Pemerintah Beri Sinyal Adanya Kemungkinan Harga BBM Naik Selepas Lebaran


SURATKABAR.ID – Pemerintah memberikan pertanda jika ada kemungkinan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) akan naik seusai lebaran. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Darmin Nasution. Ia menjelaskan jika tidak ada jaminan harga BBM akan tetap selepas lebaran nanti.

Seperti diwartakan sindonews.com, Darmin mengatakan jika harga BBM tidak dinaikan sementara harga minyak dunia merangkak naik, maka hal tersebut akan membebani kas negara. Sebab, hal tersebut membuat biaya subsidi bakal membengkak.

“Kita tidak akan menaikkan BBM sebelum Lebaran. Setelahnya gimana, nanti kita lihat. Tapi kalau tidak dinaikkan, karena harga internasional naik, itu subsidi naik,” katanya di Gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Rabu (14/6/2017).

Ia menjelaskan jika subsidi BBM bisa naik hingga Rp60 triliun jika harga BBM masih tetap. Meski demikian, ia menyadari jika harga BBM dinaikan maka inflasi juga akan meningkat. “Kalau naik, tentu inflasi akan naik. Kita sudah hitung kalau naik segini, inflasi segini,” tuturnya.

Oleh karena itu, Darmin mengungkapkan jika pemerintah tengah mengkaji untuk mencari titik optimum untuk harga BBM sehingga tidak terlalu membebani kas negara namun juga inflasi masih tetap terjaga.

Baca Juga: Kasihan! Begini Jeritan Pengusaha Kecil dan Rakyat Atas Naiknya Tarif Listrik

“Artinya, titik optimumnya di mana supaya inflasi tidak terlampaui, tapi subsidi juga jangan terlalu besar. Supaya jangan ada pemotongan anggaran, memang enggak ada yang enak di dunia ini,” ujar Darmin.

Meski demikian, dirinya menyatakan jika keputusan kenaikan harga BBM berada di tangan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ia menuturkan jika hal tersebut akan dibahas pada sidang kabinet.

“Ya dong (keputusan Jokowi). Nanti pas sidang kabinet. Mudah-mudahan setelah Lebaran atau sehari dua hari jelang Lebaran (dibahas dalam ratas),” kata dia.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaSejumlah Pria Terjaring Razia Karena Mengenakan Celana Pendek
Berita berikutnyaAnda Ingat AKBP Brotoseno Ini? Lama Tak Ada Kabar, Malah Begini Nasibnya Sekarang