Isu Menteri Susi Jadi Cawapres Jokowi, Megawati Pesan Begini


SURATKABAR.ID Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan telah diajari menjawab pertanyaan wartawan ihwal kemungkinan menjadi calon wakil presiden Joko Widodo atau cawapres Jokowi pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang.

Orang yang mengajarkan Susi Pudjiastuti menjawab pertanyaan itu tak lain adalah Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP Megawati Soekarnoputri.

Susi mengatakan, pesan itu harus diteruskan kepada wartawan jika ditanya kemungkinan berpasangan dengan Jokowi.

“Kata Bu Mega kemarin di Surabaya, ‘bilang sama wartawan, KTA (Kartu Tanda Anggota PDIP) saja tidak punya’,” terang Susi dalam diskusi ‘Transformasi Indonesia Menuju Raksasa Ekonomi Digital’ di Djakarta Theater, Jakarta, Selasa (8/5/2018) malam, dikutip dari Viva.co.id.

Baca Juga: Jokowi Sindir Menteri Susi Ingin Jadi Cawapres Karena Hal Ini

Pada ahir April, Megawati menghadiri Festival Jaga Bumi di Surabaya. Acara tersebut juga dihadiri Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Menteri Susi, dan sejumlah pejabat era Presiden Megawati seperti mantan Menteri Lingkungan Hidup  Sonny Keraf, mantan Menteri Pertanian M. Prakosa dan mantan Gubernur Jawa Timur Imam Utomo.

Susi memang menteri Kabinet Kerja yang tidak berasal dari partai politik. Ia memiliki latar belakang pengusaha penerbangan.

Dalam acara diskusi, Susi terlihat mengenakan jaket berwarna merah. Meski demikian, Susi menampik hal itu sebagai simbol adanya hubungan antara dirinya dengan PDIP, partai politik yang diusung Jokowi.

“Ini jaket saja, dingin di dalam,” jawabnya.

Sebelumnya, nama Susi Pudjiastuti masuk sebagai salah satu calon pendamping Jokowi oleh Partai Solidaritas Indonesia atau PSI.

Partai yang dipimpin Grace Natalie itu menyodorkan Susi bersama 11 nama lainnya pada, Minggu (25/3/2018) lalu.

Tak hanya itu, relawan Joss (Jokowi-Susi Pudjiastuti) mendeklarasikan dukungan kepada Susi menjadi cawapres mendampingi Jokowi di Pilpres 2019.

Dukungan terhadap Susi menjadi cawapres merupakan inisiatif dari kalangan muda yang melihat kinerja Susi selama menjadi menteri kelautan dan perikanan.