Unik! Pernikahan Pengantin di Gereja Ini Semua Pengiringnya Muslim


SURATKABAR.ID – Sebuah pernikahan yang digelar di Sarawak, Malaysia, baru-baru ini menghebohkan publik. Pasalnya, pernikahan tersebut terbilang unik dan langka. Hal ini dikarenakan pernikahan pasangan itu berlangsung di gereja. Namun yang menarik, semua pengiring pengantinnya adalah Muslim.

Menukil reportase SindoNews.com, Sabtu (05/01/2019), foto-foto pernikahan yang diambil pada 29 Desember 2018 tersebut telah beredar di media sosial. Adapun kedua mempelai tersebut adalah Sylvester Voon dan Esther Joseph Kim. Pasangan tersebut menikah di Katedral St Joseph di Kuching, Sarawak.

Esther Jospeh Kim mempunyai enam pengiring pengantin yang semuanya Muslim. Mereka mengenakan baju kurung merah gelap dan jilbab merah muda.

Ariffin Husain selaku sang fotografer pernikahan itu lantas mengambil foto-foto di katedral dan gedung pengadilan terdekat. Dirinya menulis di halaman Facebook-nya mengenai pernikahan tersebut. Menurutnya, pernikahan tersebut merupakan pernikahan paling unik di tahun 2018.

“Anda tidak akan bisa melihat ini setiap hari…Ini adalah pernikahan di gereja, tetapi semua pengiring pengantin adalah Muslim,” tulis Ariffin Husain.

Baca juga: Umat Kristen dan Islam Tunjukkan Toleransi Tinggi Di Hari Natal 2016

“Berhijab lagi…memang sangat langka…(mengenakan jilbab, sangat jarang),” tambahnya kemudian, melansir laman Tempo.co.

Ariffin melanjutkan Kim berasal dari Sarawak dan sebagian besar pengiring pengantin berasal dari semenanjung.

“Inilah yang kami sebut 1Malaysia…meskipun mereka berbeda dalam hal ras dan agama, ini tidak menghentikan teman-teman baik ini untuk merayakan salah satu hari paling bahagia dari teman mereka,” tulis Ariffin.

Ariffin mengaku kagum melihat orang-orang dari berbagai ras saling menghormati satu sama lain. Dia berharap bisa melihat lebih banyak upacara multi-budaya dalam waktu dekat.

Ariffin menuturkan kepada The Star yang dilansir Jumat (04/01/2019) bahwa meskipun dia telah menggeluti profesinya sejak 2012, pernikahan yang dilihatnya adalah yang paling istimewa dan indah.

“Saya berharap bahwa dengan masalah rasial yang terjadi akhir-akhir ini, kita dapat belajar mengesampingkan perbedaan-perbedaan kita, saling merangkul dengan tangan terbuka dan hidup bersama secara harmonis,” ungkapnya lagi.

Unggahannya di Facebook telah menerima lebih dari 800 likePosting ini juga telah dibagikan lebih dari 250 kali oleh para pengguna Facebook.

Banyak para pengguna media sosial yang memberi ucapan selamat kepada pasangan pengantin. Mereka juga menyukai foto-foto yang diambil oleh Ariffin.