Jika Bolos Tiga Kali, Polisi Akan Langsung Di Pecat


bolos-tiga-kali-polisi-bakal-dipecat-2znzLCnf5M

Kapolda Sumatera Utara (Sumut), Irjen Pol Ngadino, menegaskan setiap anggota Polri yang melakukan pelanggaran disiplin sebanyak tiga kali dapat diberi sanksi Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) alias dipecat.

“Sesuai Peraturan Pemerintah (PP) No 1 tahun 2003, anggota Polri yang melakukan pelanggaran disiplin sebanyak tiga kali dapat di-PTDH,” terang Kapolda Sumut melalui Kabid Humas, Kombes Pol Helfi Assegaf kepada wartawan, Kamis (8/10/2015).

Kata Helfi, pelanggaran disiplin itu di antaranya dilakukan dengan cara tidak masuk dinas. Misalnya, pada bulan ini tidak masuk, bulan berikutnya tidak dinas hingga melakukan pelanggaran serupa pada waktu berikutnya.

“Bulan ini bolos, terus bulan berikutnya juga tidak masuk dinas hingga tidak kali melakukan, itu dapat dipecat. Tapi pelanggaran diputuskan melalui putusan sidang disiplin,” jelas Helfi.

Selain itu, PTDH juga dapat diberikan anggota kepolisian yang terjerat kasus tindak pidana dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara. PTDH itu tidak mengacu kepada masa hukuman yang dijalani atau vonis yang dijatuhkan hakim peradilan umum.

“Jadi, kalau seorang anggota Polri yang tersangkut kasus pidana dapat di-PTDH jika ancaman hukumannya 4 tahun. Tidak melihat pada vonis atas masa hukuman yang dijalani,” papar Helfi.

Disinggung soal berapa banyak anggota Polri yang sudah diproses pihak Propam Polda Sumut karena melakukan pelanggaran kode etik dan disiplin selama satu semester 2015, Helfi mengaku belum tahu karena tidak memperoleh data.

“Nantilah kita minta lagi datanya ke Propam,” katanya.

Sumber: Okezone.com


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaKamu Suka Meminta Oleh-Oleh Pada Teman yang Bepergian? Rasulullah Melarang Hal Itu!
Berita berikutnyaLakukan Hal Ini, Jika Ingin Punya Anak Penghafal Qur’an