Soekarno Memulai, Akankah Jokowi Berani Pindahkan Ibu Kota?


SURATKABAR.ID –  Kabar mengenai pemindahan ibu kota Indonesia ke Kalimantan Tengah terdengar juga oleh DPRD provinsi tersebut. Rencana tersebut dinilai cukup baik untuk percepatan pertumbuhan ekonomi di daerah Kalimantan Tengah.

Heriansyah, Wakil Ketua DPRD Kalteng mengungkapkan jika pemindahan tersebut tidak hanya memberikan keuntungan yang besar terhadap percepatan ekonomi saja melainkan juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kita tahu sudah ada beberapa negara yang pernah melakukan pemindahan ibu kota di negaranya. Bukannya semakin mundur, justru negara tersebut semakin maju. Jadi, tidak ada ruginya jika ibu kota pemerintahan Indonesia dipindahkan ke Kalteng,”paparnya pada Senin seperti yang tertera di jpnn.com.

Dia juga menyebutkan jika jauh sebelum Presiden Jokowi, sudah terlebih dahulu Soekarno yang berwacana untuk memindahkan ibu kota ke Palangka Raya. Oleh sebab itulah, menurut Heriansyah, rencana pemindahan ibu kota tersebut bisa segera direalisasikan.

Baca juga: Gempar! Panwaslu Akui Temukan Pelanggaran oleh Istri Ahok

Meski begitu, politikus Partai Gerindra tersebut menggarisbawahi Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi (RTRWP) Kalteng yang sampai saat ini belum ditetapkan. Jadi sulit untuk menentukan batas-batas RTRWP.

Di sisi lain, anggota Komisi C Duwel Rawing menyebutkan jika rencana pemindahan ibu kota tersebut merupakan tantangan yang besar bagi pemerintah provinsi. Banyak hal-hal yang harus dipersiapkan secara matang, terutama sumber daya manusia.

“Jangan sampai masyarakat jadi terpinggirkan. Kuncinya SDM, jadi saat semakin ketat persaingan pada perpindahan ibu kota, Kalteng bisa bersaing,” kata Duwel.

Dia juga menambahkan jika pemindahan ibu kota itu juga membuat peluang kerja semakin terbuka lebar. Oleh sebab itulah, pemerintah provinsi diharapkan menyikapi hal tersebut secara serius dan matang.

“Inilah tugas pemerintah yang wajib dilakukan menyikapi rencana pemindahan ibu kota. Tak hanya infrastruktur yang diperhatikan, tapi hal lain menyangkut persaingan,” tutupnya.