Heboh! Nama Ganjar Pranowo Terdapat di Lembar Dakwaan Kasus E-KTP


SURATKABAR.ID – Nama Gubenur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo disebut-sebut dalam lembar dakwaan kasus mega korupsi e-KTP yang saat ini tengah beredar. Padahal, sebelumnya, Ganjar Pranowo membantah dengan tegas jika dirinya terlibat dalam kasus dugaan korupsi e-KTP anggaran 2011-2012.

Ganjar menyebutkan jika dirinya kala itu masih menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi II DPR RI tatkala korupsi tersebut muncul. Hal tersebut diungkapkan oleh Ganjar selesai mengikuti Rembuk Integritas bersama KPK di Pendapi Balai Kota Solo, pada Selasa (7/3/017).

“Sudah (pernah) saya jelaskan (kepada KPK), tidak benar (saya menerima suap), saya (siap) dikonfrontasi,” papar Ganjar seperti yang tertera di tribunnews.com.

Seperti yang ramai dibicaraan, diduga korupsi yang terjadi di era kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tersebut  jumlahnya fantastis dan menyangkut nama-nama besar.

Baca juga: Janggal! KPK Gencar Usut Korupsi e-KTP, DPR Mendadak Lakukan Ini

Perkara tersebut sekarang ini masih terus didalami dan ditangani oleh Korupsi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dan saat ini dua pejabat Kementarian Dalam Negeri yaitu Irman dan Sugiarto telah  menjadi tersangka dan segera diadili sebagai terdakwa.

Saat ini berkas penyidikan setebal 24.000 halaman sudah berada di Gedung Pengadilan Tipikor Jakarta. Keterangan lengkap hampir 300 saksi juga telah tersusun rapi dalam surat dakwaan dengan tebal mencapai 120 halaman.

Dan di dalam dakwaan tersebut ada sejumlah pejabat dan anggota DPR RI yang terdaftar menerima suap. Nama-nama tersebut antara lain, Ganjar Pranomo (Gubernur Jawa Tengah), Setya Novanto (Ketua DPR RI).

Dan selama penyelidikan berlangsung stidaknya ada 23 anggota DPR yang dipanggil untuk dilakukan penyelidikan. Dari jumlah tersebut, hanya 15 anggota DPR yang memenuhi panggilan KPK. Empat diantaranya adalah mantan pimpinan Komisi II DPR.

Baca juga: Masih Ingat Okky Lukman? Tampilannya Sekarang Bikin Pangling

Mereka adalah Chairuman Harahap politisi Partai Golkar, Taufiq Effendi yang merupakan politisi Partai Demokrat, Teguh Juwarno politisi PAN, dan Ganjar Pranowo politisi PDI-P.

Ganjar membeberkan jika pada Selasa (7/3/2017) dirinya menerima foto dari wartawan yang berisi surat dakwaan terhadap tersangka yang bakal diadili sebagai terdakwa. Foto tersebut berisi pengakuan dua tersangka pernah menyuap 25.000 dolar kepada Pimpinan Komisi II DPR RI kala itu.

Ganjar mengaku heran, sidang belum digelar tapi dakwan bagi dua terdakwa sudah dibacakan di pengadilan. Namun berkasnya belum keluar ataupun beredar. Ganjar menilai jika hal tersebut ada nuansa politik yang cukup ketal.

Selain itu, Ganja menyebutkan jika dirinya tidak pernah menerima suap apapun. Ia mengaku siap untuk dimintai keterangan apapun untuk menuntaskan kerugiaan negara yang digadang-gadang mencapai Rp 2 trilun tersebut.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaJanggal! KPK Gencar Usut Korupsi e-KTP, DPR Mendadak Lakukan Ini
Berita berikutnyaWaduh! Ahli Bedah Temukan 915 Uang Koin dari Perut Kura-Kura Laut Ini