Foto Selfie Wanita Ini Banyak Diperdebatkan Netizen, Ada Apa?


000optikalSURATKABAR.ID – Di era perkembangan android dan smart phone yang dilengkapi oleh kamera depan saat ini membuat aktivitas swa foto (selfie) menjadi semakin mudah. Didukung dengan keberadaan media sosial salah satunya Instagram membuat semua orang mendadak bisa menjadi model.

Namun ada satu selfie menarik yang menjadi viral baru-baru ini. Bahkan dikabarkan banyak netizen yang bukan hanya sekedar men-like fotonya saja. Foto ini juga malah menjadi bahan perdebatan oleh sejumlah pengguna internet dan social media. Bukan hanya pelaku selfie tersebut berparas cantik dan bertubuh indah, ternyata ada ilusi optik yang menarik pada kaos yang dikenakannya. Seperti dikutip dari tribunnews.com, inilah uraian hal ihwal foto tersebut.

Foto ini pertama beredar di Twitter sejak 30 Desember 2016, diunggah oleh akun @mmadeline. Sampai saat ini, foto @mmadeline telah mendapatkan retweets sebanyak 2.208 dan likes sebanyak 9.387—merupakan jumlah yang cukup fenomenal.

Jika dilihat sekilas, foto tersebut hanya menampilkan seorang wanita muda bergaya casual melakukan selfie. Tidak ada yang special. Namun jika Anda perhatikan lebih detail corak kaosnya, di situlah letak keistimewaannya. Meski selewat hanya tampak layaknya kaos strip hitam putih biasa, namun banyak netizen yang merasa aneh. Pasalnya setiap netizen yang berbeda akan melihat bentuk garis yang berbeda-beda pada kaos itu.

Anda dapat mencobanya sendiri. Saat Anda membuka gambar tersebut jadi lebih besar (zoom), garis-garis tersebut akan terlihat muncul lebih menekuk dan bergerak. Dan ternyata hal ini disebabkan oleh “ilusi optik” yang dimiliki kaos strip tersebut—sehingga setiap netizen yang membuka foto ini pada smart phone dengan kapasitas piksel dan resolusi gambar yang berbeda, akan memperlihatkan ilusi optik yang juga tidak sama.

Namun jika Anda melihat posting-an foto itu di laptop atau komputer desktop, ilusi optik tidak akan bekerja.

Ilusi optik selalu menjadi topik yang menarik karena kerap menimbulkan sejumlah pertanyaan mengenai bagaimana cara kerja otak serta kemampuan berpikir setiap manusia. Walaupun bertahun-tahun penelitian dan kajian dibuat, otak manusia masih memiliki banyak misteri kebesaran Tuhan yang belum terungkap.

Cara otak kita “melihat realitas” juga merupakan topik yang diperdebatkan dalam berbagai kajian Psikologi jangka waktu lama, yang jawabannya pun masih agak kabur. Disebutkan ada dua jenis cara otak melihat dan mengolah informasi berdasarkan salah satu instrument tes kepribadian MBTI (Myers-Briggs Type Indicator), yakni intuitif dan sensorik. Perbedaan ini membuat cara kita melihat segala hal akan berbeda dengan orang lain. Sekaligus membuktikan kerapuhan otak yang dapat dengan mudahnya “tertipu” oleh beberapa rekayasa optik.

Contoh sederhananya, cobalah baca kalimat ini: “Wlaapuun sausunn huurf pdaa kmlaiat ini tmpaak tdiak breautran nmuan oatk Adna ttaep mmpau mmbeaacnya dneagn baenr.”

Ilusi optik dan perbedaan perspektif yang menarik. Walaupun kita mungkin terpengaruh untuk percaya bahwa apa yang kita lihat adalah sama dengan apa yang kita pikir atau rasakan, contoh ilusi optik menarik (dan menghibur) dari @mmadeline serta kalimat tadi membuktikan sebaliknya.

Satu lagi contoh ilusi optik yang menarik untuk dicoba. Tatap hidung pada foto klise wanita berikut selama 10 detik. Lalu alihkan pandangan Anda pada bidang yang cerah sambil berkedip secara cepat. Wajahnya akan terlihat full color.

000contoh-ilusi-optik