Janur Ingin Melatih Klub Lagi, Klub Manakah Tujuannya?


12920324_10153731845333409_3470928725309671023_n

Menimba ilmu di Italia, Jajang Nurjaman sudah tidak sabar untuk kembali menahkodai sebuah tim. Saat ini dengan pengetahuan serta pengalaman yang didapat dari klub Inter Milan, Janur percaya diri bisa membentuk sebuah klub yang tangguh. Bukan dari komposisi pemain melainkan dari taktik dan strategi yang dimainkan oleh pasukannya. Namun hal itu belum bisa terlaksana mengingat tidak lama lagi Janur akan kembali ke negeri pizza.

“Pasti gatal ingin segera menerapkan apa yang saya dapat dan saya yakin bisa. Sekarang saya makin pede soal taktikal yang karena cenderung sering follow up lihat mereka (Inter Milan) main,” ungkap pria yang membawa Persib berjaya saat menjadi pemain, asisten pelatih dan pelatih kepala ini di rumahnya, Kamis (14/4).

Menurutnya ilmu yang paling nempel di otaknya adalah soal taktik. Karena negara yang terkenal Cattenacio-nya tersebut memang paling handal dalam pendekatan taktik. Dia bahkan sangat memperhatikan setiap tim berlaga dan mengabadikan penempatan pemain ketika bertahan maupun menyerang dengan foto. Disana dia melakukan analisis bahwa setiap tim harus bermain sebagai unit di setiap kejadian.

“Saya lebih mengamati taktik baik ketika melakukan serangan atau membangun organisasi pertahanan. Sebuah tim bisa bertahan dengan jumlah 9 pemain dengan jarak antar pemain tidak sampai 30 meter di wilayah sendiri. Mereka sudah paham apa yang harus dilakukan,” ujarnya.

Organisasi permainan menjadi fokus penting yang menjadi perhatian Janur. Tidak hanya bagi pemain Eropa, Janur melihat setiap tim termasuk pemain di liga Indonesia bisa menerapkan hal yang serupa andai sudah terbiasa. Hanya saja faktor fisik pemain lokal secara genetik masih kalah dari pemain asing sehingga perlu latihan yang serius. Disamping kebutuhan akan fasilitas penunjang yang mumpuni.

Lanjut ke halaman selanjutnya >>


1
2
BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaJin Ifrit Curi Teknologi Dari Langit Hingga Memiliki Kekuatan yang Luar Biasa. Baca Ini dan Sebarkan!
Berita berikutnyaPerempuan Ini Menangis Karena Dimarahi Ahok