17 Aplikasi Remote AC Android & iOS Universal Semua Merk


Remote AC atau remote TV biasanya mendadak hilang saat kita sedang membutuhkannya. Bahkan mencarinya di mana-mana entah kenapa mendadak sulit. Untuk menghindari hal itu Anda bisa menggunakan aplikasi remote AC, yang menjadi alternatif jika remote tidak ditemukan.

Pemakaian AC di ruangan tentu akan sangat membantu Anda saat sedang kepanasan. Untuk itu, remote AC sangat diperlukan untuk mengatur suhu ruangannya. Namun sekarang sudah ada aplikasi khusus untuk remote AC jika remote rusak, hilang, atau entah ada di mana.

Rekomendasi Aplikasi Remote AC Terbaik dan untuk Smartphone Android

Kondisi ruangan yang panas tentu membuat kita tidak nyaman saat melakukan aktivitas di dalamnya. AC akan membuat hawa atau udara di ruangan menjadi dingin dan sejuk. Tapi bagaimana jika remote AC tak tahu ada di mana dan Anda mulai kepanasan atau bahkan kedinginan?

Gunakan aplikasi remote AC berikut ini, sebagai alternatif pengganti remote yang biasa Anda gunakan:

1. Mi Remote Controller

Mi-Remote-Controller

Aplikasi pertama yang bisa Anda gunakan sebagai pengganti remote AC adalah Mi Remote Controller. Aplikasi ini sudah ada sejak dulu, dan sejak diluncurkan pertama kali oleh Xiaomi Inc maka aplikasi tersebut sudah sangat populer dan banyak digunakan.

Pengaturan yang mudah pada aplikasi tersebut dan juga tampilannya yang clean dan juga pemahamannya mudah, menjadi keunggulan dari aplikasi  Mi Remote Controller itu sendiri.

Aplikasi yang satu ini juga mampu mengatur bagian device yang lainnya, seperti misalnya televisi, proyektor, kamera, dan sebagainya. Jika Anda tidak menggunakan Smartphone Xiaomi maka tak usah khawatir, karena aplikasi ini tak hanya dirilis di HP Xiaomi saja.

Beberapa brand Smartphone lainnya seperti misalnya Samsung dan Huawei juga bisa mensupport aplikasi ini.

2. Sure

Sure

Aplikasi berikutnya yang juga cocok digunakan untuk mengatur suhu pada AC adalah Sure. Aplikasi ini bisa dipakai di beberapa brand atau tipe Smartphone lainnya, terutama untuk tipe Smartphone yang tak punya infrared yang tertanam pada Smartphone tersebut.

Dukungan tersebut disebut dengan Wifi-to-IR converter yang dimana penjualannya dilakukan terpisah dari aplikasi. Untuk beberapa tipe dan merk AC tertentu dapat diatur dengan menggunakan perangkat suara, jika Anda mendownload aplikasi Sure tersebut.

Perangkat lainnya yang juga bisa diakses dengan aplikasi Sure adalah DVD Player, TV, dan sebagainya. Ukuran atau kapasitas dari aplikasi Sure hanya 37 MB saja.

3. AnyMote Universal Remote

AnyMote-Universal-Remote

Bagi Anda yang punya banyak barang-barang yang disebut dengan smart device, maka aplikasi AnyMote Universal Remote ini bisa digunakan. Aplikasi AnyMote akan menjadi pilihan tepat untuk membuat Smartphone menjadi remote di beberapa device termasuk AC.

Aplikasi yang dinamakan dengan AnyMote Universal Remote tersebut menjadi aplikasi yang terbaik, karena telah mensupport perangkat pintar dalam jumlah lebih dari 900 perangkat. Jumlah yang fantastis ini masih akan terus bertambah dan berkembang.

Aplikasi remote AC yang satu ini mampu bekerja dengan baik khususnya untuk tipe Smartphone Samsung Galaxy S4 – S6 dan Smartphone HTC.

Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk perangkat pintar yang lainnya misalnya televisi, kamera, pemutar video, dan jenis-jenis smart device yang lainnya. Unduh aplikasi secara gratis di Appstore atau Playstore.

Jika ingin mendapat fitur yang lengkap kamu bisa menggunakan fitur aplikasi yang berbayar. Fitur yang ada di dalam aplikasinya meliputi perintah suara, modifikasi untuk tata latak icon, perubahan warna, tata letak tombol, teks, dan sebagainya.

4. Google Home

Google-Home

Pilihan lainnya pada aplikasi untuk remote AC yang berikutnya adalah Google Home. Untuk menggunakan aplikasi ini pada televisi maka Anda harus mempunyai perangkat yang khusus yang dinamakan dengan Chromecast.

Pada perangkat serta aplikasi itu, Anda juga bisa merubah channel TV, melakukan strea*ing Netflix dan juga Youtube. Pengaturan lainnya yang bisa dilakukan dengan Google Home adalah pengaturan volume serta memplay atau pause seluruh siaran yang ada di TV.

Aplikasi Google Home tak hanya dipakai untuk perangkat dengan sistem operasi Android saja tapi bisa juga digunakan pada sistem operasi Ipad atau Iphone. Selain itu, Anda juga bisa melakukan pencarian pada film, acara TV atau aktor yang disukai dengan aplikasi ini.

Aplikasi yang secara resmi dibuat oleh Google Inc ini sangat populer dan sudah diunduh sebanyak lebih dari 50 juta kali, oleh para pengguna Google yang ada di seluruh dunia.

5. Smart IR Remote

Smart-IR-Remote

Aplikasi remote TV yang direkomendasikan untuk Anda berikutnya adalah Smart IR Remote. Aplikasi yang satu ini termasuk jenis aplikasin universal yang mampu menstimulasikan seluruh jenis remote, yang memakai perintah infrared.

Remote pintar ini tak hanya bisa diaplikasikan untuk merubah channel TV dan AC saja tapi juga bisa dipakai untuk perangkat yang lainnya, seperti misalnya DVD Player, kamera DSLR, Set Top Box, BlueRay, dan sebagainya.

Namun sayangnya aplikasi yang dinamakan dengan Smart IR Remote tersebut hanya bisa digunakan di HP Samsung dan HTC saja. Sedangkan pada merk Smartphone yang lainnya seperti Xiaomi, Asus, Vivo, Nokia, Huawei, dan sebagainya belum support.

Aplikasi yang satu ini dibuat oleh Color Tiger dan sudah memperoleh tanggapan yang positif, dari sejumlah pengguna Android di seluruh dunia. Aplikasi Smart IR Remote ini juga adalah aplikasi berbayar, dengan harga Rp.91.000,-.

Namun harganya tentu sangat sebanding dengan sejumlah fitur canggih yang ada di dalamnya. Pilihan fitur yang ada di aplikasi Smart IR Remote diantaranya yaitu:

  • Support gestures.
  • Record remotes.
  • Mute/pause untuk TV secara otomatis atau untuk media yang lainnya pada saat ada telepon masuk.
  • Bakcup and restore
  • Support macros untuk melakukan eksekusi dengan beberapa jumlah perintah sekaligus dan memakai 1 tombol.
  • Support floating remote
  • Support widgets

6. Peel Universal Smart TV Remote Control

Peel-Universal-Smart-TV-Remote-Control

Aplikasi yang juga bisa kamu pakai sebagai pengganti untuk remote AC adalah Peel Universal Smart TV Remote Control. Hampir seluruh perangkat dari Android kompatibel atau bisa digunakan dengan menggunakan aplikasi Peel Universal tersebut.

Banyak juga merk-merk terbaik dari Smart TV yang mampu dikendalikan dengan menggunakan aplikasi Peel Universal Smart TV Remote Control tersebut.

Aplikasi yang dikembangkan oleh eel Technologies Inc juga bisa mengendalikan jenis perangkat yang lainnya, misalnya DVD Player, sistem audio, AC, dan sebagainya.

Maka saat Anda kehilangan remote AC, TV, atau DVD sekaligus maka Anda bisa menggunakan aplikasi ini saja. Aplikasinya juga bisa diunduh gratis melalui Playstore bagi pengguna Android.

7. ZaZa Remote

ZaZa-Remote

Aplikasi yang bisa menggantikan remote AC berikutnya yang juga direkomendasikan pada Anda adalah ZaZa Remote. Aplikasi ini kompatibel dengan Smartphone yang bermerk Samsung, Huawei, Xiaomi, Lenovo, Oppo, TCL, HCL, dan sebagainya.

Kelebihan dari aplikasi ZaZa Remote selain mengganti remote AC juga bisa menjadi pengganti remote TV. Jika Smartphone yang Anda gunakan saat ini tidak support dengan aplikasi tersebut.

Maka Anda tetap bisa mengunduhnya tapi dengan bantuan aksesoris yang berada di dalam aplikasi, yang dinamakan dengan One Remote Accessory.

Tak hanya AC dan TV saja, tapi Anda juga bisa menggunakan aplikasi tersebut sebagai remote untuk kipas angin, lampu, proyektor, dan sebagainya.

8. ASmart Remote IR

ASmart-Remote-IR

Masih ada lagi rekomendasi untuk aplikasi remote AC yang juga terpercaya, yaitu ASmart Remote IR. Aplikasi ini sangat cocok untuk Anda yang kebingungan dengan banyaknya tombol di aplikasi, yang tidak dipahami apa fungsinya untuk AC atau TV Anda.

Aplikasi ASmart Remote IR ini memiliki tampilan yang sederhana sehingga mudah dipahami dan cara mengoperasikannya pun mudah.

Tombolnya yang berupa 3D dan terkesan seperti menonjol membuat aplikasi ASmart Remote IR sangat direkomendasikan, karena penggunaannya pun sangat nyaman.

Cara kerja pada aplikasi ASmart tersebut adalah dengan memanfaatkan perangkat infrared, yang terdapat di Smartphone Anda supaya terhubung langsung dengan sensor pada infrared tersebut.

9. AC Freedom

AC-Freedom

Hanya ingin mengontrol dan mengendalikan AC saja pada satu aplikasi? Cobalah untuk menginstall aplikasi AC Freedom. Jadi, tapilan dari aplikasi AC Freedom ini memang sederhana, minimalis, tapi juga menarik.

Hingga saat ini aplikasi AC Freedom menjadi aplikasi remote AC yang paling baik dan cocok untuk brand AC populer seperti Samsung, LG, Panasonic, dan lain sebagainya. Kalau merk AC Anda salah satu dari brand populer tersebut, bisa mencoba menginstall aplikasi ini.

10. Castreal Remote Control

Castreal-Remote-Control

Aplikasi untuk remote AC yang lainnya yang juga berfungsi untuk pengontrolan atau pengendalian pada device yang ada di rumah/kantor Anda berikutnya adalah Castreal Remote Control.

Anda bisa mendownload aplikasi tersebut secara gratis tapi bisa juga mengupgradenya ke versi pro, jika Anda tak mau diganggu oleh iklan saat sedang menggunakannya. Untuk bisa upgrade ke versi pro Anda hanya perlu membayar Rp.53.887,- saja.

11. Remote Control For Panasonic Air Conditioner

Remote-Control-For-Panasonic-Air-Conditioner

Salah satu keunikan yang dimiliki oleh aplikasi Remote AC yang satu ini adalah, Anda bisa menggunakan aplikasi tersebut seperti sedang menggenggam remote AC yang sesungguhnya.

Aplikasi yang dinamakan dengan Remote Control For Panasonic Air Conditioner tersebut, tampilannya dibuat seperti remote AC yang sesungguhnya. Anda juga tidak membutuhkan pengaturan apapun, langsung download dan install saja lalu sudah bisa digunakan.

Tampilannya yang dibuat sesimple mungkin dan seolah sedang menggunakan remote AC yang sesungguhnya pada aplikasi ini, menjadi keunggulan dari aplikasi tersebut. Namun sayangnya banyak iklan yang muncul saat Anda sedang menggunakan aplikasinya.

12. Remote Control For LG Air Conditioner

Remote-Control-For-LG-Air-Conditioner

Sama halnya dengan aplikasi Remote Control For Panasonic, aplikasi yang dinamakan dengan Remote Control For LG Air Conditioner ini juga memiliki tampilan yang mirip dengan remote AC yang sesungguhnya.

Cara memakainya pun serupa, simpel dan juga mudah. Download aplikasinya di Playstore secara gratis sekarang juga. Keunggulan dari aplikasi ini yaitu bisa memberi akses yang mudah, untuk setiap pengguna AC.

Tak perlu ada instalasi tambahan karena hanya perlu mengunduh aplikasinya saja. Aplikasi tersebut juga mempunyai tampilan yang kekinian dan cara pemakaiannya yang mudah.

Aplikasi ini bukan aplikasi resmi dari brand LG, tetapi memang dibuat untuk memudahkan pemilik AC yang menggunakan brand/merk LG. Supaya mereka bisa mengontrol dan mengendalikan AC dengan aplikasi tersebut, dengan cara yang mudah.

13. Peel Mi Remote

Peel-Mi-Remote

Masih ada juga jenis aplikasi remote AC lainnya yang dirilis langsung oleh perusahaan atau brand Xiomi Inc, yaitu Peel Mi Remote. Aplikasi ini bisa diterapkan pada AC dengan brand LG, Panasonic, Samsung, dan sebagainya.

Tak hanya digunakan untuk AC saja, tetapi Peel Mi Remote juga bisa digunakan untuk mengontrol perangkat multimedia yang lainnya misalnya DVD, TV, BlueRay, dan sebagainya.

14. Control It – Remotes Unified!

Control-It-–-Remotes-Unified

Aplikasi yang digunakan sebagai pengganti dari remote AC yang dinamakan Control it Remotes Unified, menjadi aplikasi yang mendapat rating paling tinggi di Instagram. Fungsinya hampir sama dengan jenis aplikasi remote untuk AC yang lainnya.

Aplikasi tersebut akan mengontrol AC dengan menggunakan sensor infrared yang terdapat pada perangkat Android. Fungsi aplikasi tersebut juga bisa dipakai pada TV kabel, satelit, set top box, digital stereo system, hingga BlueRay Player.

Elektronik yang lainnya yang menggunakan remote bisa juga diakses dengan aplikasi Control It tersebut.

15. Smart Air Conditioner

Smart-Air-Conditioner

Ada juga aplikasi yang dibuat resmi secara langsung oleh Samsung, yang disebut dengan Smart Air Conditioner. Namun karena dibuat oleh Samsung maka aplikasi tersebut hanya bisa dipakai untuk AC Samsung yang sudah dilengkapi dengan mode WiFi saja.

Misalnya tipe-tipe AC yang rilis sejak tahun 2012 ke atas. Selain itu aplikasi Smart Air Conditioner tersebut juga dapat didownload dan diinstall pada tipe/merk Smartphone lainnya, selain Smartphone dengan merk Samsung.

Smart aplikasi yang satu ini juga mampu mengontrol AC tanpa harus mendekatkan atau mengarahkan Smartphone yang sudah terinstall aplikasi, langsung ke arah AC. AC juga bisa dikontrol langsung dari ruangan yang lain, tak harus berada di satu ruangan yang sama.

16. Universal AC Control Remote

Universal-AC-Control-Remote

Ada lagi aplikasi lainnya yang bisa Anda install di perangkat Android Anda sebagai aplikasi remote AC, yaitu Universal AC Control Remote.

Aplikasi ini bisa digunakan secara gratis dan bisa dipakai juga untuk AC dengan brand/merk Samsung, Phillips, LG, dan merk ternama yang lainnya. Sama juga dengan aplikasi untuk remote AC yang lainnya, Anda juga dapat menghidupkan/mematikan AC dengan aplikasi ini.

Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh Universal AC Control Remote adalah kapasitas atau ukurannya tidak besar, yaitu hanya 4,5 MB. Manfaat dari menggunakan aplikasi Universal AC ini adalah kemudahannya, terutama saat remote AC Anda hilang/rusak.

17. Air Conditioner Remote Control

Air-Conditioner-Remote-Control

Aplikasi untuk remote AC ini memang dibuat dan juga dirancang secara khusus menjadi remote yang sangat baik.

Banyak kegunaan dari aplikasi ini misalnya untuk mematikan AC, menghidupkannya, mengatu temperaturnya, mengganti modenya dengan pilihan heat, dry, cool, dan sebagainya.

Smart aplikasi ini juga kompatibel dengan lebih dari 100 merk AC yang cukup ternama saat ini. Misalnya untuk AC dengan merk LG, Samsung, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Atur juga kecepatan kipas AC dengan menggunakan aplikasi Air Conditioner Remote Control tersebut. Smartphone yang digunakan untuk menginstall aplikasi ini juga bisa apa saja, jadi tak perlu khawatir dengan tipe Smartphone yang digunakan saat ini.

Masih banyak lagi jenis aplikasi remote AC lainnya yang bisa Anda gunakan dan sudah direkomendasikan yang terbaik. Anda bisa pilih jenis aplikasi mana saja yang cocok dan penggunaannya mudah, serta support untuk merk AC dan Smartphone apapun.

 

Lihat Juga :