Waspada! Facebook Bikin Penggunanya jadi Terisolasi


SURATKABAR.ID – Jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter memudahkan penggunanya terhubung dengan teman lain di dunia maya. Tapi benarkah penggunaan jejaring sosial malah menyebabkan penggunanya merasa sedih dan kesepian?

Seperti yang diwartakan di Cnet.com, (6/3/2017), banyak riset menunjukkan hubungan jejaring sosial dengan perasaan terisolasi. Riset terbaru dari Sekolah Kedokteran University of Pittsburgh menunjukkan orang-orang yang menghabiskan lebih banyak waktu di jejaring sosial malah merasakan kesepian dan terisolasi.

Pada jumpa press riset tersebut, Brian A. Primack, penulis utama riset, menekankan masalah kesehatan mental dan isolasi sosial kini sudah berada pada tingkat epidemik diantara khalayak muda.

Pada riset itu, Brian dan timnya mewawancarai 1,787 responden pengguna Facebook yang berusia 19 dan 32 tahun. Mereka menggunakan metode yang diterima untuk mengukur isolasi sosial.

Penelitian tersebut menyimpulkan bahkan jika faktor demografi dan sosial tak dilibatkan, penggunaan jejaring sosial lebih dari dua jam sehari lebih rentan menderita isolasi sosial daripada pengguna yang hanya menghabiskan 30 menit sehari di jejaring sosial.

“Kita adalah makhluk sosial, tapi kehidupan modern cenderung memilah-milah kita daripada menyatukan kita,” kata Brian. Jejaring sosial awalnya hadir dengan tujuan untuk menyatukan kita, tapi hasil riset ini membuktikan jejaring sosial bukanlah solusi yang diharapkan.

Para peneliti tentunya tak yakin apakah isolasi sosial mendorong orang-orang menuju jejaring sosial atau ketergantungan pada jejaring sosial yang malah meningkatkan perasaan terisolasi.

Namun, salah satu kawan penulis Brian, Elizabeth Miller menekankan bahkan jika isolasi sosial adalah faktor utama, tampaknya menghabiskan waktu dengan online tak akan mengatasi masalah tersebut.

Lalu bagaimana pendapat Anda? Apa benar Facebook membuat Anda merasa tak bahagia dan kesepian? Tentu Anda sendiri yang bisa menjawabnya.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaTegar, Reaksi Cowok Ini Lihat Ceweknya Selingkuh di Depan Mata Bikin Kagum
Berita berikutnyaBanyak Artis Terjerat Kasus Narkoba, Komentar Tessy Menohok