676 Kasus Kematian di Inggris Diakibatkan Malasnya Seseorang Bergerak


© teenlife.com

SURATKABAR.IDBanyak yang beranggapan bahwa kurang latihan fisik sangat erat hubungannya dengan obesitas, tapi tak sepenuhnya anggapan itu benar.

Kurang bergerak dengan obesitas adalah dua hal yang berbeda. Bahkan para peneliti dari Universitas Cambridge mengatakan bahwa orang kurus yang jarang berolahraga mempunyai risiko lebih besar mengalami masalah kesehatan.

Penelitian yang dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition menyimpulkan bahwa orang yang kurang bergerak jauh lebih berbahaya ketimbang kelebihan berat badan.

Seperti yang dikutip dari BBC.com (3/4/2017), berdasarkan penelitian yang baru-baru ini dilakukan, ada 676 ribu kematian setiap tahun terjadi karena kurangnya aktivitas bergerak. Dan justru jumlah kematian akibat obesitas hanya mencapai 337 ribu kasus saja di Inggris.

Latar belakang inilah yang membuat pemerintah Inggris berupaya untuk mengajak rakyatnya untuk mulai berolahraga atau setidaknya beraktivitas dengan menggerakkan tubuhnya karena menurut laporan dari British Heart Foundation, lebih dari 20 juta orang di Inggris tidak aktif secara fisik, di mana 59 persen dialami oleh wanita dan 31 persen adalah pria.

Seseorang dapat dikatakan tidak aktif secara fisik atau kurang bergerak apabila memiliki aktivitas fisik yang intensitasnya kurang dari 150 menit dalam satu minggu. atau aktivitas fisik yang intensitas beratnya kurang dari dua kali dalam satu minggu.

Bahkan menurut BHF (British Heart Foundation), rata-rata pria di Inggris menghabiskan seperlima hidupnya atau setara dengan 78 hari dalam setahun hanya untuk duduk, sedangkan wanita sekitar 74 hari dalam setahun.

Menurut penelitian, dengan kurangnya aktivitas fisik maka dapat menyebabkan permasalahan kesehatan, seperti serangan jantung, gagal jantung, aterosklerosis, diabetes dan lain-lain.

Sebenarnya, latihan aktivitas fisik bukan hanya dapat dilakukan dengan cara berolah raga eksklusif, berjalan kaki ringan atau berjalan kaki cepat saja, namun juga termasuk dari latihan fisik dengan intensitas sedang.

Cukup melakukan aktivitas sedang minimal 150 menit dalam satu minggu, ditambah dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat dapat menjadikan kehidupan lebih baik dan sehat.