Andi Arief Ungkap Posisi Partai Demokrat Jika Prabowo jadi Presiden


SURATKABAR.IDWakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat (PD) Andi Arief memberikan pandangannya perihal posisi Demokrat di koalisi Prabowo Subianto – Sandiaga Uno. Menurutnya, jika Prabowo menang, maka yang menjalankan roda pemerintahan hanya Partai Gerindra, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Menurutnya, Demokrat berposisi hanya sebagai parpol pendukung yang tidak terlibat langsung dalam pemerintahan Prabowo-Sandiaga. Andi menyatakan hal tersebut melalui akun Twitternya, Minggu (9/6/2019).

“Bagaimana kalau MK memenangkan 02? Partai Demokrat hanya pendukung. Tidak berhak langsung ikut dalam pemerintahan. Tergantung ajakan Presidennya. Namun bisa saja koalisi 01 terlibat jika dianggap penting,” cuit Andi Arief.

Andi juga menyatakan jika pihaknya menghargai pilihan Gerindra jika ingin menjadi oposisi saat Joko Widodo (Jokowi) dipastikan menjadi pemenang Pilpres 2019.

Ia lantas menyinggung peran oposisi pada era kepemimpinan Presiden Soeharto. “Dulu ada oposisi berkelanjutan dalam penumbangan Soeharto karena memang gak ada mekanisme 5 tahunan gantikan rejim. Pemilu cuma memanjangkan kekuasaan Soeharto. Tetapi, kalau Gerindra mau jadi oposisi lagi, harus dihargai,” kata Andi.

Andi memberikan catatan bahwa kondisi saat ini sudah berubah, pemilu sudah sangat demokratis. Oleh sebab itu parpol sebaiknya tidak bercita-cita untuk menjadi oposisi, melainkan berupaya masuk ke lingkar kekuasaan.

“Setiap partai harus berupaya dengan cara yang benar terlibat dalam kekuasaan, terlibat dalam mengelola rakyat,” kata dia.

Meski demikian, Andi menganggap keputusan mengenai siapa yang akan diajak untuk berkoalisi ada pada presiden terpilih nantinya.

“Semua kembali apakah presiden terpilihnya memandang perlu melibatkan atau tidak. Namun ketidaklaziman memilih oposisi pada akhirnya juga tidak ada pilihan jika Presiden terpilih tidak memerlukan,” kata dia.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumya4 Artis yang Dihujat Warganet Karena Bikini yang Dipakainya
Berita berikutnyaKubu Prabowo Bakal Beberkan Bukti Mengejutkan di MK