Hadi Tjahjanto Dilantik Menjadi KSAU


SURATKABAR.ID – Rabu (18/01/2017), Presiden Joko Widodo telah resmi melantik Marsekal Madya Hadi Tjahjanto sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU). Acara pelantikan tersebut berlangsung di Istana Negara, tadi, sekitar pukul 11.00 WIB. Setelah resmi dilantik, pangkat Hadi naik menjadi marsekal.

Ada pun keputusan Presiden terkait kenaikan pangkat Hadi ini dibacakan oleh Sekretaris Militer Presiden Marsma Trisno Hendradi, dengan nomor Keppres 03/TNI/2017, demikian dilansir dari detik.com.

Setelah keputusan presiden dibacakan, Jokowi lalu menyematkan tanda kepangkatan di pundak Hadi. Empat bintang kini telah disandang oleh Marsekal Hadi Tjahjanto.

Hadi Tjahjanto kini menjabat sebagai KSAU menggantikan Marsekal Agus Supriatna. Sebelumnya, diketahui Hadi merupakan Irjen Kementerian Pertahanan. Posisi tersebut dijabatnya selama beberapa bulan.

Hadi yang merupakan lulusan AAU angkatan 1986 itu sebelumnya pernah menjadi Sekretaris Militer Presiden Jokowi sejak 2015 hingga 10 Oktober 2016. Sebelum menjadi sekretaris militer, Hadi dikenal sebagai Danlanud Abdulrachman Saleh, Malang, tahun 2015.

Pada tahun 2010-2011, Hadi juga pernah menjadi Danlanud Adi Soemarmo di Surakarta—yang mana saat itu, Presiden Jokowi masih menjabat sebagai Wali Kota Surakarta.

Nama Hadi selaku perwira tinggi dari Korps Penerbang TNI AU tersebut semakin dikenal masyarakat saat mengemban tugas menjadi Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) pada 2013 hingga 2015.

Sebelumnya, Presiden Jokowi pernah menyatakan beliau telah menyiapkan nama pengganti KSAU Marsekal Agus Supriyatna yang akan memasuki masa pensiun. Tiga nama perwira tinggi Angkatan Udara usulan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo sudah dikantongi oleh Presiden ketika itu.

Tiga kandidat tersebut adalah Marsekal Madya Hadiyan Sumintaatmadja yang tengah menjabat sebagai Wakil KSAU. Kedua, yakni Marsekal Madya Hadi Tjahjanto yang sebelumnya menjabat Inspektur Jenderal Kementerian Pertahanan. Kandidat ketiga, yaitu Marsekal Madya Bagus Puruhito, yang kini menjabat sebagai Wakil Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional.

Kurang lebih satu pekan belakangan ini, santer dikabarkan bahwa Hadi, yang dikenal pernah menjadi Sekretaris Bidang Militer untuk Presiden Joko Widodo, merupakan calon terkuat KSAU. Dalam kesempatan yang berbeda, Hadi sempat mengiyakan bahwa dirinyalah yang akan terpilih. Namun belakangan dia mengklarifikasi bahwa dirinya hanya berharap kabar itu benar.

Pelantikan siang tadi telah mewujudkan harapannya.