Wow! Apa Yang Ditangkap Bocah Ini Bikin Sekampung Syok, Buktikan Dongeng Bukan Sekedar Khayalan


SURATKABAR.ID Dalam berbagai cerita rakyat, selalu muncul hewan – hewan mistis, yang mungkin kita percayai hanya ada di dalam dongeng. Namun apa jadinya jika hewan tersebut muncul di dunia nyata?

Dilansir dari Tribunnews, hal tersebut dialami Dr Mohd Hisham Surgi (43) kaget ketika anaknya, Muhammad Amirul Fahmi (15), pulang ke rumah, Kamis (6/7/2017)

Warga Malaysia ini terkejut anaknya membawa pulang burung dalam sangkar. Yang membuat Hisham kaget, adalah jenis burung yang dibawa pulang Amirul. Burung itu ternyata seekor burung gagak.

Lho, bukannya gagak adalah burung yang biasa saja?

Burung gagak itu ternyata berbulu putih. Menurut Hisham, dia sebenarnya sudah dikabari anaknya, dia akan pulang membawa gagak putih.

“Ketika anak bilang dia menembak gagak putih, saya menyangka dia berbohong kerana gagak putih hanya kisah dongeng semata-mata.”

Baca juga: Heboh Bangkai Hewan Raksasa Di Laut Maluku, Begini Ciri –Cirinya

Hisham mengatakan, anaknya menembak burung itu dengan pistol mainan.

“Anak saya bersama rakannya menembak burung itu menggunakan pistol mainan peluru plastik, selepas pulang dari surau,” ujarnya lagi.

Awalnya, Amirul mengira dia menemnukan burung nuri. Tapi setelah burung itu jatuh, dia kaget karena menangkap gagak.

Burung itu ditangkap Amirul selepas menunaikan Salat Jumat.  Berita penangkapan gagak putih ini pun bikin heboh para tetangga Hisham.

Tapi, beberapa orang malah mengkritik Hisham, yang justru tak memarahi anaknya menangkap satwa liar.

“Bagus betul didikan bapak dia, kecil-kecil dah dibiasakan menembak,” ujar Atan Hunt.

Gagak putih sendiri seperti menjadi hewan legendaris. Ia muncul di banyak kisah dongeng dan juga cerita di berbagai negara. Salah satunya seperti permisalan yang dibuat oleh Al Imam Ghazali. Ia memisalkan gadis cantik jelita dan shalihah, seperti gagak putih diantara gagak hitam.

Ini menandakan bahwa gagak putih adalah hewan yang sangat langka.

Sementara dari kacamata ilmu pengetahuan, gagak putih merupakan bagian dari hewan albino. Albino sendiri berasal dari bahasa latin Albus yang artinya putih. Albino juga dikenal dengan hypomelanism atau hypomelanosis.

Albino adalah salah satu bentuk dari hypopigmentary congenita disorder. Albino merupakan suatu keadaan dimana kulit tidak memiliki atau kekurangan pigmen (zat warna kulit). Albino adalah sebutan bagi penderita penyakit Albinism, yaitu suatu kelainan pigmentasi kulit bawaan.

Albino bukanlah penyakit menular dan tidak dapat ditularkan melalui kontak fisik ataupun melalaui transfusi darah.

Selain gagak, hampir semua jenis hewan ada yang mengalami albino. Hanya saja jumlahnya sangat sedikit, dari 1000 kelahiran, albino bisa jadi hanya muncul sekali. Hal inilah yang membuat hewan albino, seperti gagak putih misalnya, menjadi sangat langka.