13 Cara Mendapatkan Uang dari Internet dengan Mudah & Cepat


suratkabar.id – Internet telah menjadi jembatan atau penghubung dalam berbagai bidang kehidupan. Termasuk untuk urusan pekerjaan yang menjadi lebih mudah dengan adanya internet. Sehingga cara mendapatkan uang dari internet bisa dilakukan dengan mudah.

Ada sejumlah pekerjaan/profesi yang bisa dijalankan dari internet, dengan penghasilan yang mencapai ratusan juta rupiah. Jika Anda mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk mendapatkan uang dari internet, tentu Anda juga bisa meraup keuntungan sebanyak itu.

Cara Mendapatkan Uang dari Internet dengan Metode Online

Banyak sekali pilihan yang bisa Anda tempuh dalam memperoleh uang melalui cara online dari internet. Apalagi jika Anda memiliki keahlian dengan hal-hal yang berkaitan dengan internet tersebut, tentu hal itu akan menjadi poin lebih.

Berikut ini sejumlah cara mendapatkan uang dari internet yang bisa Anda coba dan lakukan dengan mudah:

1. Bergabung dengan Afiliasi

Bergabung-dengan-Afiliasi

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan dalam memperoleh uang dari internet secara online adalah, bergabung dengan afiliasi tertentu. Sederhananya, afiliasi merupakan kerja sama yang berkaitan dengan penjualan suatu produk dan juga promosi dari produk tersebut.

Pengertian lainnya dari afiliasi adalah cara memperoleh uang tanpa mengeluarkan modal, melalui media internet. Hampir seluruh program afiliasi bisa diikuti secara gratis, sehingga Anda bisa bergabung di dalam afiliasi tersebut.

Untuk memperoleh uang dari afiliasi ini maka Anda harus melakukan pendaftaran terlebih dulu. Program yang sudah ada di luar negeri misalnya adalah Amazon Affiliates, sedangkan di Indonesia Anda bisa ikut bergabung dengan Program Afiliasi Indonesia secara gratis.

Jika sudah mendaftar di sana Anda akan memperoleh banner atau kode kupon. Setelah itu banner/kode tersebut bisa dibagian pada orang lain. Bisa dengan membagikannya pada follower di sosial media atau bisa juga ke pengunjung website.

2. Membuat Blog

Membuat-Blog

Tak hanya menjadi sekadar hobi saja, tetapi membuat blog di internet juga bisa menjadi salah satu cara dalam mendapatkan penghasilan. Setiap orang bisa membuat dan juga menulis di blog, tanpa aturan apapun dan dengan topik apa saja.

Salah satunya blog yang dibuat dan dikembangkan oleh ibu dari 2 anak, yang telah mengelola blog food and travel. Pada salah satu postingan yang ia buat di blog tersebut, ia menerangkan bahwa penghasilannya bisa mencapai 65 juta per bulan dari blog tersebut.

Sebagai langkah awal maka Anda harus membuat blog terlebih dahulu kemudian mulai melakukan blogging. Selain itu, cobalah untuk berlangganan hosting ketika membuat blog.

Penggunaan blog yang berlangganan hosting tersebut bisa memberi kebebasan pada Anda untuk memasang iklan. Sedangkan untuk blog gratis biasanya Anda tak punya kendali penuh terhadap blog tersebut, termasuk dalam hal pemasangan iklan.

Buat konten menarik untuk blog tersebut, lalu tingkatkan trafik dan bergabung dengan Google Adsense.

3. Berjualan Software

Berjualan-Software

Jika Anda paham segala hal yang berkaitan dengan coding maka hal itu juga bisa menjadi salah saru cara mendapatkan uang dari internet. Hanya dengan bermodalkan laptop saja, maka Anda bisa mulai mencari uang hanya dengan melalui internet saja.

Software bisa dibuat dan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat saat ini, dan bisa diawali dari ide pribadi Anda sendiri. Apabila software itu sudah dibuat dan berhasil menarik minat banyak orang, maka Anda bisa berjualan software.

Cara berjualan software bisa dilakukan dengan cara berikut ini:

  • Bagikan software dengan versi gratis kemudian jual versi premiumnya melalui website yang Anda punya.
  • Jual software tersebut melalui App Store yang sudah disesuaikan dengan sistem operasi itu sendiri.
  • Tawarkan versi trialnya pada website dan tawarkan juga lisensinya di sana.
  • Jual juga software dengan menggunakan sistem SaaS.
  • Menerima permintaan dalam membuat software secara khusus yang dipromosikan melalui website.

Terbukti bahwa ada banyak pembuat software yang berhasil menjual perangkat lunaknya hingga 100 trilyun rupiah.

4. Berjualan Tema dan Plugin Worpress

Berjualan-Tema-dan-Plugin-Worpress

Cara mendapatkan uang dari internet berikutnya yang juga bisa menjadi ide terbaik adalah berjualan tema serta plugin Worpress. Hal ini juga masih berhubungan dengan kemampuan coding yang potensial, dan bisa dipakai sebagai cara memperoleh penghasilan dari internet.

Tak hanya dari jasa pembuatan website saja tetapi Anda juga bisa berjualan tema dan juga plugin untuk website Worpress misalnya. Sesungguhnya, berjualan tema untuk wordpress keuntungannya bisa mencapai $1 juta. Tepatnya dari 1 marketplace saja.

Untuk mulai berjualan tema dan plugin tersebut maka ciptakan berbagai jenis tema serta plugin yang kekinian, banyak dicari, dan juga diperlukan oleh para pengguna.

Buat tema dan plugin yang kualitasnya bagus, lalu jual di website pribadi dengan menggunakan sistem premium.

Supaya jangkauan audiensnya lebih luas, maka bergabunglah di beberapa marketplace yang sudah ada misalnya di TemplateMonster atau bisa juga di ThemeForest. Setelah itu tingkatkan penjualan Anda dengan baik.

5. Tawarkan Keahlian di Bidang Desain Grafis

Tawarkan-Keahlian-di-Bidang-Desain-Grafis

Dalam mewujudkan suatu konsep sehingga tampilan secara visualnya bisa menjadi lebih menarik, memang tidak semudah kelihatannya. Maka diperlukan keahlian dari orang yang memang ahli di bidang desain grafis.

Khususnya untuk desain yang berkaitan dengan keperluan bisnis. Memiliki keahlian desain grafis akan menjadi salah satu cara mendapatkan uang dari internet yang bisa Anda tempuh.

Contohnya dengan berbagi pengetahuan di bidang desain grafis, melalui online course yang dimana pendapatannya bisa mencapai $2000 per bulannya. Cara lainnya yaitu dengan menjual desain atau karya Anda tersebut secara online.

Supaya prosesnya lebih cepat dan mudah sebaiknya Anda memiliki website yang di dalamnya terdapat portofolio dari desain-desain yang Anda buat.

Setelah memposting portofolio yang Anda punya di sana, tuliskanlah keahlian lain Anda di bagian About yang ada di website. Hal ini akan memudahkan klien untuk menghubungi Anda jika mereka memerlukan jasa desain grafis Anda.

6. Membuat Channel Youtube

Membuat-Channel-Youtube

Nominal penghasilan yang diperoleh para Youtuber memang mencapai angka yang fantastis. Misalnya saja pada Youtuber anak-anak yang berada di ranking pertama YouTube Top Earners, bisa menghasilkan $26 juta di tahun 2019 lalu.

Cara mendapatkan uang dari internet melalui platform Youtube juga bisa menjadi ide terbaik di zaman serba canggih saat ini. Banyak sekali ide dengan konten menarik untuk channel Youtube Anda.

Contohnya review produk makanan, fashion, minuman, mainan, alat kecantikan, tips dan tutorial seputar kecantikan, fashion dan sebagainya.

Setelah berhasil memiliki jumlah followers yang banyak maka Anda bisa bekerja sama dengan sponsorship yang namanya sudah besar. Penghasilan tambahan lainnya yang biasanya diperoleh dari Youtube adalah dari iklan dan influencer.

Menjadi seorang influencer mengenai sesuatu hal yang sedang tranding, juga akan membuat penghasilan Anda meningkat pesat.

Anda juga tidak perlu mengeluarkan modal dalam membuat channel Youtube, selama kontennya menarik Anda pasti bisa menarik perhatian viewer.

Jika channelnya sudah berkembang barulah Anda bisa menggunakan kamera dan microfon berkualitas, demi mendukung konten yang diunggah di sana.

7. Bergabung dengan Platform Survei Secara Online

Bergabung-dengan-Platform-Survei-Secara-Online

Langkah lainnya yang juga bisa menjadi ide menarik dalam memperoleh uang dari internet, bisa dengan cara bergabung dengan platform survey melalui online. Anda hanya perlu menjawab sejumlah pertanyaan yang mudah, maka bisa memperoleh tambahan dari sana.

Bergabung dengan survei online adalah salah satu cara terbaik dalam memperoleh uang di internet, terutama untuk pemula.

Hasilnya memang tidak sebesar dari penghasilan menjadi Youtuber, tetapi penghasilan dari platform survey online ini akan menambah uang saku Anda dengan cukup.

Semakin banyak juga perusahaan yang memerlukan survey, dalam meningkatkan kepuasan dari para pelanggannya serta memperoleh beragam data dalam hal pengembangan produk. Survey online ini akan tetap diperlukan oleh banyak orang.

Cobalah untuk bergabung dengan sejumlah platform seperti OpinionWorld, YouGov Indonesia, dan masih banyak lagi yang lainnya. Platform seperti Prize Rebel serta Survey Junkie dari luar negeri, juga memiliki pengguna yang cukup banyak.

8. Menjadi Seorang Tester Website

Menjadi-Seorang-Tester-Website

Pernahkah Anda mendengar tentang seseorang yang menjadi tester website? Cara ini juga bisa menjadi alternatif tepat dalam cara mendapatkan uang dari internet.

Tester website merupakan orang yang melakukan pengujian pada suatu website, baik sebelum website itu launch secara online ataupun hanya untuj tujuan pengembangan websitenya saja.

Banyak juga sejumlah platform yang mau membayar Anda dalam melakukan pengujian pada website tersebut. Misalnya seperti TryMyUI atau User Testing, yang dimana mereka juga memiliki klien-klien besar seperti Facebook, Adobe, dan Microsoft.

Rata-rata jumlah fee yang akan Anda peroleh dari pengujian website tersebut adalah $10. Apabila pengujiannya membutuhkan keahlian yang tinggi dan tak mudah maka bayarannya bisa mencapai $60.

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mendaftar pada salah satu platform yang ada, kemudian jalani tes. Anda hanya dapat memulai pengujian website jika sudah lolos pengujian dalam hal menguji kemampuan Anda.

9. Berjualan e-Book

Berjualan-e-Book

Cara mendapatkan uang dari internet yang lainnya adalah dengan berjualan e-Book atau buku elektronik. Memiliki keahlian serta kemampuan dalam menulis yang baik, akan membantu Anda dalam membuat e-Book sendiri kemudian menjual e-Book tersebut.

e-Book sudah semakin dikenal dengan jumlah penjualan yang terus meningkat. Banyak juga toko-toko konvensional yang menyediakan bubu-bubu berbasis digital di website resminya, seperti Gramedia misalnya.

Dari hasil penjulan e-Book di Amazon seorang penulis bisa memperoleh penghasilan mencapai $2000. Langkah yang harus Anda lakukan dalam berjualan e-Book meliputi hal berikut ini:

  • Tulis topik yang unik, beda, menarik, dan juga bermanfaat.
  • Kemudian buat juga cover buku yang menarik.
  • Ubah formatnya menjadi ePub, PDF, atau MOBI.
  • Jual e-Book tersebut di marketplace atau di website pribadi Anda.
  • Lakukan upaya promosi melalui media sosial.

10. Menjadi Seorang Sosial Media Influencer

Menjadi-Seorang-Sosial-Media-Influencer

Sesuai dengan namanya, influencer merupakan orang yang bisa memengaruhi masyarakat supaya mereka membeli produk dari reputasi ataupun keahliannya.

Dalam menjadi influencer di sosial media, maka hal itu juga bisa menjadi cara mendapatkan uang melalui internet dengan cara yang ampuh.

Dalam kenyantaannya, ada sekitar 80% perusahaan yang mau membayar influencer karena menurut mereka hal itu efektif dalam meningkatkan penjualan.

Apabila seseorang sudah sesuai dengan target pasar yang diinginkan, maka para pebisnis pun akan mengajak influencer ini untuk bekerja sama untuk memasarkan suatu produk. Setiap sosial media seperti Facebook atau Instagram mempunyai audiennya masing-masing.

Maka berapapun level influencer Anda sebaiknya jelilah dengan peluang dalam melihat platform yang tepat, untuk membantu mempromosikan produk tertentu. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan dalam menjadi influencer, yaitu:

  • Memilih topik yang khusus atau yang sedang trending saat ini.
  • Membagikan informasi yang relevan dan juga bermanfaat.
  • Membangun komunikasi yang baik dengan audiens.
  • Membangun reputasi secara online dengan baik.

11. Jual Beli Domain

Jual-Beli-Domain

Domain merupakan alamat dari suatu website yang fungsinya adalah sebagai identitas online suatu produk/perusahaan/pribadi. Khususnya untuk pengusaha/pebisnis, peran domain ini terbilang besar dalam hal branding.

Maka ada banyak perusahaan yang rela mengeluarkan uang yang banyak, untuk memperoleh domain yang ideal. Ada pula yang mengeluarkan uangnya sedikit saja untuk memanfaatkan promo pada domain.

Itulah yang sering kali dimanfaatkan untuk memperoleh keuntungan melalui bisnis jual beli domain flipping atau domain. Bahkan sebuah domain juga dapat dijual berkali lipat seperti yang ada pada voice.com.

Jual beli domain ini juga menjadi salah satu cara mendapatkan uang di internet yang mudah dan menjanjikan.

12. Mengikuti Kontes Desain Secara Online

Mengikuti-Kontes-Desain-Secara-Online

Memiliki kemampuan di bidang desain yang mumpuni dan bisa beradu skill dengan desainer yang lain, bisa dimanfaatkan dengan mengikuti kontes desain secara online di sejumlah platform.

Mengikuti kontes desain ini tidak hanya menunjukkan kualitas desain Anda dan menambah portofolio saja, tapi juga bisa menjadi sarana yang tepat dalam memperoleh uang.

Ada sejumlah website yang sering membuat kontes desain secara online tersebut, misalnya DesignCrowd, 99designs, dan juga LogoMyWay. Untuk bisa mengikuti suatu kontes, lakukan pendaftaran dahulu pada salah satu platform kemudian lampirkan portofolio.

Kemudian kirimkan karya yang sesuai dengan format yang diminta oleh tim pembuat kontes, lalu tunggu hasil penentuan pemenang di kontes tersebut. Tips mengikuti kontes desain supaya menang misalnya dengan cara berikut:

  • Kenali sejauh mana kekuatan skill Anda baik dalam desain 3D, flat desain dan sebagainya.
  • Baca persyaratan dan juga ketentuan dari kontes misalnya bagaimana format karya yang akan diikutsertakan dalam kontes, atau tenggat waktu pengirimannya.
  • Kenali bagaimana persaingan dalam setiap kontes yang diikuti.
  • Mengirim lebih dari 1 karya.

13. Menjadi Freelancer Data Entry

Menjadi-Freelancer-Data-Entry

Sesuai dengan nama pekerjaanya, data entry merupakan salah satu jenis pekerjaan yaitu memasukkan data pada sistem yang ada. Jenis pekerjaan yang berkaitan dengan data entry ini ada banyak. Dari yang metodenya sederhana sampai yang memerlukan keahlian khusus.

Misalnya captcha entry yang dimana nantinya Anda akan diminta untuk mengerjakan capctha yang ada di suatu website. Captcha entry ini bisa Anda jadikan pekerjaan sampingan, karena tidak diperlukan kualifikasi khusus dan bisa dilakukan oleh siapapun.

Caranya yaitu dengan bergabung pada salah satu platform lalu buat data entry sesuai dengan waktu yang Anda mau.

Dalam setiap 1000 captcha yang sudah dibuat, Anda akan memperoleh 1$ saja dan nantinya uang akan masuk pada akun PerfectMoney yang Anda daftarkan. Semakin banyak entry captcha yang Anda buat maka jumlah penghasilan Anda pun akan semakin banyak.

Pilih beberapa cara mendapatkan uang dari internet salah satu saja, dari sekian banyak jenis pekerjaan yang menghasilkan uang di internet yang sudah dijelaskan di atas. Pilih pekerjaan yang menjanjikan dan sesuai keahlian Anda.

 

Lihat Juga :