Cegah Bau Mulut Saat Puasa, Konsumsi 6 Menu Ini Agar Napas Segar Sepanjang Hari


SURATKABAR.ID – Tak makan dan minum selama menjalankan ibadah puasa memang akan berdampak pada efek bau mulut. Masalah satu ini memang wajar terjadi dan kerap jadi persoalan yang kerap dikeluhkan kebanyakan orang selama menunaikan puasa Ramadhan.

Permasalahan bau mulut ini sebenarnya bisa disebabkan oleh konsumsi makanan atau minuman atau bisa jadi karena dehidrasi. Tapi tenang saja, meski terdapat masalah ini, anda dapat menyelesaikannya dengan beberapa deretan makanan dan minuman berikut.

Baca juga: Hindari Asam Lambung Naik? Inilah Menu Terbaik untuk Berbuka Bagi Penderita Maag

1. Apel

Buah satu ini bisa dikonsumsi saat sahur sebagai makanan penutup. Kandungan asam pada apel akan membantu membunuh bakteri jahat dalam mulut. Selain itu, serat alami yang terkandung akan bantu menjaga kesehatan gigi.

2. Air Mineral

Bau mulut bisa disebabkan dehidrasi. Maka dari itu untuk menguranginya bisa dengan menamba asupan air mineral guna melembabkan tenggorokan, mulut, serta bersihkan bakteru dalam mulut. Disarankan konsumsi 2 liter atau 8 gelas sehari.

3. Teh Hijau

Selain air mineral, teh hijau bisa jadi pilihan untuk mengatasi bau mulut. Antioksidan pada teh jenis ini akan bantu menghambat pertumbuhan bakteri. Konsumsi cukup 1 hingga 2 gelas kecil saja sehari kala sahur.

4. Jahe

Mau napas segar seharian, maka bisa langsung saja konsumsi jahe usai makan sahur. Zat-zat yang terkandung pada jahe juga akan membantu menghilangkan bau mulut secara tidak langsung.

5. Keju dan Yogurt

Perlu diketahui, berdasarkan hasil penelitian yang ada, keju mampu menetralisir asam yang dihasilkan makanan pemicu bau mulut.

6. Susu

Susu rupanya tak hanya bisa dimanfaatkan untuk menguatkan tulang, tetapi dapat juga dijadikan salah satu solusi untuk menjaga bau mulut tetap segar saat puasa. Kandungan lemak dan air pada susulah yang dipercaya mampu menetralisir kemungkinan bau mulut.

Berita ini pernah diterbitkan di Serumpi.com dengan judul: Ampuh Usir Bau Mulut Saat Puasa, 6 Makanan Ini Mampu Membuat Napas Segar Sepanjang Hari