4 Suku Misterius Ini Tinggal di Indonesia, Ada yang Biasa Konsumsi Anak Kecil


SURATKABAR.ID – Indonesia merupakan negara yang dihuni beragam suku, mulai dari Jawa, Dayak, Asmat, hingga Sunda. Suku-suku bangsa ini tersebar dari Sabang sampai Merauke dan memiliki peradaban yang terus berkembang.

Namun, disamping suku-suku yang telah dikenal luas, konon ada suku gaib yang begitu misterius dan tak terjamah kehidupan modern. Mereka diyakini hidup secara tersembunyi di sejumlah wilayah.

Menurut cerita dari mulut ke mulut, suku ini kadang tampak dan kadang menghilang begitu saja sehingga keberadaannya disebut sebagai urban legend.

Dilansir tribunnews.com, Jumat (18/5/2018), berikut sedikit ulasan mengenai 4 suku misterius yang ada di Indonesia.

1. Orang Bunian – Sumatera Barat

Orang Bunian merupakan salah satu suku gaib yang konon katanya tinggal di sejumlah wilayah di Sumatera Barat. Biasanya, mereka bermukim di hutan, bukit, maupun kuburan yang sangat sepi.

Baca juga: Awalnya Dipaksa Jokowi, Akhirnya Kaesang Pangarep Rutin Minum Ini Selama Puasa

Menurut kepercayaan setempat, Orang Bunian kerap muncul saat senja dan mengeluarkan tanda berupa aroma kentang goreng.

Mereka dipercaya suka menyesatkan para penjelajah. Katanya, orang-orang yang masuk ke dunia Orang Bunian akan sangat sulit keluar. Apalagi jika memakan masakan mereka.

2. Suku Bati – Pulau Seram

Suku Bati merupakan suku gaib yang sangat ditakuti warga Pulau Seram. Sebab, Bati dipercaya kerap menculik anak kecil untuk disantap.

Konon katanya, Bati memiliki tinggi sekitar 1,6 meter dengan sayap hitam yang sangat lebar. Sekilas, Bati mirip dengan manusia kelelawar.

Untuk tempat tinggal, masyarakat percaya mereka menghuni gua-gua yang ada di puncak gunung. Mereka hanya akan turun untuk mencari mangsa, baik hewan maupun anak kecil.

3. Orang Limun – Kalimantan Barat

Orang Limun diyakini menempati Padang 12, Kalimantan Barat. Padang 12 merupakan sebuah lahan kosong dengan pohon pinus di sekelilingnya.

Menurut warga setempat, Orang Limun merupakan suku yang sangat suci dan taat beribadah. Biasanya, mereka akan menyamar menjadi nenek tua atau siapa saja dan minta diantar.

Katanya, mereka yang bersedia mengantarkan akan diberi kunyit emas dan mendapat rezeki yang banyak.

4. Suku Paloh – Kalimantan Barat

Paloh sebenarnya merupakan nama sebuah desa yang dekat dengan perbatasan Indonesia-Malaysia.

Masyarakat setempat meyakini di kawasan ini hidup Suku Paloh yang beraktivitas di malam hari. Konon katanya, mereka hidup seperti manusia biasa yang berjualan, bersosialisasi dan punya keluarga.

Pada tahun 70-an, ada sebuah pesawat yang melintas dan hilang di kawasan ini. Menurut kabar, pesawat tersebut masuk ke dunia Suku Paloh dan tak akan pernah ditemukan lagi.

Percayakah kamu akan keberadaan 4 suku gaib yang sangat misterius ini?