Geger Remaja Hina BJ Habibie di Medsos, Sang Ibu Minta Maaf Ngaku Anaknya Pasien RSJ


SURATKABAR.IDPolisi mendatangi seorang pria lantaran telah melakukan uajran kebencian atas meninggalnya Presiden RI ke-3, Bacharuddin Jusuf Habibie. Menurut hasil interogasi pihak kepolisian, pelaku mengalami gangguan jiwa.

“Kami sudah lakukan interogasi terhadap seorang diduga pelaku ujaran kebencian saat mengomentari wafatnya Bapak BJ Habibie lewat media sosial,” ujar Kasat Reskrim Polres OKU Timur AKP M Ikang ketika dimintai konfirmasi, pada Jumat (13/9), dikutip dari laman Detik.com.

AKP M Ikang mengatakan, pelaku BA adalah warga Desa Petanggan, Belitang, OKU Timur dan diketahui masih berusia 16 tahun. Berdasarkan interogasi polisi, BA mengakui bahwa dirinya memang telah mengeluarkan komentar pedas di media sosial.

“Pelaku mengakui perbuatannya, tetapi orangtuanya mengaku anaknya dalam kondisi gangguan jiwa. Dia baru pulang berobat dari Ernaldi Bahar Palembang (rumah sakit jiwa) dan dirawat selama 40 hari,” jelas Ikang lebih lanjut.

Baca Juga: Tak Kalah dari Einstein, Inilah Penemuan BJ Habibie yang Sukses Gemparkan Dunia

Saat ini, imbuh Ikang kemudian, BA sedang melakukan perawatan jalan. Hal tersebut seperti yang dibuktikan dengan adanya surat keterangan dari rumah sakit dan juga obat yang hingga kini masih aktif dikonsumsi oleh BA.

“Semua ada. Ada obat-obatan, ada surat berobat jalan. Kalau diinterogasi dia diam, lupa. Dan kemarin didampingi juga sama keluarganya,” jelas Ikang.

 Mengingat kondisi BA yang mengalani gangguan kejiwaan, pihak kepolisian hanya melakukan interogasi tanpa menahan pelaku. Selain itu, polisi juga meminta kepada pihak keluarga untuk terus melakukan pengawasan terhadap BA.

Untuk diketahui, seperti yang dilansir dari laman Tribunnews.com, Jumat (13/9/2019), dua hari yang lalu, tepatnya pada Kamis (12/9), Presiden RI ke-3 Bacharuddin Jusuf Habibie menghembuskan napas terakhirnya setelah menjalani perawatan di RSPAD Gatot Subroto.

Media sosial ramai dibanjiri ucapan selamat jalan untuk BJ Habibie. Salah satu yang membagikan kabar duka tersebut adalah pemilik akun bernama Achmad Dzaky. Ia membagikan postingan melalui fanspage Meme Humor Indonesia dan menuliskan.

Kalian terlalu sibuk dengan ini itu sampai lupa bahwa presiden ketiga kita sudah tiada (emoticon menangis),” tulis pemilik akun yang juga membagikan ilustrasi yang berisi informasi bahwa BJ Habibie telah meninggal dunia.

Dari sekian komentar yang ditinggalkan netizen pada unggahan tersebut, ada seorang pria yang justru menuliskan hal negatif. Dia adalah seorang netizen dengan nama akun Bobo Be. Ia menulis, ‘Mampus lo keparat cuihh’ dan sontak memancing warganet.

Sementara itu, pihak keluarga BA sendiri, sang ibu langsung menyampaikan permintaan maaf atas perbuatan putranya. Ia mengatakan bahwa BA sakit dan masih dalam perawatan jalan di Rumah Sakit Jiwa Ernaldi Bahar, Palembang.

“Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, atas nama anak saya Bobo, saya minta maaf telah menghina yang tidak pantas untuk diucapkan. Dan saya minta maaf untuk keluarga Pak Haji Habibie dan seluruh Indonesia. Dan sekali lagi saya minta maaf yang sebesar-besarnya,” ujar seorang wanita yang mengaku sebagai ibu Bobo dalam video yang dikirimkan melalui akun Facebook Seriati Dewi.