Wow! Inilah Fakta-Fakta Terkait Pemicu Retaknya Rumah Tangga Sule


     

    SURATKABAR.IDMelalui kuasa hukumnya, pada 26 April lalu, Lina, istri dari komedian sekaligus presenter Entis Sutisna alias Sule melayangkan gugatan cerai ke Pengadilan Agama Cimahi, Bandung, Jawa Barat. Kehidupan rumah tangga Sule pun praktis kini berada di ujung tanduk. Meski Meski kabar perceraian mereka sudah diketahui publik, namun baik Sule maupun Lina sama-sama belum buka suara terkait permasalahan itu.

    Bahkan saat awak pers mencoba mendatangi kediaman Lina di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, ibu empat anak ini menolak untuk diwawancara. Sebaliknya, Lina menyerahkan semuanya kepada Abdurrahman T. Pratomo selaku kuasa hukumnya.

    Mengutip laporan Kumparan.com, Kamis (23/08/2018), apa saja fakta-fakta terkait pemicu retaknya rumah tangga Sule? Berikut rinciannya.

    1. Sule tak mengubah perilaku buruknya

    Menurut kuasa hukum Lina, kliennya memilih menggugat cerai pria yang menikahinya sejak tahun 1998 itu karena Sule tak pernah mengubah perilaku buruknya. Kendati berulang kali meminta maaf, tapi Sule selalu kembali melakukan kesalahan yang sama.

    Baca juga: Kisah Jatuh Bangunnya Anggun C Sasmi Rintis Karier di Belantika Musik Internasional

    “Sering terjadi ketidakcocokan tapi kemudian damai lagi. Sule janji akan mengubah tabiatnya, perilakunya. Dimaafkan, ngumpul lagi bareng, tapi ya terus aja berulang lagi seperti itu,” tutur Abdurrahman saat dihubungi melalui sambungan telepon, Kamis (10/05/2018) lalu.

    Hanya saja Abdurrahman tak mau menjelaskan secara detail perilaku buruk apa yang kerap dilakukan Sule.

    “Itu kan artinya saya membuka aib ya,” ujarnya.

    1. Istri tak dilibatkan dalam pengambilan keputusan

    Rupanya, percekcokan yang terjadi antara Sule dan Lina sudah sering terjadi berulang kali. Salah satu hal yang akhirnya membuat Lina tak kuat lagi mempertahankan rumah tangganya adalah karena Sule kerap mengambil keputusan seorang diri.

    Misalnya, saat Sule hendak membeli sebuah motor besar yang saat ini diketahui telah ia jual.

    “Ya, salah satunya itulah. Jadi dalam mengambil keputusan tidak melibatkan istri. Dalam hal apa pun ya, keputusan selalu diambil sendiri jadi istri tidak dilibatkan untuk mengambil keputusan bersama atau tidak pernah dimintai pendapat,” papar Abdurrahman.

    “Termasuk misalnya kalau ada acara ke sana kemari tidak pernah memberi tahu, bahkan kadang tahunya ada acara ke sana-ke sini dari temannya Sule,” imbuhnya.

    1. Sudah pisah ranjang dan pisah rumah selama 3 bulan

    Sebelum akhirnya melayangkan gugatan cerai, ternyata Lina sudah lebih dulu memilih untuk angkat kaki dari kediaman mereka di kawasan Bekasi dan kembali pulang ke Bandung. Hanya saja demi menjaga nama baik sang suami, Lina masih sempat untuk tampil bersama sang suami di hari ulang tahun Sule dan memberikan kejutan.

    “(Lina) Sudah enggak tinggal di Bekasi cukup lama. Sekitar bulan Desember akhir. Yang pasti sudah pisah ranjang dan pisah rumah, ini menginjak bulan ketiga. Sebelum itu, mereka saat ulang tahun mencoba tampil ke publik, ya menghormati suami kan. Menjaga privasi,” bebernya.

    Meski keduanya sudah pisah rumah, anak-anak mereka tetap tinggal bersama Sule di Bekasi, sedangkan Lina hanya tinggal berdua dengan ibunya di Kabupaten Bandung.

    “Makanya Lina mau memperjuangkan hak asuh anak, diambil itu supaya mereka ikut ibunya. Supaya mengasuh supaya dapat bimbingan,” lanjutnya.

    1. Bungkam soal dugaan istri siri Sule

    Di tengah kabar perceraian yang menghebohkan, muncul juga dugaan hadirnya orang ketiga yang disebut-sebut sebagai penghancur rumah tangga Sule dan Lina. Bahkan kabarnya Sule telah melakukan pernikahan siri.

    Hal ini dikaitkan dengan isu perceraian Sule yang pernah terjadi pada tahun 2012. Saat itu, Sule diduga punya wanita idaman lain. Hanya saja Sule membantah dan mengatakan hubungan mereka baik-baik saja.

    Hingga akhirnya di April 2018, Lina benar-benar menggugat cerai. Lantas benarkah isu pernikahan siri yang dilakukan oleh Sule?

    “Khusus untuk hal itu saya enggak akan komentar karena sudah terlalu masuk pada pokok perkara. Inti dari semua persoalan itu ketidakcocokan yang selama ini sudah cukup lama terakumulasi sampai akhirnya Lina membulatkan tekad memasukkan perceraian ke Pengadilan Agama Cimahi Bandung,” tegas Abdurrahman.

    1. Awalnya anak-anak tidak terima perceraian Sule dan Lina

    Keputusan Lina untuk bercerai dari Sule rupanya tak hanya mengejutkan banyak pihak. Keempat anak mereka pun mengaku kaget, bahkan awalnya mereka sama sekali tak menerima keputusan sang ibu.

    “Tadinya sih enggak mau terima, tapi akhirnya mereka mau terima dan mengerti posisi ibunya. Saya tanya ibu Lina, gimana anak-anak, katanya sudah disampaikan pelan-pelan,” kata Abdurrahman.

    Bahkan Rizky Febian, selaku anak pertama akhirnya juga mencoba ikhlas menerima keputusan Lina usai diajak berdiskusi.

    “Komunikasi sama anak yang gede itu memang intens. Ibu dan anak ini selalu berkomunikasi,” tegasnya.

    Lantas dengan anak-anak tinggal bersama Sule, apakah itu menjadi pilihan mereka?

    “Ya, saya rasa itu bukan pilihan sih. Penginnya sih pasti hidup bersama kedua orang tuanya ya. Tapi kan begitu, ini ibunya memang sudah merasa enggak cocok dan udah izin ke bandung dan diizinkan, tapi kemudian posisi anak-anak masih di Bekasi dan setelah di Bandung ada keributan. Akhirnya ibu Lina enggak berani pulang ke Bekasi,” pungkasnya.