Presiden Joko Widodo Ungkap, Ia Kecewa Karena Hanya Dapat Ini Dari Raja Salman


SURATKABAR.ID Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku kaget mengetahui angka investasi yang diberikan Arab Saudi saat kunjungan Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud ke Indonesia hanya Rp 89 triliun. Padahal saat berkunjung ke China, Raja Salman menanam modal sangat besar, yaitu kurang lebih Rp 870 triliun.

“Investasi yang diberikan bagi kita Rp 89 triliun memang besar sekali itu. Tetapi saya lebih kaget pada saat beliau ke China, beliau tanda tangan kurang lebih 870 triliun,” kata Presiden Jokowi saat memberikan sambutan pada kunjungannya ke Pondok Pesantren Buntet, Desa Buntet, Kecamatan Astanaja Pura, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Kamis (13/04/2017), seperti dilansir dari Merdeka.

Padahal, lanjut Presien, dia sudah memayungi waktu hujan, bahkan juga nyetiri sendiri saat keliling Istana.

“Saya sudah payungi kok dapatnya lebih kecil. Itu yang saya sedikit kecewa, kecewanya sedikit, sedikit hanya sedikit,” ujar Presiden Jokowi seperti ditulis situs Setkab.

Presiden akan menindaklanjuti masalah investasi itu dengan menelepon kepada Raja Salman dan Pangeran Muhammad, dengan harapan Indonesia mendapatkan yang lebih besar dari yang didapatkan China.

“Mohon doanya Pak Kyai,” pinta Presiden kepada Pengasuh Pondok Pesantren Buntet, Cirebon,

Baca juga: Terkuak! Ini Perbandingan Nilai Investasi Raja Salman ke Malaysia, Indonesia dan China

Sebelumnya, Presiden Jokowi menceritakan bagaimana pemerintah melakukan persiapan yang sangat rapi untuk menyambut kedatangan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud ke Istana Bogor, Jabar, 1 Maret 2017 lalu.

“Saat beliau datang ke Indonesia sudah kita siapkan rapi sangat rapi sekali. Tapi Allah berkehendak lain. begitu masuk ke gerbang Istana hujan sangat deras sekali. Tapi itulah hujan berkah, dan saya payungi sendiri beliau karena hujan sangat besar, kemudian putar Istana saya setiri sendiri pakai golf car,” ungkap Presiden.

Presiden Joko Widodo menghadiri Haul Al-Marhumin Sesepuh dan Warga Pondok Buntet Pesantren 2017 untuk bersilaturahim dengan para ulama dan santri. Jokowi tiba di pesantren sekitar pukul 11.30 WIB bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

Dalam sambutannya, Jokowi menceritakan hal-hal yang dibahas saat Sri Baginda Raja Salman mengunjungi Indonesia beberapa waktu lalu. Dia mengatakan pemerintah berupaya meningkatkan total investasi dari Arab Saudi untuk pembangunan di Indonesia.

Jokowi menyebut investasi yang diberikan Arab Saudi kepada Indonesia hanya Rp 89 triliun. Jumlah investasi itu kecil bila dibandingkan dengan investasi Arab saudi yang ditanam di China sekitar Rp 870 triliun.

“Nanti setelah ini saya akan tindak lanjuti telpon kepada beliau, telepon kepada Pangeran Muhammad, putera dari Raja Salman, dan moga-moga Indonesia mendapatkan lebih dari yang diberikan kepada China,” jelas Jokowi seperti ditulis sebelumnya oleh Antara.