Tips Agar Kulit Terhindar dari Dampak Buruk AC


SURATKABAR.ID – Saat cuaca sedang panas dan terasa gerah, pendingin ruangan alias air conditioner (AC) selalu menjadi solusi praktis yang menyejukkan. Berada di ruangan ber-AC dan minum minuman dingin ibarat adalah oase di tengah cuaca panas terik di luar ruang. Namun, perlu diingat bahwa perubahan suhu udara secara ekstrem juga dapat membawa pengaruh pada kulit.

Ditukil dari laman CNNIndonesia.com, Selasa (18/09/2018), prinsip kerja AC adalah membuang kelembaban pada udara, salah satunya yang akan berdampak pada kulit. Hal itu rentan membuat kulit kering dan gatal.

Yang lebih parah lagi, paparan AC juga bisa memicu iritasi atau gangguan kulit seperti eksim, psoriasis (peradangan kulit), dan rosacea (kondisi kemerahan atau benjolan pada kulit wajah).

Meski begitu, Anda tak perlu khawatir. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kulit agar terhindar dari dampak buruk AC.

  1. Jaga asupan air

Udara dingin AC sering membuat orang malas minum. Padahal, menjaga tubuh agar tetap terhidrasi selama berada di ruangan adalah penting. Minimalnya, tubuh perlu mendapat asupan air sebanyak delapan gelas per hari.

Baca juga: Mudah Dibuat di Rumah, Ini Dia 12 Kreasi Resep Infused Water Segar dan Sehat

Jika bosan, Anda dapat mengakalinya dengan mengonsumsi infused water atau air putih yang diberi potongan buah dan sayur. Jus buah tanpa gula dan air kelapa juga ampuh menambah asupan cairan tubuh.

  1. Siapkan facial mist

Seperti diketahui, kulit wajah lebih sensitif terhadap perubahan suhu udara. Tak ada salahnya jika Anda menyimpan semprotan wajah atau facial mist di meja kerja.

Selain itu, Anda juga bisa mengaplikasikan minyak wajah atau face oil. Untuk menghindari minyak berlebih, face oil dapat digunakan dengan menuangkannya pada kapas dan aplikasikan secara lembut pada wajah.

  1. Hindari penggunaan produk perawatan kulit beraroma kuat

Demi tubuh wangi seharian, seseorang cenderung memilih produk perawatan kulit dengan aroma favorit. Padahal, penggunaan produk beraroma kuat tak baik bagi kulit saat seharian berada di ruangan AC. Akan lebih baik jika Anda menggunakan produk tanpa wewangian atau yang beraroma sedang.

  1. Ambil jeda keluar ruangan

Dampak buruk AC dapat dicegah dengan cara keluar ruangan secara rutin. Pekerja kantor dapat mengambil jeda dengan memanfaatkan waktu makan siang di luar. Kulit akan cepat beradaptasi dengan udara luar ruangan.

  1. Gunakan humidifier

Udara kering juga kerap menjadi lingkungan yang malah mendukung berkembangnya bakteri. Guna menangkalnya, Anda bisa menggunakan humidifier, sebuah alat yang mampu menangkal virus dan debu penyebab alergi.