12 Aplikasi Penguat Sinyal Android Paling Ampuh Tanpa Root


Kuota masih banyak atau bahkan sudah menggunakan WiFi tapi sinyalnya masih saja lemot? Jangan keburu kesal dulu ya, ada solusinya kok. Pertama, kamu bisa tambah bandwidth jika memang sudah berlangganan WiFi, atau kedua gunakan saja aplikasi penguat sinyal.

Opsi kedua lebih banyak dipilih karena menurut sebagian orang lebih simpel dan selain itu juga hampir seluruh aplikasi semacam ini tersedia gratis. Pilihan dari aplikasinya juga beragam dan tidak hanya dapat diinstall ke laptop atau PC tapi ada juga bisa ke perangkat lebih kecil seperti smartphone Android.

Daftar Aplikasi Penguat Sinyal

Inilah daftar nama-nama aplikasi gratis dan berbayar yang dapat membuat koneksi internet kamu lebih stabil sehingga kegiatan menjelajah dunia maya akan lebih menyenangkan, baik saat menonton film, mendengarkan musik, bermain media sosial, meeting online, telepon atau chatting, dan sebagainya.

1. Connection Stabilizer Booster

Connection-Stabilizer-Booster

Aplikasi pertama datang dari developer Supersonic Software. Pihak pengembang mengklaim bahwa aplikasi ini tidak hanya dapat memperlancar dan menstabilkan sinyal WiFi tapi juga sinyal internet 4G LTE, 3G, serta 2G.

Jika kamu membaca review aplikasi ini di Google Play Store, maka kamu akan menemukan banyak review positif dan sebagian besar memberikan rating yang bagus. Dua fitur utama dari aplikasi ini adalah:

  • Active Reconnect

Apakah smartphone kamu sering tidak konek ke WiFi padahal kamu tidak mengubah settingan apapun, tidak sedang mati lampu, dan WiFi juga tidak sedang bermasalah? Nah, Active Reconnect akan sangat berguna untuk kasus seperti ini.

Fitur ini akan selalu menjaga smartphone kamu tetap konek dengan internet, dan jika memang tiba-tiba terputus, maka koneksi akan segera tersambung otomatis. Jadi, kamu tidak akan lagi melewatkan chat, email, telepon, atau notif lain apapun yang masuk ke smartphone.

  • Active Keep Alive

Fitur ini akan mengoptimasi parameter TCP/IP dari koneksi yang sedang kamu gunakan, sehingga kamu akan mendapat pengalaman internet terbaik bahkan ketika WiFi kamu sedang digunakan oleh beberapa perangkat secara bersamaan.

2. Network Master

Network-Master

Aplikasi penguat sinyal ini sudah dicoba oleh lebih dari 10.000.000 orang di berbagai negara dan sebagian besar dari mereka memberikan 4 bintang dengan review yang positif.

Network Master dibuat oleh sebuah perusahaan bernama Lionmobi Holding Limited yang berbasis di Hongkong. Namun, versi resmi dari aplikasi ini sudah dimodifikasi oleh pihak ketiga yang tidak diketahui namanya dan versi modifikasi ini menghadirkan fitur yang sudah dalam keadaan unlock (tidak terkunci).

Jadi, kamu bisa menggunakan aplikasi premium ini dengan gratis. Kekurangannya adalah aplikasi ini tidak ada di Google Play Store, Tapi jangan khawatir, ada banyak situs web aman yang menyediakan link downloadnya.

Aplikasi dalam bentuk MOD APK ini termasuk kaya fitur dan memiliki User Interface yang ramah pengguna, jadi buat kamu yang baru menggunakan aplikasi semacam ini tidak akan membutuhkan waktu lama untuk mengoperasikan fitur-fitur di dalamnya. Beberapa fungsi utama dari aplikasi ini adalah:

  • Dapat membantu memperkuat koneksi internet di smartphone sekaligus mempermudah pengujian speed koneksi internet yang sedang digunakan.
  • Fitur bernama WiFi Expert akan membantu mengoptimalkan koneksi internet yang sedang digunakan dengan cara mendeteksi aplikasi apa saja yang sedang berjalan di latar belakang smartphone dan akan segera menghentikannya.
  • Secara otomatis akan menampilkan daftar jumlah perangkat koneksi tersebut beserta nama masing-masing perangkatnya.

Fungsi terakhir dijamin sangat berguna karena kamu akan langsung tahu jika ada perangkat penyusup yang ikut nebeng koneksi kamu, dan kamu bisa langsung mengganti password WiFi agar si penyusup tidak bisa lagi menggunakan WiFi gratisan.

3. WiFi Analyzer

WiFi-Analyzer

Jika aplikasi penguat sinyal sebelumnya sangat berguna untuk penggunaan di rumah, WiFi Analyzer lebih dibutuhkan saat kamu sedang keluar. Jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia, “WiFi Analyzer” berarti “Penganalisis WiFi”.

Sesuai namanya, aplikasi ini memang dibuat khusus untuk membantu kamu menemukan sinyal yang sedang ada di sekitar titik kamu berada. Jadi jika kamu adalah individu yang sering melakukan aktivitas di luar rumah, WiFi Analyzer adalah salah satu aplikasi yang tepat untuk diinstall.

Aplikasi ini akan mendeteksi jaringan WiFi yang tidak diberi password dan yang sinyalnya paling kuat yang jaraknya paling dekat dengan kamu. Berbeda dengan aplikasi sebelumnya, aplikasi yang satu ini bisa kamu temukan di Google Play dan bahkan tersedia gratis, tapi khusus untuk Android versi 6 atau yang lebih baru.

Jika dibanding aplikasi sebelumnya, WiFi Analyzer memang tidak memiliki fitur yang banyak. Tapi, antarmuka sederhana yang ditawarkan aplikasi ini akan membuat pengguna merasa nyaman dan meskipun gratis tapi bebas iklan.

4. WiFi Master Key

WiFi-Master-Key

Aplikasi penguat sinyal yang satu ini juga mendapat feedback bagus dari para pengguna dengan rating 4.4. Salah satu kelebihannya adalah menyediakan 19 pilihan bahasa UI termasuk Indonesia, yang merupakan pilihan bahasa paling jarang ditemukan di sejumlah aplikasi skala global di Play Store.

Ternyata, pilihan bahasa ini tersedia karena WiFi Master Key dibuat dan dipublikasikan oleh perusahaan tetangga yakni Singapura, dengan nama perusahaannya Linksure Network Holding PTE. Limited. Keunggulan lain dari aplikasi ini adalah 100% gratis dan sudah dienkripsi.

Artinya, aplikasi ini sangat menjaga privasi dari para pengguna, sehingga semua hal yang bersifat pribadi di smartphone kamu (misalnya password WiFi) tidak akan tersimpan di server aplikasi. Dengan kata lain, aplikasi ini sangat aman digunakan.

Sayangnya, kamu hanya dapat menggunakan WiFi Master Key sebagai aplikasi penguat, tidak bisa untuk menemukan sinyal WiFi tanpa password di area publik seperti aplikasi WiFi Analyzer tadi.

5. Network Signal Refresher Free

Network-Signal-Refresher-Free

Aplikasi berikutnya datang dari sebuah perusahaan bernama Zenith Technology Enterprises LLC. Kamu bisa menemukan aplikasi ini di Google Play dengan ukuran hanya 3,1 MB, 100% gratis, dan kompatibel untuk Android mulai dari versi 4.1 atau di atasnya.

Jika kamu sering mengalami ketidaklancaran saat bertelepon dengan internet, pesan teks tidak langsung terkirim karena sinyal WiFi kadang mati sendiri, atau hal sejenisn lainnya, maka Network Signal Refresher Free adalah aplikasi ideal untuk mengatasi masalah tersebut.

Sesuai namanya, aplikasi ini akan merefresh jaringan WiFi kamu secara berkala (biasanya setiap 20 – 30 detik), sehingga sinyal kamu selalu dalam keadaan terbaik dan akhirnya membuat aktivitas dengan internet menjadi lebih lancar.

Nilai plus lain dari aplikasi ini adalah tampilan antarmukanya bersih dan fitur-fiturnya mudah dipahami. Pihak pengembang juga mengklaim bahwa aplikasi ini dapat menambah speed intenert. Namun kekurangannya, muncul sejumlah iklan di dalam aplikasi.

6. Speedify

Speedify

Aplikasi penguat sinyal buatan Connectify Inc. ini tidak hanya menghemat ruang penyimpanan di Android karena ukurannya hanya 12 MB, tapi juga gratis untuk di download dari Google Play. Namun, versi gratisnya akan membuat kamu terbatas untuk mengakses fitur-fitur premium.

Agar tidak terkunci, fitur-fitur ini dapat kamu beli dengan harga mulai dari Rp 68.000 – Rp 2.590.000 per item. Jika Android kamu sudah versi 5.0 atau bahkan di atasnya, maka kamu bisa ikut mencoba Speedify. Beberapa kelebihan aplikasi ini adalah:

  • Dilengkapi dengan Channel Bonding

Dibanding beberapa aplikasi sebelumnya, Speedify termasuk istimewa karena dilengkapi dengan fitur VPN berteknologi Channel Bonding, yang akan membuat kamu dapat menggunakan dua atau lebih jaringan internet di saat yang bersamaan.

Jaringan tersebut bisa WiFi, kuota dari operator langganan kamu, Ethernet, Starlink, Tethered Phones, atau juga satelit.

Aplikasi ini diklaim dapat memperlancar zoom meeting dan live strea*ing, karena teknologi Channel Bonding tadi akan mengutamakan audio dan video strea*s secara otomatis, dan secara dinamis akan disesuaikan dengan jaringan yang sedang kamu gunakan.

  • Area Jangkauan WiFi Lebih Luas

Jika kamu sering kesal karena setiap kali menjauh dari router membuat sinyal kamu menjadi lemah, maka dengan menginstall Speedify, masalah ini tidak akan terulang lagi.

Aplikasi ini akan secara otomatis dan dengan mulus mengalihkan koneksi WiFi kamu ke paket data sehingga dimanapun kamu berada, video atau live strea*ing yang sedang kamu tonton tidak akan terhenti.

  • Sudah Dienkripsi

Developer aplikasi ini juga sangat mengutamakan privasi dan keamanan para penggunanya. Karena itu, Speedify memakai standar enkripsi terbaik dan terbaru sehingga kamu bisa merasa nyaman saat menjelajah situs web, media sosial, marketplace, melakukan live strea*ing atau video call, atau lainnya.

  • Tanpa Log

Sever Speedify tidak menyimpan daftar IP address dari situs-situs yang dikunjungi oleh para pengguna, atau juga konten data yang diterima / dikirim saat sedang mengaktifkan Speedify, yang berarti privasi kamu dijamin terjaga.

  • Bisa Diakses Banyak Perangkat

Jika kamu bersedia untuk upgrade akun ke versi premium, maka satu akun Speedify kamu bisa digunakan oleh 5 perangkat sekaligus, baik smartphone atau pun tab yang menggunakan OS Android.

7. Net Optimizer

Net-Optimizer

Developer dari Net Optimizer yaitu BGNmobi Network Technologies membuat tema UI yang menarik dalam balutan warna dasar hitam dan kombinasi merah muda bergradasi ungu, yang membuat aplikasi ini terlihat sederhana dan elegan di saat yang sama.

Ukuran aplikasi ini cukup kecil yaitu 12 MB saja, kompatibel dengan Android versi 4.1 dan lebih tinggi, serta gratis untuk di download tapi dengan opsi pembelian sejumlah fitur premium seharga Rp 3.000 – Rp 1.130.000 per item.

Aplikasi penguat sinyal ini tidak hanya bekerja pada jaringan WiFi tapi juga operator seluler dengan jaringan 3G hingga 5G. Sejumlah manfaat yang ditawarkan oleh Net Optimizer termasuk:

  • Kegiatan menjelajah web lebih cepat dengan respon anti lemot.
  • Menampilkan daftar server DNS yang paling cepat dan paling dekat dengan lokasi kamu serta membantu menghubungkannya hanya dengan satu klik.
  • Mengurangi waktu ping (latency) dan mengurangi lag pada game online untuk memberikan pengalaman bermain game yang maksimal kepada para pengguna.
  • Perubahan koneksi akan terdeteksi secara otomatis, dan di saat yang sama juga akan mengoptimalkan jaringan sehingga jaringan akan selalu stabil.

8. Signal Guard Free

Signal-Guard-Free

Jika kamu lebih suka menggunakan aplikasi gratis, maka Signal Guard Free bisa kamu jadikan pilihan. Aplikasi ini benar-benar gratis untuk di download dan digunakan (sama sekali tidak ada opsi pembelian fitur premium di dalam aplikasi) dan terbukti bagus karena mendapat 4 bintang dari para pengguna.

Dengan Signal Guard Free, kamu dapat memonitor keadaan sinyal kamu (WiFi ataupun seluler) secara real time tanpa harus selalu melihat layar smartphone dan membuka aplikasi.

Karena jika kualitas sinyal tiba-tiba menurun, tidak normal, sedang error atau lainnya, maka Signal Guard Free akan memberitahu kamu lewat LED smartphone,  getaran, atau nada dering. Tak hanya memberikan peringatan, aplikasi ini juga akan memulihkan jaringan kamu secara otomatis hanya dalam 6 detik.

9. Opensignal

Opensignal

Opensignal adalah alternatif lain jika kamu mencari aplikasi penguat sinyal yang gratis. Tapi tidak hanya membantu menstabilkan sinyal, aplikasi ini juga akan membantu kamu menemukan titik dan arah dari sinyal terbaik yang tersedia di dekat titik keberadaan kamu dan yang dapat kamu akses tanpa password.

Uniknya, sinyal-sinyal tersebut akan ditampilkan dalam gambar tower-tower yang berdiri di selembar peta. Bukan itu saja, Opensignal juga akan membantu kamu melakukan tes kecepatan WiFi, seluler, atau koneksi publik yang sedang kamu gunakan hanya dalam waktu 5 detik.

10. HSPA+ Optimizer

HSPA-Optimizer

Aplikasi berikutnya adalah HSPA+ Optimizer yang berfungsi dengan baik untuk memperkuat sinyal seluler dari smartphone 3G. Aplikasi ini akan membuat jaringan internet 3G kamu tetap stabil sehingga tidak turun ke 2G atau EDGE.

Tapi bukan 3G saja, pengguna 4G dan LTE juga dapat menggunakan aplikasi ini untuk memperoleh pengalaman menonton atau bermain game online tanpa buffering dan lag. Fitur khusus dalam aplikasi ini juga dapat membantu meningkatkan kualitas panggilan video dan telepon.

Jadi dengan aplikasi ini, sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi saat keluar rumah karena sinyal internet seluler kamu juga dapat stabil seperti saat menggunakan WiFi di rumah. Aplikasi ini 100% gratis, kompatibel dengan Android versi 4.1 atau di atasnya, dan rating di Google Play juga bagus yaitu 4 bintang.

11. Network Signal Info

Network-Signal-Info

Aplikasi penguat sinyal lain yang memiliki fitur serupa dengan Opensignal adalah Network Signal Info, yang dapat memberitahu kamu lokasi sinyal dengan speed tercepat yang paling dekat dari kamu.

Namun kali ini, daftar sinyal tidak ditampilkan dalam bentuk tower, melainkan bar sinyal, sehingga dengan sekali lihat saja kamu sudah bisa tahu sinyal mana yang terbagus. Aplikasi buatan KAIBITS Software ini juga akan menampilkan detail informasi dari sinyal tersebut.

Jika sinyal tersebut dari WiFi, maka detail informasinya mencakup nama Wi-Fi, MAC address, BSSID,  IP address, kecepatan maksimum Wi-Fi, IP address eksternal, kanal net, kapabilitas net, subnet mask, alamat server DHCP,  Gateway IP address, serta alamat DNS1 dan DNS2.

Sedangkan untuk sinyal seluler, info yang ditampilkan termasuk nama operator, jenis jaringan, jenis ponsel, kekuatan sinyal, status data, kode negara dari ponsel, kegiatan data, ID perangkat, IP address, dan juga status roaming.

12. Swift WiFi

Swift-WiFi

Aplikasi yang satu ini lebih cocok saat kamu sedang di rumah dan menggunakan WiFi. Aplikasi buatan Dotc United Swift Team ini akan transmisikan data WiFi kamu dan menampilkan titik / lokasi / area terbaik di dalam rumah yang sinyalnya paling kencang.

Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk menghemat baterai karena terdapat fitur penjadwalan non aktif WiFi otomatis yang bisa kamu atur sendiri.

Lalu dalam hal tampilan, aplikasi ini memiliki User Interface yang stylish dan easy-to-use, yang layar utamanya menampilkan daftar WiFi yang ada di sekitar lokasi kamu berada.

Terdapat juga beberapa fitur lain yaitu pemberitahuan setiap kali ada perangkat baru yang ikut menggunakan WiFi kamu, fitur share file yang mempermudah kamu mengirim dan menerima file dari pengguna Swift WiFi lain, dan fitur parameter sinyal dari jaringan yang sedang kamu gunakan.

Tidak dapat disangkal bahwa saat ini hampir setiap saat internet dibutuhkan. Agar sinyal tetap bagus dan aktivitas online selalu lancar, cobalah mendownload salah satu aplikasi penguat sinyal di atas sesuai kebutuhan, apakah untuk penggunaan di rumah dengan WiFi atau di luar rumah dengan data seluler.

 

Lihat Juga :