Inilah Kunci Masa Depan Indonesia Menurut Habibie


SURATKABAR.IDMantan Presiden ketiga Indonesia BJ Habibie mengatakan masa depan Indonesia akan mengandalkan sumber daya manusia (SDM) yang terbarukan.

Dilansir dari republika.co.id pada senin (7/8/2017), Habibie menjelaskan SDM yang terbarukan merupakan orang-orang yang produktif, kreatif dan kualitasnya akan meningkat dari generasi sebelumnya.

Saat pembukaan Bekraf Habibie Festival di Jakarta, Senin (7/8/2017), ia juga mengungkapkan peradaban Indonesia itu dapat dibangun dengan mengembangkan teknologi inovasi, masyarakat yang produktif, efisien dan mampu serta mau menjadi pemenang.

Baca Juga: Heboh! Polisi Todongkan Pistol Saat Tilang Pelanggar Lalu Lintas

“Kuncinya adalah di penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, Indonesia harus mampu mengembangkan produk yang berdasarkan teknologi inovasi,” kata dia.

Indonesia mempunyai banyak sekali sumber daya manusia terbarukan tersebut. Karena lebih dari 70 persen usia penduduknya lebih muda dari usia 35 tahun. Hal ini menjadi alasan untuk Indonesia lebih maju lagi, Habibie menambahkan.

Sementara itu, Ilham Habibie yang menjadi penggagas gerakan Indonesia Berkarya mengatakan sumber daya manusia yang produktif dan kreatif harus visioner, sehingga dia dapat terlibat proses nilai tambah untuk membuat sesuatu yang bermanfaat.

Anak dari BJ Habiebie tersebut juga menjelaskan Bekraf Habibie Festival kali ini, mencoba menunjukkan teknologi terapan yang dapat digunakan oleh bangsa Indonesia di masa datang.

“Ada teknologi rumah, baju, konektivitas, mobilitas, pendidikan serta kesehatan, semuanya itu ada pada teknologi terapan. Kami ingin meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia terkait teknologi inovasi,” kata dia

Baca Juga: Ulama Bereaksi Atas Unjuk Rasa yang Membawa Spanduk Palu Arit

Seperti yang diwartakan liputan6.com pada Senin (7/8/2017), Selain Habibie, acara ini dihadiri tokoh lain, yakni Kepala Bekraf Triawan Munaf, Dirut PT Pindad Abraham Mose, dan juga wakil gubernur terpilih Sandiaga Uno.

Nantinya, rangkaian acara pameran ini diisi dengan drone race track, virtual reality, mobile planetarium, science workshop, dan lainnya. Tak ketinggalan, dipamerkan juga kokpit pesawat CN-250 koleksi PT Dirgantara Indonesia, alat berat tempur PT Pindad, dan mobil ambulans berteknologi milik RS Siloam.

Acara Bekraf Habibie Festival 2017 dibuka pukul 10.00 dan ditutup pada pukul 19.00 WIB, selama sepekan penuh.