Geger SpongeBob Squarepants Disemprit KPI, Ini Jenis Pelanggarannya


SURATKABAR.ID – Pemberian sanksi terhadap penayangan “Big Movie Family: The Spongebob Squarepants Movie” di GTV menimbulkan pertanyaan dari publik. Apakah alasannya film kartun dengan tokoh utama Spongebob dan Patrick Stra tersebut sampai diberi sanksi berupa teguran.

Dilansir dari Kompas.com, pemberian sanksi tersebut bukanlah tanpa alasan, Mulyo Hadi Purnomo selaku Wakil Ketua KPI Pusat menyebutkan jika di beberapa adegan mengandung unsur kekerasan.

“Bahwa program siaran ‘Big Movie Family: The Spongebob Squarepants Movie’ yang ditayangkan oleh stasiun GTV pada 22 Agustus 2019 mulai pukul 15.02 yang terdapat adegan melempar kue tart ke muka dan memukul menggunakan kayu,” ujar Mulyo

Baca juga: Deretan Aksi Kreatif dan Kocak Para Pengendara Supaya Tidak Dibegal, Intip Foto-fotonya

Selanjutnya pada 6 Agustus 2019, sekitar pukul 11:14 pada segmen Rabbids Invansion ada juga adegan seekor kelinci yang melakukan tindakan kekerasan kepada kelinci lain. Mulyo selanjutnya menjelaskan lebih jauh adegan kekerasan yang dimaksud. Mulai dari melayangkan palu ke wajah, memukul pot kaktus menggunakan raket ke wajah dan lain-lain.

Ia menambahkan lebih jauh lagi jika adegan-adegan kekerasan ini melanggar pedoman Perilaku Peyiaran (P3) Pasal 14 Ayat 2 mengenai perlindungan kepada anak dan Pasal 21 ayat 1 tentang penggolongan program penyiaran.

Tidak hanya itu saja, tayangan itu juga melanggar Standar Program Siaran (PSP) Pasal 15 Ayat 1 mengenai perlindungan anak-anak dan remaja, Pasal 37 Ayat 4 Huruf 1 tentang klasifikasi R.

Tidak hanya Spongebob saja, ada 13 program lannya juga disemprit oleh KPI.