Ketua MPR Sayangkan Intimidasi Massa #2019Ganti Presiden vs #DiaSibukKerja


SURATKABAR.ID – Acara Car Free Day (CFD) di Jalan Sudirman-MH.Thamrin, Jakarta, Minggu kemarin menjadi viral. Pasalnya, acara di hari Minggu pagi itu diramaikan oleh warga yang memakai kaus terkait Pilpres 2019. Ada yang berkaun #2019GantiPresiden dan #DiaSibukKerja. Kaus #2019GantiPresiden yang dipakai warga juga bervariasi, baik warna maupun model.

Saat bertemu dengan sesama pengguna kaus #2019GantiPresiden, publik berfoto bersama. Namun yang menjadi viral adalah terjadinya intimidasi terhadap warga yang mengenakan pakaian putih bertuliskan #DiaSibukKerja yang berada di kubu pendukung Jokowi. Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat, Zulkifli Hasan menyayangkan kejadian ini.

“Jangan saling ‘yang terbaik saya, kamu yang terjelek’, itu kan tidak. Sampaikan saja aspirasinya dengan tertib dan damai. Jangan sampai menghalalkan segala cara, apalagi merusak persatuan,” imbau Zulkifli di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (30/04/2018) seperti dikutip dari laporan Viva.co.id.

Zulkifli mengingatkan Joko Widodo dan Prabowo Subianto yang akan berkontestasi di Pemilihan Presiden nanti merupakan anak-anak negeri juga. Oleh sebab itu, persoalan Pilpres hendaknya tidak sampai merusak persatuan di Indonesia.

“Jangan sampai pengalaman Pilgub DKI, itu meninggalkan luka yang dalam. Nah, ini pilpres jangan sampai meninggalkan luka yang dalam. Kan kita tetap berkawan, bersahabat, kita tetap Indonesia,” tandas Zulkifli.

Baca juga: Sohibul Iman Minta Masyarakat Jangan Takut Perjuangkan Hak Konstitusional

Mengenai adanya kegiatan tersebut di CFD, Zulkifli mempersilakan saja, sepanjang bukan kampanye partai politik. Mengenai muatan politis dalam kegiatannya, menurutnya hal itu sulit dihindari.

“Tapi, yang penting jangan sampai persatuan koyak. Ada cara yang baik, ada cara yang terhormat. Tidak perlu saling menghabisi satu sama lain. Kita bisa saja besok yang akan datang ini kita sama-sama,” ujar Zulkifli.

Kronologi Aksi Intimidasi

Sebelumnya, aksi intimidasi sejumlah pria berkaus #2019GantiPresiden terhadap seorang ibu yang berjalan bersama anak laki-lakinya menjadi sorotan dan viral. Meski wanita dan anaknya itu mendapat pengawalan dari sejumlah pria yang mengenakan kaos #2019GantiPresiden, tapi banyak dari mereka yang meneriakinya.

Bahkan aksi intimidasi itu sampai membuat sang anak yang bernama Zaky menangis. Tapi, si ibu menguatkan anaknya tersebut.

“Kita enggak takut Zaky! Kita benar, kita enggak akan pernah takut. Masya Allah kalian ini. Masya Allah, ibu-ibu kalian lakukan seperti ini, Muslim apa kalian,” ucap wanita berkaca mata itu.

Diketahui, warga berkaus putih dengan tulisan #DiaSibukKerja yang juga meramaikan CFD kemarin  memang didominasi oleh mayoritas ibu-ibu. Salah satu relawan Jokowi berkaus #DiaSibukKerja, Kasumi, mengatakan tagar itu terinspirasi dari Presiden Joko Widodo yang tetap kerja di akhir pekan, demikian melansir Detik.com.

“Walaupun hari Minggu, kita tetap kerja seperti slogan junjungan kita Pak Jokowi. Sabtu Minggu tidak ada hari libur. Kita semua relawan memperjuangkan untuk 2 periode,” kata Kasumi.