Baru Dilantik, Panglima TNI Langsung ke Makam Jenderal Sudirman


SURATKABAR.ID – Setelah dilantik oleh Presiden Joko Widodo dan melangsungkan prosesi serah terima jabatan, Minggu (10/12/2017), Panglima TNI Hadi Tjahjanto berziarah ke makam Panglima Besar Jendral Sudirman di Taman Makam Pahlawan Kusumanegara Yogyakarta.

Dilansir dari laman kompas.com, kegiatan ziarah tersebut dilakukan Panglima TNI Hadi Tjahjanto sebelum memulai kerjanya di Mabes TNI.

“Saya akan melanjutkan perjuangan Panglima Besar Jnderal Sudirman sekaligus membangun angkatan perang yang profesional dan modern, seperti visi dan misi yang saya sampaikan ke Komisi I DPR,” kata Hadi seusai mengisi buku tamu di Taman Makam Pahlawan Kusumanegara.

Ziarah ke makam Panglima Besar Jeneral Sudirman, ucap Hadi, sudah ia niatkan sejak awal sebelum dirinya memulai kerja di Markas Besar TNI.

“Ini sudah niat saya sejak awal. Sebelum mulai kerja di Mabes TNI, saya akan nyekar dulu ke makam Panglima Besar Jenderal Sudirman,” katanya, dikutip dari kompas.com.

Dalam kesempatan itu, Hadi juga mengingatkan bahwa Panglima Besar Jenderal Sudirman telah memberikan nilai-nilai dasar kepada TNI. Nilai dasar yang utama, katanya, yaitu menegakkan dan menjaga kedaulatan NKRI.

“Pesan-pesan yang disampaikan beliau (Panglima Besar Jenderal Sudirman) lewat tulisannya, semua akan saya laksanakan dalam rangka membangun TNI yang profesional dan modern. Semuanya demi menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI,” terang Hadi.

“Yang saya tangkap dan terima adalah nilai-nilai (Paglima Besar Jenderal Sudirman) tentang TNI, semua menjadi rekaman untuk diri saya. Pertama kali menjadi prajurit, saya melaksanakan napak tilas rute Panglima Besar Jenderal Sudirman,” tandasnya.

Baca Juga: Geger! Karyawan Umi Pipik Buka Suara Soal Isu Pernikahan Siri Majikannya dengan Sunu

Hadi Tjhajanto bersama rombongan tiba di area Taman Makam Pahlawan Kusumanegara sekira pukul 10.00.WIB. ia langsung berjalan masuk dan duduk di samping Pusara Panglima Besar Jenderal Sudirman.

Setelah berdoa, Hadi pun melakukan tabur bungan di Pusara Panglima Besar Jenderal Sudirman, Jenderal TNI Oerip Soemoharjo, dan Menteri Soepeno.

Seperti diberitakan liputan6.com, Hadi Tjahjanto dilantik Prsiden Joko Widodo pada Jumat, 8 Desmber 2017, di Istana Negara, Jakarta. Esoknya, Hadi Tjahjanto menjalani prosesi serah terima jabatan bersama Jendral Gatot Nurmantyo di mabes TNI, Cilangkap, jakarta Timur.