Warga Bandung Ragu Kang Emil Bisa Atasi Kemacetan


kang-emil

SURATKABAR.ID – Ridwan Kamil yang akrab disapa Kang Emil telah memasuki tahun keempat kepemimpinannya sebagai Wali Kota Bandung.

Selama masa kepemimpinan yang tak bisa dibilang sebentar ini, sejumlah warga optimis Emil bisa mengatasi banjir yang kerap menerjang Bandung. Namun, di sisi lain, warga juga pesimis Emil bisa mengurai macetnya jalanan Bandung.

Hal ini sesuai dengan hasil survei kepuasan publik terhadap kinerja Pemkot Bandung yang dilakukan oleh Pusat Penelitian Kebijakan Publik dan Pengabdian Masyarakat (PPKPPM) LPPM Universitas Kebangsaan (UNIK) yang disampaikan pada Kamis (5/1/2017) di Kampus UNIK, Jalan Halimun, Bandung.

Ketua LPPM Tonny Judiantono menuturkan, survey yang digelar pada 1 – 10 Desember 2016 lalu ini melibatkan 400 responden dengan metode multistage random sampling. Wawancara dilakukan dengan cara tatap muka dengan bantuan kuesioner.

Berdasarkan survey tersebut, publik menilai masalah banjir dan kemacetan merupakan masalah paling penting yang terjadi di Bandung dengan persentase 28,6 untuk banjir dan 25,5 untuk kemacetan.

Tonny melanjutkan, masyarakat cukup optimis Kang Emil bisa mengatasi masalah banjir, menyelesaikan pelayanan publik, kriminalitas, dan masalah pendidikan. Namun, warga tak yakin Kang Emil bisa mengatasi kemacetan.

“Publik menilai Emil akan mampu menyelesaikan banjir 57,9 persen, bisa menyelesaikan masalah pelayanan publik 67,8 persen. Namun kemampuan menyelesaikan macet dinilai tidak mampu 48,2 persen. Ini semacam pelecut agar kinerja wali kota lebih giat lagi dalam menyelesaikan masalah kemacetan,” jelas Tonny seperti dilansir detik.com.

Menurut Tonny, jika menilik hasil survey tersebut, Pemkot Bandung harus mampu membenahi infrastruktur baik untuk menangani masalah banjir maupun kemacetan yang terjadi di Bandung.

“Infrastruktur transportasi Bandung belum siap. Persoalan utama, jaringan jalan di Bandung pendek-pendek. Harus ada sistem yang berpihak pada angkutan publik,” pungkasnya.