Dari Aset Minyak, Penghasilan Sultan Brunei Capai Rp 1,5 Juta per Detik


SURATKABAR.ID – Jenderal Sultan Haji Sir Hassanal Bolkiah Mu’izzaddin Waddaulah GCB GCMG merupakan Sultan ke-29 dan Yang Di-Pertuan Brunei Darussalam, serta Perdana Menteri pertama di Brunei Darussalam. Ia adalah putra sulung Begawan Sultan Sir Muda Omar Ali Saifuddin III, Sultan Brunei ke-28, dan Babu Raja Pengiran Anak Damit.

Sultan Hassanal Bolkiah dinobatkan pada tahun 1968 untuk menggantikan ayahnya Begawan Sultan Sir Muda Omar Ali Saifuddin III. Hassanal Bolkiah yang menjadi Sultan ke-29 ini bahkan mendapatkan gelar kehormatan “Sir ” dari Ratu Elizabeth II.

Baru-baru ini, keputusan Sultan Hassanal Bolkiah yang menerapkan hukum syariah yang merajam hingga mati s*eks atau perzinahan antar-gay, dan hukuman keras lainnya tengah menjadi sorotan masyarakat internasional. Namun terlepas dari hal itu, kekayaannya yang disebut lebih konglomerat dari Raja Arab Saudi ini juga sangat menarik untuk disimak. Mengutip laporan Tempo.co, Jumat (05/04/2019), diketahui bahwa pendapatan Sultan Brunei Hassanal Bolkiah adalah Rp 1,5 Juta per detik dari aset minyaknya.

Seperti diketahui, pada Rabu (03/04/2019), Brunei Darussalam telah resmi menerapkan hukum syariah rajam mati bagi kaum homoseksual gay, dan hukum cambuk 100 kali bagi lesbian, serta hukum amputasi/ kerat bagi pencuri, dan hukum cambuk bagi Muslim yang konsumsi alkohol.

Langkah ini praktis memicu kemarahan dunia internasional dan George Clooney menyerukan boikot terhadap hotel-hotel Sultan, termasuk Dorchester di London dan Beverly Hills Hotel di LA, seperti dilansir dari The Sun, Kamis (04/04/2019).

Baca juga: Mantap Sahkan Hukum Rajam Hingga Mati pada Pelaku LGBT, Sultan Brunei Ungkap Alasannya

Namun, boikot tampaknya tak mungkin membuat luruh kekayaan besar Sultan yang disebut meningkat 80 poundsterling atau Rp 1,5 juta per detik dari aset minyak.

Sultan Hassanal Bolkiah juga terkenal lantaran mengeluarkan uang untuk mobil mahal masing-masing hingga 10 juta poundsterling (Rp 186 miliar), portofolio properti bernilai miliaran poundsterling dan jet pribadi lengkap dengan peralatan bersepuh emas.

Pengeluarannya yang luar biasa juga telah membuatnya menghabiskan 19.000 poundsterling (Rp 1,6 miliar) untuk menerbangkan penata rambut favoritnya ke Brunei melalui jet pribadi untuk potong rambut, dan ia bahkan dikenal mempunyai sepatu polo yang diterbangkan pakai helikopter.

Sultan Hassanal Bolkiah yang kini berusia 72 tahun itu telah naik takhta Brunei selama 52 tahun dan telah bergaul dengan banyak keluarga Kerajaan dari negara lain, termasuk Ratu dan Pangeran Phillip dari Inggris.

Kekayaan pribadi Sultan Hassanal Bolkiah yang pernah dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia pada tahun 1993 ini ditaksir mencapai 15 miliar poundsterling atau Rp 280 triliun itu menjadikannya sebagai raja terkaya kedua di dunia setelah Raja Thailand dengan pendapatan Rp 425 triliun.

Tinggal di Istana Terbesar di Dunia

Selain itu, menukil Aceh.TribunNews.com, Sultan Hassanal Bolkiah saat ini tinggal di Istana Nurul Iman, yang juga berfungsi sebagai pusat pemerintahan. Dilansir dari www.istananuruliman.org, Istana Nurul Iman ini dinobatkan oleh Guinness Book of Records sebagai kediaman kepala negara terbesar di dunia.

Istana Nurul Iman ini juga menjadi istana kerajaan terbesar di dunia yang luasnya mengalahkan Istana Versailles di Perancis, dan Istana Buckingham di Inggris.