Ini, Lho, Alasan Kenapa Manusia Zaman Sekarang Lebih Cerdas Dibandingkan Manusia Purba


© sciencemag.org

SURATKABAR.ID – Pernahkah Anda berpikir kenapa manusia saat ini lebih cerdas dibanding manusia yang hidup pada zaman purba? Sebenarnya apa, sih, yang membedakan antara manusia purba dengan manusia di zaman sekarang?.

Para Antropolog telah melakukan penelitian untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Seperti yang dikutip dari ScienceAlert.com (25/3/2017), para peneliti tersebut melakukan penelitian di Museum Australia dan Afrika di mana mereka mengukuran volume otak pada 12 spesies fosil tengkorak yang salah satunya adalah milik Australopthecus atau spesies yang diduga adalah manusia purba yang hidup sekitar 3 juta tahun yang lalu.

Hasil dari penelitian tersebut adalah volume otak pada fosil manusia purba, tiga kali lebih kecil dari pada volume otak manusia saat ini dan hanya dapat menerima suplai darah 1,2 milimeter dalam satu detik Padahal manusia saat ini normalnya menerima suplai darah ke otak sebesar 7 milimeter dalam satu detik.

Volume sebuah otak dipercaya menentukan kecerdasan setiap individu di mana semakin besar volume otak manusia maka semakin banyak pula neuron atau sel-sel saraf otak. Otak menerima suplai darah dari jantung dan darah membawa oksigen dan nutrisi sebagai bahan metabolisme otak. Saat otak tidak menerima suplai darah dalam beberapa detik saja maka orang tersebut akan pingsan, karena otak kekurangan oksigen dan nutrisi untuk proses metabolisme.

Otak manusia modern sekarang ini dalam keadaan normal menerima suplai darah sekitar 7 milimeter dalam satu detik. Tapi suplai darah akan berubah saat manusia tengah berpikir untuk memecahkan sebuah masalah, contohnya melakukan penghitungan yang rumit.

Sedangkan otak manusia purba memiliki volume yang kecil sehingga tidak dapat menerima oksigen dan nutrisi yang optimal. Selain itu karena volume yang kecil ini mengakibatkan jumlah neuron di otak sangat terbatas. Oleh sebab itu kecerdasan yang dimiliki oleh manusia purba sangat terbatas.

Kesimpulannya adalah karena ukuran volume otak yang tiga kali lebih besar dan suplai darah yang lebih banyak, membuat manusia saat ini lebih cerdas dibanding manusia di zaman purba.