Seperti Prediksi Amien Rais, PAN Beri Sinyal Merapat ke Prabowo


SURATKABAR.ID – Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Hanafi Rais terlihat hadir dalam acara peresmian Sekretariat Bersama Gerindra-PKS untuk pemenangan Pilpres 2019.

Mengenai kedatangannya ini, Hanafi mengatakan publik boleh menafsirkan apa saja, termasuk sebagai sinyal bahwa partainya merapat ke Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

“Tafsirkan bebas silakan saja. tidak ada masalahnya,” ujarnya usai acara di kawasan Jakarta Pusat, Jumat (27/4/2018) malam, dilansir cnnindonesia.com.

Tak hanya itu, di sela acara peresmian, Hanafi juga sempat membahas soal Prabowo sebagai presiden berikutnya. Terlebih dengan cuaca yang cerah dianggapnya sebagai pertanda baik.

“Selamat malam salam sejahtera bagi kita semua saudara-saudaraku, yang kita banggakan Bapak Haji Prabowo Subianto, Ketua Umum Gerindra, Ketua Dewan Pembina Gerindra, Insyaallah,” kata Hanafi.

Baca juga: Amien Rais Sebut PAN Akan Usung Prabowo, Tanggapan PDIP Nylekit

Lebih lanjut, Hanafi menegaskan bahwa kedatangannya ke acara tersebut sudah sepengetahuan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan untuk memenuhi undangan yang disampaikan Wakil Ketua Dewan Pembina Sandiaga Uno.

“Tentu sebagai bentuk persaudaraan sesama muslim, tentu harus dihadiri. Dan acaranya juga umum terkait peresmian rumah rakyat yang isinya diskusi pengajian dan acara-acara non-politik,” terangnya.

Sementara itu, mengenai sikap PAN untuk Pilpres 2019, menurut Hanafi akan ditentukan saat rapat kerja nasional (rakernas) yang rencananya digelar akhir bulan Mei.

Menurutnya, dalam rakernas, PAN akan mendengarkan suara Zulkifli Hasan selaku ketua umum, Sutrisno Bahir sebagai Ketua MPP PAN, dan Amien Rais selaku Ketua Dewan Kehormatan. Masukan mereka akan menjadi pertimbangan utama keputusan partai.

“Jadi tunggu sebentar saja, masih diramu, insya allah dalam waktu dekat ini diperjelas,” katanya.

Dikabarkan sebelumnya, Amien mengatakan bahwa PAN tak akan mendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Pilpres mendatang. Namun, Zulkifli menyebut bahwa pihaknya masih membuka peluang merapat ke Jokowi.

Menurut Hanafi, perbedaan pendapat ini bukanlah perpecahan dalam PAN. “Enggak (perpecahan), tidak ada perbedaan pasti nanti resminya PAN hanya ada satu matahari, satu sikap resmi,” tegasnya.