Pahami Arti Centang Biru di IG dan Cara Mendapatkannya

Semua orang pengguna dari Instagram pastinya berharap mempunyai jumlah follower yang banyak. Terlebih lagi jika akun yang sudah diverifikasi maupun mendapat centang biru. Lalu apa arti centang biru di IG?

Ternyata Instagram tidaknya dijadikan sebagai ajang untuk pamer foto atau video terbaik Anda saja. Namun ternyata Instagram juga bisa dijadikan sebagai ladang bisnis yang bisa menghasilkan keuntungan berupa uang. Bahkan membuat Anda menjadi terkenal yang seringkali disebut sebagai selebgram.

Arti Centang Biru Di IG

Arti-Centang-Biru-Di-IG

Dengan adanya centang biru di akun Instagram Anda maka bisa memperoleh pengikut dengan lebih mudah. Hal ini dikarenakan Anda sudah dianggap mempunyai peran yang cukup besar dalam hal mempengaruhi seseorang agar bisa mengikuti akun Instagram yang sudah Anda miliki.

Jika Anda sudah memperoleh centang biru tersebut maka hal ini berarti bahwa Instagram sudah melakukan peninjauan di akun Instagram yang Anda miliki. Bahkan dinilai layak untuk diberikan Lencana Verifikasi.

Untuk akun Instagram yang mempunyai centang biru maka dapat memastikan bahwa Akun tersebut asli dan pengguna Instagram tidak akan tertipu. Ada banyak manfaat jika akun Instagram sudah mempunyai centang biru.

Salah satunya yaitu dapat meningkatkan kepercayaan bagi pengguna Instagram agar mengikuti akun yang mempunyai rencana verifikasi tersebut. Hal inilah yang membuat Anda dapat menggunakan akun tersebut untuk melakukan hal-hal yang positif.

Contohnya saja mengajak para pengikutnya melakukan sesuatu, menjalankan sebuah bisnis dan masih banyak hal lagi. Apabila sedang memperoleh kesempatan centang biru, maka pastikan bahwa unggahan konten yang Anda upload ke Instagram adalah konten yang menarik bagi pengguna lain.

Tujuannya yaitu supaya bisa melihat maupun mengikuti akun Instagram yang Anda miliki tersebut. Dengan cara inilah Anda dapat memperoleh banyak pengikut dan dikenal sampai bisa memperoleh Lencana Verifikasi tersebut.

Selain membuat caption yang menarik, jangan lupa juga untuk membuat caption yang baik juga. Tanda centang biru memang sangatlah penting untuk dijadikan sebagai verifikasi akun Instagram yang sebenarnya, bahkan juga menjadi simbol status.

Syarat Memperoleh Lencana Verifikasi IG

Syarat-Memperoleh-Lencana-Verifikasi-IG

Jika akun Instagram sudah memperoleh lencana biru maka hal ini sudah dipastikan bahwa pengguna Instagram tersebut adalah orang yang terkenal. Sehingga itulah alasan mengapa Instagram diverifikasi sebagai pencapaian utama pada akun yang dimilikinya.

Alasan inilah yang membuat para pengguna Instagram, khususnya bagi para pelaku bisnis berusaha keras untuk bisa memperoleh Lencana Verifikasi dan centang biru pada Instagram.

Agar memperoleh Lencana Verifikasi Instagram atau centang biru maka ada beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi pada suatu akun Instagram. Beberapa persyaratan yang dimaksud yaitu seperti berikut:

1. Terkenal

Terkenal yang dimaksud disini yaitu gambaran bahwa akun yang Anda daftarkan tersebut memang tergolong sebagai akun yang cukup terkenal. Hal ini bisa dilihat dari segi jumlah follower yang Anda miliki.

Semakin banyak pengikut atau follower maka akan semakin terkenal pula diri Anda sebagai pengguna Instagram. Namun pihak dari instagram tidak menetapkan berapa jumlah follower yang ditetapkan.

2. Memenuhi Kelengkapan

Syarat kedua yaitu harus memenuhi kelengkapan, kelengkapan yang dimaksud disini yaitu seperti foto profile, biodata, postingan minimal terdapat satu postingan yang memang tidak boleh di private.

3. Mempunyai Keunikan Tersendiri

Sebagai pengguna Instagram pastinya harus mempunyai ciri khas atau keunikan tersendiri yang berbeda dari pengguna Instagram yang lainnya. Di sinilah yang menjadi penilaian tersendiri bagi Instagram untuk menentukan apakah Anda berhak menerima Lencana verifikasi atau tidak.

Keunikan yang harus Anda pahami yaitu bahwa akun yang sudah Anda daftarkan tersebut bisa mewakili orang atau bisnis hanya dalam satu akun saja dan dari beberapa yang dapat diverifikasi.

4. Bersifat Autentik

Agar lebih mudah mendapatkan Lencana Verifikasi di Instagram maka Akun tersebut harus bersifat autentik. Artinya akun yang sudah Anda daftarkan tersebut benar-benar mewakili bisnis seseorang atau entitas lain yang benar-benar ada atau nyata.

Langkah Mudah Untuk Memperoleh Lencana Verifikasi Instagram

Langkah-Mudah-Untuk-Memperoleh-Lencana-Verifikasi-Instagram

Jika sudah mengetahui apa arti centang biru di IG maka langkah selanjutnya yaitu dengan mengetahui langkah bagaimana agar bisa memperoleh Lencana Verifikasi di Instagram tersebut.

Jika sekiranya sudah memenuhi persyaratan yang ditentukan seperti penjelasan diatas maka kini saatnya Anda mewujudkannya. Meskipun tidak mudah untuk melakukannya, namun setidaknya Anda bisa berusaha dan mengikuti beberapa langkah berikut di antaranya:

  • pertama silahkan masuk ke badan profile akun instagram untuk melakukan verifikasi.
  • Tekan bagian icon garis tiga yang letaknya ada di pojok atas kanan.
  • Setelah itu cari menu setting.
  • Jika sudah menemukannya maka pilih menu account.
  • Jika sudah maka Anda akan diminta untuk melakukan pengisian beberapa data. Data yang dimaksud yaitu seperti foto peserta, nama asli, untuk dijadikan sebagai bukti kepemilikan akun.
  • Pastikan terlebih dahulu bahwa kelengkapan dari pengisian seluruh informasi yang berhubungan dengan profil instagram sudah benar dan tepat.
  • Apabila beberapa langkah yang ada di atas sudah terselesaikan, kini saatnya Anda menunggu beberapa waktu.
  • Pihak dari instagram akan memproses serta meninjau seluruh data yang Anda kirimkan untuk bisa disesuaikan dengan informasi yang terdapat di lapangan.
  • Setengah itu akan ada hasil yang mana hasil tersebut menunjukkan permohonan pengajuan apakah verifikasi sudah disetujui atau belum.
  • Apabila pengajuan ditolak akibat persyaratan tidak terpenuhi maka Anda dapat mengajukan ulang selang dari 30 hari selanjutnya.

Bagaimana Jika Sudah Mempunyai Rencana Verifikasi

Bagaimana-Jika-Sudah-Mempunyai-Rencana-Verifikasi

Pada saat pengajuan untuk memperoleh Lencana Verifikasi telah disetujui oleh instagram, maka Anda jangan langsung senang dulu. Melainkan masih ada beberapa ketentuan lain yang wajib untuk dilakukan. Anda harus benar-benar memahami dengan baik bagaimana ketentuan yang sudah diberlakukan.

Bagi Anda yang sudah memperoleh Lencana verifikasi maka tidak boleh melakukan beberapa hal seperti berikut:

  • Melakukan verifikasi akun dengan cara melalui pihak ketiga.
  • Menggunakan biodata, foto profile atau nama yang ditujukan untuk melakukan promosi layanan lain.
  • Menjual, mengiklankan, maupun mentransfer Lencana verifikasi.

Apabila beberapa hal di atas Anda lakukan maka rencana verifikasi yang sudah Anda peroleh tersebut akan dicabut sewaktu-waktu. Dengan mematuhi ketentuan yang sudah diminta oleh Instagram maka Anda dapat memperoleh manfaat.

Cara yang bisa dilakukan untuk memanfaatkan serta memaksimalkan akun instagram yang sudah memperoleh centang biru yaitu dengan melakukan beberapa kegiatan yang positif dan bisa berguna bagi orang lain.

Siapa Yang Bisa Memperoleh Centang Biru Di Ig?

Sebelumnya Anda harus mengetahui bahwa Lencana Verifikasi yang berupa centang biru di akun Instagram adalah lambang yang bisa membantu pada setiap pengguna Instagram agar bisa menemukan akun-akun lainnya.

Misalnya seperti selebriti, Instagram tokoh masyarakat, selebgram atau merek resmi yang dikenal. Keberadaannya Lencana Verifikasi itu sendiri berbentuk centang biru yang ada di sebelah kanan dari nama akun Instagram.

1. Selebriti

Selebriti

Deretan akun artis hampir sebagian besar sudah memverifikasi akun Instagramnya dengan tujuan untuk memperoleh centang biru. Selebriti memang menjadi tokoh terkenal yang perlu memverifikasi akun Instagramnya supaya memudahkan para fans maupun penggemarnya mencari akun aslinya tersebut.

Mengingat banyaknya akun fake yang seringkali meniru selebriti. Dengan kemunculan centang biru tersebutlah yang bisa menghindari para oknum nakal yang hendak membuat akun palsu atau memanfaatkan sebuah keuntungan pribadi.

2. Atlet dan Seniman

Atlet-dan-Seniman

Selain selebriti, ternyata seniman dan atlet juga bisa memperoleh centang biru pada akun Instagram. Mereka mempunyai peluang yang besar agar bisa memperoleh Lencana verifikasi atau centang biru. Namun diberlakukan syarat, yaitu harus menjadi salah satu dari atlet ataupun seniman ternama.

Contohnya seperti Jonatan Christie sebagai atlet badminton populer di negara Indonesia. Dirinya sudah berhasil memperoleh verifikasi di akun pribadinya.

3. Pemerintahan Atau Tokoh Masyarakat

Pemerintahan-Atau-Tokoh-Masyarakat

Pihak selanjutnya yang berkesempatan untuk memperoleh centang biru pada Instagram yaitu pemerintahan atau tokoh masyarakat. Tokoh pemerintahan yang dimaksud yaitu seperti presiden maupun jajarannya ke bawah.

Tujuannya yaitu supaya para tokoh dapat terhindarkan dari adanya pemalsuan akun. Dengan begitu para masyarakat pun juga tidak akan tertipu dengan akun fake yang sering kali menyebarkan berita hoax.

4. Akun Hits

Akun-Hits

Untuk bisa menjadi seorang selebgram dengan akun yang hits memang dapat dikatakan susah-susah gampang. Anda dapat membuat sebuah akun Instagram yang menarik. Hal ini bisa dilihat dari segi konten-kontennya yang diminati banyak orang. Intinya akun tersebut sering kali dibicarakan di publik.

5. Akun Dengan Follower Like Cepat

Akun-Dengan-Follower-Like-Cepat

Pada biasanya akun yang mempunyai lonjakan follower maupun like cepat dapat dialami oleh kontestan pencarian bakat. Memang banyak orang yang sengaja mencari akun Instagram mereka sebagai stalking maupun turut mengikutinya.

Dengan hal ini maka pemilik dari akun tersebut bisa mempunyai peluang agar dapat memperoleh centang biru.

6. Selebgram

selebgram

Untuk saat ini memang banyak sekali kemunculan para figur atau seringkali disebut sebagai selebgram, yaitu orang yang populer dikalangan Instagram. Ternyata mereka juga mempunyai kesempatan yang besar agar bisa memperoleh centang biru.

Dengan adanya centang biru maka bisa terhindarkan dari akun fake atau penipuan yang cukup merugikan bagi selebgram.

Apabila Anda mempunyai akun Instagram dan ternyata banyak diduplikasi oleh orang lain maka hal ini justru menjadi kesempatan bagi Anda untuk memperoleh kemudahan saat diverifikasi dan memperoleh centang biru.

Alasannya karena akun pribadi yang banyak diduplikasi oleh pihak lain justru akan menimbulkan kerugian maupun memberikan keuntungan dari pihak akun palsu.

Manfaat Memperoleh Centang Biru di Instagram

Manfaat-Memperoleh-Centang-Biru-di-Instagram

Memang tidak sedikit dari para masyarakat yang berusaha keras supaya bisa memperoleh centang biru di instagram-nya. Ternyata hal ini dikarenakan beberapa manfaat yang bisa dirasakan oleh pemilik Instagram dengan centang biru, di antaranya:

1. Sudah Dikonfirmasi Media Sosial Instagram

Keuntungan pertama bagi pemilik Instagram centang biru yaitu mempunyai profile yang membuat pengguna Instagram lain percaya bahwa profil tersebut adalah resmi maupun merek yang dimilikinya terjamin. Tentu ini sangatlah berguna bagi orang yang mempunyai bisnis.

Berguna juga untuk orang yang terkenal supaya dapat memberikan informasi bahwa akun tersebut bukanlah akun palsu.

2. Instagram Telah Memverifikasi

Pengguna IG bisa memastikan pengalaman berselancar di Instagram tetaplah otentik. Sementara Instagram pun juga dapat menjadi platform untuk seseorang yang seringkali berpura-pura menjadi orang lain. Untuk itu disarankan supaya perusahaan mempunyai Lencana verifikasi.

3. Tidak Sembarang Orang Bisa Memilikinya

Tidak semua pengguna Instagram bisa berkesempatan memperoleh centang biru. Namun hanya ada beberapa akun yang mempunyai kemungkinan tinggi agar bisa memperoleh centang biru di Instagram. Meskipun mereka mempunyai Lencana yang sudah diverifikasi pada akun Facebook.

Namun mereka belum tentu mempunyai rencana verifikasi di Instagram.Tidak ada salahnya jika Anda tetap mengajukan lencana verifikasi untuk ig.

4. Dapat Menjadi Kepercayaan Publik

Apabila suatu saat nanti Anda akan memposting sesuatu yang ada di IG dengan centang biru maka pihak dari publik akan merasa lebih percaya. Hal ini sebenarnya mempunyai tujuan dari seseorang yang mengajukan verifikasi akun.

Hal ini seperti saat ini bahwa akun kloning memang ada banyak sekali. Pihak dari publik yang berperan sebagai pemirsa merasa kesulitan pada saat harus mempercayai satu akun saja. Sebab itulah apabila terdapat centang biru maka sebagai pemirsa tidak perlu ragu dan mencari akun lain yang lebih otentik.

5. Meningkatkan Konversi Bisnis

Manfaat lain yang bisa diperoleh apabila Anda sudah memperoleh IG dengan centang biru yaitu tidak hanya para publik figur saja. Namun para pelaku bisnis pun juga merasakan manfaatnya, termasuk jasa atau produk yang ditawarkan pada suatu perusahaan dapat diandalkan.

Pihak dari konsumen pun tidak akan merasa ragu pada saat ingin membeli jasa atau produk tersebut. Manfaat inilah yang menjadikan konversi penjualan semakin meningkat cukup pesat dapat dijadikan sebagai endorse atau bisnis pribadi.

Pada biasanya pemasangan iklan harus memilih akun yang telah bercentang biru. Alasannya karena IG dengan centang biru sudah mempunyai trafik yang stabil, sehingga dapat diandalkan. Tentunya Anda harus pandai untuk melihat peluang ini agar bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Sedangkan biaya endorse pada suatu akun cukuplah mahal. Terlebih lagi jika mempunyai jumlah pengikut yang tidak sedikit. Untuk itu manfaatkan kesempatan ini untuk dijadikan sebagai ladang penghasilan tanpa harus mengeluarkan banyak modal.

Cara Setting Pengajuan Centang Biru di Instagram

Cara-Setting-Pengajuan-Centang-Biru-di-Instagram

Untuk semua orang pastinya berkeinginan untuk mengajukan centang biru pada pihak Facebook, karena pihak Facebook adalah pemilik Instagram untuk saat ini. Jika sekiranya persyaratan yang ada di atas sudah Anda penuhi, kini saatnya mengikuti beberapa langkah berikut:

  • Pada langkah pertama Anda diminta untuk masuk ke bagian profile akun yang ingin diverifikasi di bagian pojok kanan atas.
  • Silahkan tekan icon hamburger berupa 3 garis.
  • Lalu pilih
  • Untuk langkah berikutnya silahkan memilih request verification dan klik menu tersebut.
  • Selanjutnya Anda diminta untuk melakukan verifikasi akun caranya dengan mengisi beberapa data penting yang diminta di antaranya seperti kartu identitas KTP, SIM atau Surat Izin Mengemudi, NPWP, pasport dan yang lainnya.
  • Apabila kelengkapan data yang diminta sudah dimasukkan sesuai dengan data yang sesungguhnya maka Anda bisa mengikuti langkah berikutnya yaitu menunggu proses approval.
  • Untuk proses ini cukup memakan waktu yang lama. Namun tergantung dari segi syarat yang diajukan. Untuk akun bisnis pada biasanya syarat yang diberikan jauh lebih lengkap dan banyak dibandingkan dengan akun biasa.

 

Sederhananya arti centang biru di IG yaitu sebagai tanda bahwa akun tersebut sudah terverifikasi. Tidak hanya digunakan untuk meningkatkan branding, namun juga bisa mengkonversi maupun trust dari publik konsumen yang dimiliki.

 

Lihat Juga :