkala sesuai dengan keinginan. Jangan khawatir akan keamanan data, karena aplikasi ini menjamin keamanan data Anda ketika menggunakan aplikasi ini.

Dengan menggunakan aplikasi router, Anda bisa membagi koneksi internet ke beberapa pengguna lain yang berada pada suatu area tertentu.

3. Portable Wi-Fi Hotspot

Portable-Wi-Fi-Hotspot

Sesuai dengan namanya, aplikasi router ini sangat fleksibel dan bisa dengan mudah digunakan. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa mengubah ponsel menjadi wifi hotspot.

Bukan hanya membagikan koneksi jaringan 3G saja, namun aplikasi ini juga bisa membagikan jaringan 4G hingga 5G. Hal tersebut bisa disesuaikan dengan koneksi yang dimiliki oleh perangkat.

Hanya perlu melalui langkah mudah, Anda bisa membagikan koneksi internet kepada perangkat lain.

Langkah awal bisa dimulai dengan membuat nama hotspot pribadi, kemudian tentukan password, tekan tombol hijau dan mulai langsung berbagi koneksi internet dengan perangkat lainnya. Anda bisa menentukan berapa jumlah perangkat yang bisa terkoneksi dengan hotspot tersebut.

4. WiFi Hotspot

WiFi-Hotspot

Keunggulan dari aplikasi router yang satu ini adalah ukurannya yang cukup ringan. Dengan begitu Anda bisa dengan mudah menginstall aplikasi ini pada perangkat apapun. Selain itu, tampilan antar muka aplikasi ini cenderung lebih simple dan mampu bekerja secara optimal.

Sehingga meskipun jaringan internet dibagikan kepada perangkat lain, namun kecepatan koneksinya bisa tetap stabil dan mampu memenuhi segala kebutuhan dengan cepat.

Menggunakan aplikasi ini, memungkinkan Anda untuk dapat berbagai data dalam jaringan 4G atau 3G ke perangkat lainnya. Anda bisa melakukan pengaturan akun hotspot secara leluasa. Penggantian nama dan password bisa dilakukan dengan mudah melalui menu yang tersedia.

Aplikasi ini juga sudah dilengkapi dengan fitur timer shutdown yang memungkinkan hotspot akan mati pada waktu tertentu. Bukan hanya itu, Anda juga bisa melihat siapa saja pengguna yang terhubung dalam jaringan hotspot dengan mudah.

5. FoxFi (WiFi Tether w/o Root)

FoxFi-WiFi-Tether-w-o-Root

Aplikasi ini membuat pengguna bisa merasakan menggunakan ponsel Android layaknya modem yang bisa digunakan untuk berbagi jaringan internet. Aplikasi ini sudah populer dan banyak disukai karena memiliki tampilan yang simple dan sederhana.

Hal ini memudahkan para pengguna untuk bisa memanfaatkannya secara optimal. Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, Anda tidak perlu root ponsel terlebih dahulu. FoxFi bisa diinstall dengan mudah dan langsung digunakan.

Dengan adanya aplikasi ini, Anda tidak perlu lagi membeli banyak paket data untuk setiap perangkat. Cukup membeli satu paket data saja pada satu perangkat, kemudian jaringan internetnya akan dibagi ke perangkat lainnya.

Aplikasi ini membantu Anda untuk dapat berhemat namun tetap bisa memenuhi kebutuhan secara optimal.

6. TP Link Tether

TP-Link-Tether

Aplikasi wifi router TP Link Tether sangat direkomendasikan untuk para orang tua yang ingin memberikan fasilitas akses internet bagi anaknya.

Hal tersebut terjadi karena aplikasi ini sudah dilengkapi dengan fitur parental control yang memungkinkan orang tua bisa memantau dan mengontrol penjelajahan internet yang dilakukan oleh anak.

Bukan hanya itu, aplikasi ini juga mendukung untuk pembuatan jadwal serta manajemen bagi akses internet yang berbasis URL. Selain itu, aplikasi ini juga bisa memblokir user yang tidak diinginkan agar tidak bisa terhubung ke hotspot Anda.

Tampilan aplikasi ini cukup simple sehingga mudah dipahami, bahkan untuk para pemula. Ini merupakan aplikasi pengontrol wifi terbaik yang memberikan fitur serta akses yang mudah untuk para pengguna.

Dengan menggunakan aplikasi ini Anda bisa melakukan beberapa pengaturan seperti mengatur kata sandi dan pengaturan internet pada perangkat, memblokir pengguna yang tidak sah sehingga tidak akan dapat ingin untuk terhubung dan mengoptimalkan fungsi kontrol orang tua.

Selain itu aplikasi ini juga bisa mengoptimalkan pengelolaan perangkat TP Link secara bersamaan, melihat status perangkat dan memastikan LED secara otomatis pada waktu tertentu.

7. PdaNet+

PdaNet

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa berbagi koneksi internet dari ponsel ke perangkat lainnya secara lebih mudah. Anda bisa saling terhubung melalui koneksi bluetooth maupun kabel USB.

Aplikasi wifi router ini sudah cukup populer dan menjadi yang paling unggulan karena dilengkapi teknologi terkini yang canggih. Proses tethering yang dilakukan bisa sangat cepat.

Koneksi internet yang dibagi bisa bekerja secara optimal sehingga mampu memberikan kenyamanan bagi para pengguna.

Yang lebih membuat nyaman lagi adalah Anda tidak perlu melakukan rooting pada ponsel untuk dapat menjalankan aplikasi. Aplikasi ini memudahkan proses pembagian jaringan dapat dilakukan secara lebih mudah dan berjalan optimal.

Aplikasi PdaNet+ membantu Anda untuk menghemat kuota internet secara optimal. Hanya dengan membeli satu paket kuota, Anda bisa membagikan jaringan ke perangkat lainnya.

8. Auto WiFi Tethering

Auto-WiFi-Tethering

Aplikasi mobile ini bisa mengubah ponsel menjadi router wifi yang bisa digunakan untuk berbagi koneksi internet dengan perangkat lainnya. Aplikasi ini akan bekerja secara otomatis ketika terinstall pada ponsel sehingga Anda tidak perlu repot melakukan berbagai pengaturan.

Akan direkomendasikan pilihan mode tethering terbaik agar Anda bisa berbagi koneksi secara lebih optimal. Tersedia berbagai fitur yang membuat proses pembagian jaringan internet bisa dilakukan dengan lebih mudah.

Anda bisa membuat jadwal khusus kapan hotspot akan dinyalakan dan dimatikan. Hal tersebut diperlukan agar koneksi dapat bekerja secara optimal sesuai dengan kebutuhan. Aplikasi ini secara otomatis terus mengecek kondisi internet secara berkala.

Sehingga ketika kehilangan sinyal, maka aplikasi akan otomatis menghubungkan kembali. Dengan begitu Anda tidak perlu repot untuk menghubungkannya kembali.

9. NetShare-no-root-Thetering

Net-Share

Seperti namanya, aplikasi ini bisa digunakan dengan mudah pada berbagai perangkat tanpa harus di root terlebih dahulu. Aplikasi ini memudahkan Anda untuk membuat hotspot dan membagikannya kepada perangkat lainnya.

Tidak perlu khawatir, karena hotspot yang Anda buat akan secara otomatis tersembunyi dan tidak bisa terdeteksi oleh perangkat lain yang tidak sah. Anda bisa menentukan sendiri mana saja perangkat yang bisa terhubung dan mana yang tidak.

Fitur yang disediakan aplikasi ini sangat lengkap seperti memonitor secara langsung log perangkat, memblokir alamat situs tertentu dan mengatur penggunaan data.

Dengan menggunakan aplikasi ini penggunaan internet bisa dilakukan secara lebih optimal dan sesuai dengan kebutuhan.

10. ClockworkMod Tether (no root)

ClockworkMod-Tether-no-root

Dengan memanfaatkan fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini, Anda bisa berbagi koneksi data yang terdapat pada ponsel kepada perang lainnya seperti PC.

Cara penggunaan aplikasi ini sangatlah mudah, Anda bisa memasangnya secara instan tanpa perlu melakukan rooting terlebih dahulu. Aplikasi ini memungkinkan ponsel bisa berperan sebagai modem.

Untuk bisa menghubungkan ponsel dengan PC, Anda membutuhkan kabel USB atau software penghubung lain. Dengan adanya aplikasi ini seluruh kebutuhan terkait jaringan bisa dilakukan dengan lebih mudah.

11. WifiLink: Share WiFi

WifiLink-Share-WiFi

Aplikasi wifi router bisa dikatakan cukup unik dan berbeda dibandingkan dengan aplikasi penyedia hotspot untuk Android yang lainnya. Jika menggunakan aplikasi ini, Anda tidak membutuhkan password untuk bisa mengakses hotspot.

Sebagai gantinya, pengguna yang ingin terhubung dengan hotspot perlu mengklik link atau scan QR code yang telah tersedia. Anda bisa membagikan wifi link melalui chat atau pesan dengan lebih mudah.

Hal ini memungkinkan para pengguna bisa lebih mudah dan cepat terhubung dalam hotspot yang telah tersedia. Aplikasi ini dinilai sangat fleksibel dan cocok untuk penggunaan bisnis atau pribadi.

Sistem kerjanya yang simpel dan mudah membuat para pengguna merasa nyaman saat menggunakannya. Tidak heran jika aplikasi ini cukup populer dan banyak digunakan.

12. Wifi Hotspot Free – Wifi Hotspot Portable

Wifi-Hotspot-Free-Wifi-Hotspot-Portable

Aplikasi router saat ini dibutuhkan untuk dapat menghemat biaya penggunaan internet. Seperti yang diketahui, bahwa saat ini semua kebutuhan membutuhkan jaringan internet, mulai dari belajar, bekerja hingga hiburan.

Agar tidak boros menggunakan layanan internet, Anda bisa mengubah fungsi ponsel untuk menjadi hotspot wifi. Tampilan aplikasi yang user friendly membuat para pengguna bisa memahami setiap fitur yang tersedia dengan lebih mudah.

Aplikasi ini memberikan akses yang mudah untuk proses pengaturan hingga koneksi terhubung. Selain mengubah nama dan mengatur kata sandi, Anda juga bisa memonitor secara langsung siapa saja yang terhubung dengan hotspot yang dibuat.

Koneksi jaringan yang bisa digunakan cukup beragam, mulai dari 3G hingga 4G. Kecepatan jaringan dipengaruhi oleh kemampuan perangkat menangkap sinyal. Dengan begitu Anda bisa menikmati jaringan internet yang lancar pada beberapa perangkat sekaligus.

13. Portable WiFi Hotspot – Tethering

Portable-WiFi-Hotspot-–-Tethering

Kepopuleran aplikasi router membuat para pengguna menjadi lebih nyaman saat harus membagi koneksi internet dengan perangkat lain. Dengan adanya aplikasi router, pemanfaatan ponsel sebagai modem dapat dilakukan secara lebih optimal.

Jenis jaringan yang bisa dibagikan juga terbilang sangat beragam tergantung dari perangkatnya. Tampilan aplikasi yang sederhana dan mudah dipahami membuat pengguna tidak akan kesulitan saat menjalankan aplikasi.

Cara membagikan koneksi sangatlah mudah, Anda hanya perlu membuat nama network, kemudian mengatur password yang diinginkan, kemudian tekan tombol connect untuk memulai proses berbagi koneksi.

Semua perangkat yang berada dalam jangkauan area yang sama bisa terhubung dengan mudah ke hotspot yang telah dibuat.

14. DS-router

DS-router

Ds router termasuk dalam aplikasi wifi router terbaik karena dilengkapi dengan berbagai fitur dan teknologi unggulan. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa mengatur dan merancang jaringan pribadi sebagai pusat kendali bagi jaringan internet yang akan dibagikan.

Tersedia juga fitur pengontrolan yang bisa digunakan oleh orang tua untuk melindungi anak dari berbagai pengaruh situs yang kurang pantas. Selain itu Anda juga bisa memperbaiki pengaturan firewall jaringan dan membuat manajemen jaringan dengan mudah.

Tersedia fitur manajemen jarak jauh, yang memudahkan Anda untuk bisa mengelola router dari mana saja dengan mudah. Ada juga fitur peta jaringan yang memudahkan Anda bisa melihat status sistem pada Wifi.

Dengan aplikasi ini Anda bisa membuat jaringan baru yang terpisah dengan jaringan wifi utama. Semua sistem pengawasan lalu lintas dan perangkat yang terhubung bisa dilakukan secara real time dengan mudah.

Anda bisa mengatur prioritas untuk perangkat yang bisa terhubung dengan jaringan internet sehingga mendapatkan akses secara khusus. Kontrol orang tua dilengkapi dengan fungsi keamanan sehingga terasa lebih nyaman.

15. WiFi Router Master

WiFi-Router-Master

Ini merupakan aplikasi pengontrol router terbaik yang paling direkomendasikan. Memiliki sistem yang sederhana dan simple, aplikasi ini membantu perangkat bisa secara optimal melalui pemindaian jaringan.

Anda bisa melakukan pengaturan router secara lebih mudah melalui aplikasi ini. Anda bisa membuat nama wifi, passwordnya dan mengontrol penggunaannya.

Melalui aplikasi, Anda bisa dengan mudah mendeteksi perangkat apa saja yang terhubung dan bisa memblokir pengguna yang tidak diinginkan. Tersedia halaman admin yang memudahkan pengguna untuk melakukan pengaturan terhadap router.

Selain itu Anda juga bisa menguji kecepatan internet melalui fitur yang tersedia. Secara instan kecepatan jaringan internet dapat terlihat dan bisa secara efektif dibagikan. Semua jaringan seperti 3G, LTE, dan 4G bisa dibagikan dengan mudah.

16. All Router Admin

All-Router-Admin

Aplikasi wifi router ini memudahkan Anda untuk mengontrol jaringan secara lebih mudah dan praktis. Tersedia berbagai jenis fitur yang bisa digunakan untuk mengatur jaringan pada wifi.

Setelah mendapatkan akses sebagai admin, Anda bisa mengubah kata sandi, menggunakan serta mengatur fitur kontrol orang tua, memeriksa gateway, memblokir perangkat dan lain sebagainya.

Aplikasi ini memudahkan Anda untuk mengatur jaringan internet yang ingin dibagikan. Semua proses pengaturan bisa terasa lebih mudah dan praktis dengan menggunakan aplikasi ini. Tampilan interface aplikasi ini cukup sederhana sehingga mudah digunakan.

Penggunaan aplikasi wifi router sangatlah mudah, bahkan interfacenya sangat menarik. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda bisa menghemat penggunaan internet pada beberapa perangkat ada terdapat pada area tertentu.

 

Lihat Juga :