Dari Jarak Puluhan Mil, Stephen Hawking Hadir di Hong Kong Tanpa Tubuh Fisiknya


© Mashable.com

SURATKABAR.ID – Saat mendengar dan menyaksikan orang yang berpidato, entah itu dalam pertemuan, seminar, ceramah dan lain-lain, tentunya Anda melihat sosok orang yang berpidato tersebut secara langsung. Namun, bagaimanakah kalau Anda tidak benar-benar melihat orang yang berpidato tersebut di hadapan, padahal Anda melihatnya secara jelas. Bingungkan?

Tentunya tidak akan bingung lagi setelah membaca kutipan dari Mashable.com (25/3/2017) ini. Pekan lalu, Stephen Hawking menjadi seorang penceramah di sebuah seminar di Hong Kong tanpa harus pergi ke negara tersebut, melainkan menggunakan teknologi hologram untuk menampilkan dirinya di hadapan banyak orang waktu itu.

Fisikawan terkenal di dunia tersebut memberikan kuliah singkat selama 90 menit dari Inggris ke banyak orang yang mengikuti seminar tersebut di Hong Kong secara langsung, mengenai kehidupan sampai dengan ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Hawking berbicara tentang pikiran manusia, tren masyarakat, dan isu-isu seperti pendidikan, ilmu pengetahuan, penelitian teknologi, serta pendanaan. Serta apa yang akan terjadi di masa depan tentang kejadian saat ini,” tulis sebuah siaran pers tentang acara tersebut.

Ternyata, bukan kali ini saja Hawking melakukan ceramah atau pidato via hologram karena sebelumnya hal yang sama pernah dia lakukan saat menjadi pembicara di Sydney Opera House pada tahun 2015. Hal tersebut mengundang decak kagum bagi peserta yang menghadirinya.

Teknologi hologram yang digunakan oleh Hawking ini dikembangkan oleh ARHT Media dengan memanfaatkan koneksi greenscreen dan internet. Bahkan, Anda tidak perlu menggunakan kacamata 3D untuk melihat hologram tersebut karena cukup dengan mata t*******g saja Anda sudah dapat melihatnya.

Hawking didiagnosa dengan ALS ketika ia berusia 21 tahun. Dia sekarang ‘terikat’ di kursi roda dan menggunakan suara bantuan jika ingin bergerak dan berkomunikasi. Ia dikenal di komunitas ilmiah untuk terobosan dalam ilmu fisika yang membahas tentang black hole.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaGeger! Luhut Arahkan Tinju ke Ketum PKB. Ada Apa?
Berita berikutnyaKetua KPK Terbitkan Surat Peringatan untuk Novel Baswedan, Ada Apa Ini?