16 Aplikasi Kompres Foto di HP Android, Iphone, Laptop, PC


Aplikasi kompres foto berfungsi untuk memperkecil ukuran file foto agar bisa sesuai dengan kebutuhan. Ukuran foto yang lebih kecil dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan seperti memperluas ruang penyimpanan drive, mempercepat proses upload, meningkatkan kecepatan website dan lain sebagainya.

Banyaknya kebutuhan akan ukuran file foto membuat Anda harus mencari tools yang tepat agar kualitas foto tidak menurun meski diperkecil. Dengan begitu segala kebutuhan file Anda bisa terpenuhi secara optimal.

Saat ini terdapat beberapa tools yang bisa Anda manfaatkan untuk memperkecil ukuran foto dengan cepat. Aplikasi yang tersedia bisa diakses secara gratis melalui HP, laptop maupun internet. Setiap tools memiliki keunggulan yang berbeda.

Untuk itu Anda perlu memahaminya dengan baik agar bisa memenuhi kebutuhan secara optimal. Pilihlah tools yang sesuai dengan kebutuhan agar hasilnya pun bisa memuaskan.

Proses instalasi dan penggunaan aplikasi juga sangat mudah sehingga tidak akan menyulitkan. Berikut beberapa rekomendasi aplikasi kompres foto terbaik.

Daftar Aplikasi Kompres Foto Yang Mudah Digunakan

1. Puma Image Compressor

Puma-Image-Compressor

Aplikasi kompres foto yang satu ini sangat direkomendasikan untuk digunakan pada perangkat ponsel. Selain ukurannya yang ringan, aplikasi ini menyediakan fitur yang lengkap.

Tersedia tiga mode dalam tools ini yaitu ukuran file, auto dan resolusi & kualitas yang bisa digunakan untuk mengirim banyak foto sekaligus melalui email. Anda bisa memilih sendiri ukuran foto yang ingin di kompres agar sesuai dengan kebutuhan.

Aplikasi akan merekomendasikan ukuran terbaik sehingga kualitas foto yang dihasilkan bisa tetap bagus. Tampilan interface aplikasi enak untuk dilihat sehingga tidak membuat pengguna menjadi bosan.

Menu yang tersedia cukup lengkap, mulai dari mengirim banyak foto pada satu email, menyimpan foto ke cloud, membagikan foto ke halaman sosial media dan lain sebagainya.

Menggunakan aplikasi ini Anda bisa mengirim 100 foto dalam satu email menggunakan format yang beragam. Kelengkapannya membuat aplikasi ini menjadi unggulan.

2. Pic Tools Multi Photo Resize

Pic-Tools-Multi-Photo-Resize

Aplikasi ini bisa Anda gunakan untuk mengurangi ukuran file tanpa menurunkan kualitasnya. Tampilan antar mukanya cukup sederhana namun memiliki fungsional yang sangat baik. Ukuran file bisa disesuaikan dengan mudah menggunakan aplikasi Pic Tools.

Tools konversi yang tersedia bukan hanya kompresi saja, namun juga Anda bisa mengubah format file ke dalam pdf.

Istimewanya lagi aplikasi ini bisa Anda gunakan dalam kondisi offline. Tanpa harus terhubung dengan layanan internet, Anda bisa langsung memperkecil ukuran file sesuai kebutuhan. Koneksi hanya dibutuhkan saat pertama kali proses penginstalan aplikasi saja.

Hal tersebut membuat aplikasi ini sangat fleksibel untuk digunakan kapan saja. Anda juga bisa melakukan proses kompres sekaligus dalam jumlah banyak dalam waktu yang bersamaan.

3. Photo Compress & Resize

Photo-Compress-Resize

Tools yang dikembangkan oleh Lit Photo ini diklaim bisa memperkecil ukuran foto hingga menjadi 200kb. Ukuran yang cukup kecil untuk bisa digunakan bagi berbagai kebutuhan.

Selain itu aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur crop yang bisa digunakan untuk memotong bagian foto yang dianggap tidak perlu. Aplikasi Photo Compress & Resize memiliki ukuran yang kecil sehingga mudah di install pada perangkat ponsel apa aja.

Tampilan antar muka yang sederhana membuat Anda bisa memperkecil ukuran foto dengan mudah. Kemudahan navigasi hanya dengan menggunakan jari mampu memberikan kenyamanan bagi para pengguna.

Tersedia juga fitur Batch Compress yang berfungsi untuk memperkecil foto dalam jumlah banyak sekaligus. Nantinya jumlah foto yang diperkecil sekaligus akan tersimpan ke dalam folder.

Aplikasi kompres foto yang satu ini cocok bagi Anda yang masih pemula untuk mendapatkan ukuran foto yang sesuai.

4. QReduce Lite | Compress image size in kb & mb

QReduce-Lite-Compress-image-size-in-kb-mb

Aplikasi besutan Mobso Apps ini dapat berfungsi untuk kompresi file foto secara optimal. Anda bisa memilih sendiri kualitas serta ukuran foto yang sesuai dengan kebutuhan.

Selain mudah di install, aplikasi ini mampu memberikan hasil yang maksimal, bahkan ukuran yang dihasilkan sangatlah kecil. Setelah proses kompres selesai, file hasilnya akan langsung tersimpan pada galeri.

Anda bisa melakukan pengecekan kembali untuk melihat hasilnya. Soal kualitas tidak perlu diragukan lagi, karena file yang dihasilkan tidak akan berkurang kualitasnya meskipun berukuran kecil.

Aplikasi ini sudah digunakan oleh lebih dari 5 juta pengguna sehingga Anda tidak perlu ragu lagi ketika ingin menggunakannya. Proses kompresi bisa dilakukan dengan cepat dan efektif.

5. Photo Editor

Photo-Editor

Bagi Anda yang sedang mencari alternatif aplikasi kompresi untuk ponsel, Photo Editor merupakan pilihan yang terbaik. Bukan hanya bisa digunakan sebagai kompresi saja, namun Anda juga bisa mengedit foto agar hasilnya lebih baik menggunakan aplikasi ini.

Tersedia berbagai fitur yang bisa dijelajahi untuk memberikan suasana menawan pada foto. Untuk mengecilkan ukuran foto, Anda bisa memilih fitur resize tools. Ukuran foto bisa disesuaikan dengan kebutuhan, apakah ingin diperbesar atau diperkecil.

Jangan khawatir dengan kualitasnya, karena meski sudah melalui proses editor, kualitas foto yang dihasilkan akan tetap sama. Tampilan yang simple membuat aplikasi ini cocok digunakan siapa saja.

6. Photo Compress 2.0

Photo-Compress-2.0

Bagi Anda yang tidak suka menggunakan aplikasi gratis dengan banyak iklan, Photo Compress bisa jadi pilihan terbaik. Aplikasi kompres foto ini memiliki ukuran yang cukup kecil yaitu hanya 1,7 MB. Hal ini memudahkan para pengguna untuk menginstalnya pada ponsel.

Ukurannya yang kecil membuat aplikasi ini cocok untuk semua tipe ponsel, hasil kompresi foto bisa memiliki ukuran hingga 100 kb. Selain untuk mengecilkan ukuran foto, Photo Compress juga menyediakan berbagai fitur lain seperti crop dan resize.

Tersedia juga fitur Batch Resize yang bisa Anda gunakan untuk kompres foto dalam jumlah banyak sekaligus. Untuk versi gratisnya, pengguna hanya bisa memasukkan 10 foto untuk satu kali kompres secara bersamaan.

7. Photo & Picture Resizer

Photo-Picture-Resizer

Ini merupakan aplikasi terbaik yang bisa diandalkan untuk resize foto. Aplikasi ini bisa digunakan dengan cepat dan mudah, Anda hanya perlu menginstalnya pada ponsel. Ukuran hasil kompres bisa sangat kecil hingga 100 kb.

Fitur yang tersedia dalam aplikasi ini cukup beragam dan lengkap. Salah satu yang paling unggulan adalah Batch Resizer dan memperkecil ukuran foto tanpa mengurangi kualitasnya.

Jangan takut foto originalnya hilang, karena aplikasi ini akan memisahkan hasil kompresi dan file aslinya. Sehingga Anda bisa tetap memiliki file aslinya. Kemudahan akses membuat aplikasi ini sangat unggul dan banyak digunakan.

8. PicTools Batch

PicTools-Batch

Bagi Anda yang ingin memperkecil ukuran gambar tanpa harus mengurangi kualitasnya, PicTools Batch bisa menjadi pilihan terbaik. Aplikasi ini memiliki ukuran sekitar 5 MB sehingga bisa dengan mudah dinstall pada ponsel.

Aplikasi ini menawarkan tampilan interface yang sederhana, minimalis dengan fitur yang lengkap. Dijamin Anda bisa mendapatkan hasil yang memuaskan. Istimewanya lagi, aplikasi ini bisa tetap diakses meskipun dalam keadaan offline.

Anda tidak perlu terhubung dengan internet untuk bisa mengecilkan ukuran foto sesuai keinginan. Hanya melalui 3 langkah, proses kompresi bisa dilakukan dengan cepat. Hasil kompres foto akan masuk ke folder yang berbeda sehingga Anda bisa tetap menyimpan file aslinya.

9. Reduce Photo Size

Reduce-Photo-Size

Reduce Photo Size merupakan salah satu aplikasi kompres foto yang paling simpel dan mudah digunakan. Hal tersebut terjadi karena meskipun dilengkapi dengan berbagai fitur, namun tidak akan membebani media penyimpanan ponsel.

Aplikasi ini memiliki ukuran sekitar 1,8 MB sehingga mudah di install dan memiliki tampilan yang menarik. Performa aplikasi ini juga sangat memukau, Anda bisa dengan mudah untuk melakukan kompresi pada file foto sesuai dengan kebutuhan.

Fitur yang tersedia cukup beragam sehingga mampu memberikan kemudahan editor bagi seluruh pengguna. Beberapa fitur yang ditawarkan antara lain memotong foto, memutar dan memperkecil ukuran foto.

Anda bisa memanfaatkan semua fitur yang tersedia secara bebas. Aplikasi ini bisa diakses secara gratis dan mudah.

10. JPEGmini

JPEGmini

Aplikasi ini menyediakan fasilitas kompresi terlengkap yang memudahkan Anda untuk memenuhi segala kebutuhan secara optimal. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda bisa memperkecil ukuran foto sesuai dengan kebutuhan.

Foto dengan ukuran yang lebih kecil bisa menghemat ruangan, meningkatkan kecepatan website dan lain sebagainya. Aplikasi PC ini bisa di install dengan mudah dan diklaim mampu mengompres ukuran foto hingga 80% tanpa mengurangi kualitasnya.

Aplikasi ini sudah dilengkapi dengan teknologi dan algoritma terbaru sehingga mampu mengecilkan file foto secara optimal. Namun satu hal yang harus diperhatikan adalah file aslinya memiliki resolusi yang tinggi. Sehingga meskipun di kompres, kualitasnya tidak menurun.

JPEGmini bisa diandalkan menjadi aplikasi terbaik untuk dapat memenuhi segala kebutuhan terkait file foto.

11. TinyPhoto

TinyPhoto

Bagi Anda yang membutuhkan tools kompresi tapi tidak ingin menginstall aplikasi, TinyPhoto bisa jadi pilihan terbaik. Tools ini bisa dengan mudah Anda akses melalui internet.

Tools ini memiliki tampilan yang cukup sederhana sehingga bisa dengan mudah memperkecil ukuran foto sesuai keinginan. Istimewanya lagi, tools ini berbentuk website generator sehingga bisa dibuka pada perangkat apa saja.

Anda bukan hanya bisa memperkecil satu file saja, namun juga bisa melakukan kompresi beberapa file secara bersamaan. Format file foto yang bisa dikompres antara lain PNG dan JPEG.

Tersedia juga fitur lain yang bisa digunakan untuk mengedit foto seperti resize, crop dan mengubah format gambar. Anda bisa memanfaatkan semua fitur yang tersedia sesuai dengan kebutuhan. Secara instan kebutuhan dokumen Anda bisa tersedia dengan lebih cepat.

12. Image Compressor-Image Converter-Image Resizer

Image-Compressor-Image-Converter-Image-Resizer

Aplikasi kompresi yang satu ini bisa Anda install pada ponsel dengan sangat mudah. Proses kompresi foto bisa dilakukan secara instan dan cepat. Hanya butuh beberapa menit saja untuk bisa mengubah ukuran file foto sesuai dengan kebutuhan.

Kepopuleran aplikasi ini sudah tidak perlu ditanyakan lagi, karena kualitasnya sangat unggulan. Aplikasi ini mampu mengecilkan ukuran file gambar hingga 70-90% tanpa menurunkan kualitasnya.

Dengan begitu Anda bisa menghemat ruang penyimpanan secara lebih optimal. Anda bukan hanya bisa mengompres satu file saja, namun juga bisa beberapa gambar sekaligus dalam satu waktu.

fitur yang tersedia pada aplikasi memungkinkan Anda untuk dapat mempertahankan rasio secara otomatis atau custom. Aplikasi ini mendukung berbagai format gambar antara lain GIF, JPEG, WEBP, PNG dan lainnya.

Tersedia juga fitur berbagi yang bisa Anda gunakan untuk share langsung hasil kompresi ke halaman sosial media atau aplikasi lainnya.

13. RIOT

RIOT

Aplikasi kompres foto RIOT atau yang disebut juga dengan Radical Image Optimization Tool ini dapat digunakan untuk memperkecil ukuran file foto tanpa mengurangi kualitasnya.

Dengan begitu pengguna bisa lebih nyaman dan tidak perlu khawatir gambar foto akan menurun kualitasnya ketika dikompres.

Keunggulan aplikasi ini adalah tersedianya fitur pengeditan secara real time sehingga Anda bisa membandingkan file originalnya dengan hasil setelah proses kompres.

Kegiatan ini perlu dilakukan untuk mengatasi rasa khawatir yang mungkin terjadi saat melakukan kompres foto. Dengan menggunakan aplikasi ini, foto akan tetap jernih meskipun ukurannya diperkecil.

Aplikasi ini sangat membantu Anda yang memerlukan kualitas foto jernih namun berukuran kecil secara cepat. Ini merupakan aplikasi untuk PC yang cukup ringan sehingga proses instalasinya bisa dilakukan dengan cepat.

14. Adobe Photo Express

Adobe-Photo-Express

Adobe memiliki banyak sekali produk editor yang sudah sejak lama terkenal dengan kualitasnya. Salah satu aplikasi kompres file foto untuk ponsel yang bisa digunakan adalah Adobe Photo Express.

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini menawarkan sarana yang praktis dan mudah sehingga para pengguna bisa dengan cepat memperkecil ukuran foto agar sesuai kebutuhan. Selain memperkecil ukurannya, Anda juga bisa menggunakan mengedit foto dengan fitur yang tersedia.

Untuk memudahkan para pengguna, aplikasi ini telah menyediakan berbagai fitur yang bisa diakses dengan mudah. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan foto yang sesuai kebutuhan secara lebih praktis.

15. FileMinimizer Picture 3.0

FileMinimizer-Picture-3.0

FileMinimizer Picture 3.0 merupakan pilihan terbaik bagi Anda yang sedang mencari software gratis untuk memperkecil ukuran file foto di PC. Software ini bisa diakses dengan mudah karena ukurannya cukup kecil.

Proses instalasi juga bisa dilakukan dengan cepat sehingga bisa langsung digunakan. Software ini diklaim mampu melakukan kompresi pada file foto hingga 98%. Sehingga ukuran file foto bisa diperkecil secara lebih optimal.

Fitur yang tersedia dalam software ini memang terbilang cukup sederhana namun memiliki fungsional yang bagus. Anda bisa memperkecil beberapa foto sekaligus.

Terdapat empat preset yang ditawarkan oleh software ini, antara lain adalah Low Compression, Standard Compression, Custom Compression dan Strong Compression. Setiap preset memiliki keunggulan masing-masing. Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan.

16. Video & Image Compressor

Video-Image-Compressor

Aplikasi yang dikembangkan oleh AppSuite ini bisa berfungsi untuk memperkecil ukuran foto. File foto yang bisa di kompres dengan menggunakan aplikasi ini antara lain PNG, JPEG dan WEBP.

Selain memperkecil ukuran foto, aplikasi ini juga bisa dimanfaatkan untuk memperkecil ukuran video yang memiliki format MP4. Aplikasi kompres foto ini bisa Anda gunakan dengan mudah pada ponsel.

Tampilan antar mukanya sangat sederhana sehingga memudahkan pengguna untuk memperkecil ukuran file foto sesuai kebutuhan. Aplikasi ini terbilang cukup lengkap karena tersedia juga fitur lain seperti resize, crop, convert dan optimize.

Dengan mudah segala keperluan foto bisa terpenuhi dengan cepat dan optimal. Dibandingkan aplikasi lainnya, Video & Image Compressor merupakan yang paling populer karena iklannya sangat sedikit sehingga tidak mengganggu.

Daftar aplikasi kompres foto terbaik ini bisa Anda jadikan sebagai bahan rekomendasi untuk dapat menemukan tools guna memperkecil ukuran foto secara cepat tanpa mengurangi kualitasnya. Dengan begitu Anda bisa segera memenuhi kebutuhan secara optimal.

 

Lihat Juga :