Debat Soal Teluk Benoa, Menteri Susi Anggap Jerinx Tak Pantas Diajak Bicara


SURATKABAR.IDDrummer dari band Superman Is Dead (SID), Jerinx, terlibat perdebatan cukup alot dengan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Protes Jerinx soal Teluk Benoa kemudian ditanggapi oleh Susi melalui media sosial Twitter. Perdebatan berawal dari kicauan Jerinx soal akun Twitter-nya yang diblok oleh Menteri Susi Pudjiastuti.

Melansir TribunNews.com, Minggu (23/12/2018), Jerinx menuliskan bahwa dirinya diblok oleh Menteri Susi Pudjiastuti tapi difollow oleh Ratna Sarumpaet.

Kicauan Jerinx lantas memancing Menteri Susi Pudjiastuti untuk berkomentar soal Teluk Benoa. Dari situlah kemudian muncul adu argumen antara Jerinx dengan Menteri Susi Pudjiastuti soal reklamasi Teluk Benoa. Perseteruan pun memanas.

Jerinx juga bahkan mengajak Menteri Susi Pudjiastuti untuk beradu argumen secara terbuka di Twitter.

“Diblok Susi tapi difollow Ratna. Ribet amat hidup lu Rinx,” tulis Jerinx di akun Twitter-nya, Jumat (20/12/2018).

Baca juga: Detik-detik Aksi Panggung Seventeen Dihantam Tsunami Anyer Banten

Cuitan Jerinx itu lantas mendapat tanggaan langsung dari Menteri Susi Pudjiastuti. Ia pun menanyakan kapan dirinya memblok akun Twitter Jerinx. Menteri Susi Pudjiastuti juga menanyakan alasannya.

“Kapan di bloknya? Knapa?,” tanya Susi.

Setelahnya, sehari berikutnya Jerinx pun menyebutkan bahwa ia diblok pada dua tahun yang lalu oleh Menteri Susi Pudjiastuti. Saat itu Jerinx menyuarakan kekecewaannya karena Menteri Susi Pudjiastuti memperpanjang izin lokasi reklamasi Teluk Benoa di tahun 2016 lalu.

“Maaf saya baru tiba di JKT. Bisa kita diskusi nanti sore bu? Via twitter agar publik bisa tahu situasi Teluk Benoa terkini. Btw ibu blok saya 2 thn yg lalu karena saya & kawan2 @ForBALI13 kecewa ibu perpanjang ijin lokasi reklamasi th 2016. Sekarang ibu perpanjang lagi. Ga lucu,” tulis Jerinx, sambil menyertakan bukti dirinya diblok.

Menteri Susi Pudjiastuti lantas meminta kontak Jerinx untuk berkomunikasi dengan bawahannya. Namun sepertinya Jerinx menolak, dan ingin beradu argumen di Twitter saja.

Akhirnya, Menteri Susi Pudjiastuti pun mempersilahkan hal itu selama argumen dilakukan secara objektif dan tak menyangkut SARA.

Jerinx pun melanjutkan kicauannya siang ini.

“Ibu @susipudjiastuti, sama spt pertanyaan Gendo ke ibu, bukankah yg diprotes Walhi Bali & ForBALI ke Ibu kemarin karena ibu terbitkan IJIN LOKASI? kok ibu malah sibuk menklarifikasi bhw ibu tdk terbitkan ijin pelaksanaan. Yg nuding ibu terbitkan ijin pelaksanaan siapa?,” tanyanya.

Menteri Susi Pudjiastuti lantas meminta Jerinx untuk menyamakan artikel di media dengan pernyataannya di YouTube. Karena sebelumnya, ia meminta Jerinx untuk menonton penjelasannya di YouTube. Menurutnya hal itu sudah cukup jelas.

“Terus setelah nonton youtube penjelasan saya anda samakan dengan tulisan ini atau artikel itu yg mengutip kata saya. Baru you omong lagi sama saya. Jangan suruh saya counter yg ditulis/ dikutip atas apa yg saya katakan. Mengerti ??,” jawabnya.

Jerinx lantas meminta Menteri Susi Pudjiastuti untuk mengklarifikasi pernyataannya satu persatu. Ia bahkan menuding Menteri Susi Pudjiastuti berdalih dari pertanyaannya.

“Sabar bu. Klarifikasinya saru persatu donk. Ntar juga saya tanggapin yg dr youtube. Ini agar clear dulu. Fokus ke protes ijin lokasi dulu jangan ngeles ke ijin pelaksanaan. Saya juga mengerti ttg perizinan reklamasi kok…..,” tulisnya.

Ternyata, cuitan Jerinx itu membuat Menteri Susi Pudjiastuti mulai memanas. Ia kini yang balik menuding kalau Jerinx sudah tendensius karena mengatakan dirinya ngeles.

“Siapa yang ngeles ???? Dengarkan youtube penjelasan saya. Kalau you masih terus tendensius omong saya ngeles etc saya pikir NO USE kita omong lagi,” tegasnya.

Jerinx pun mencoba menjelaskan maksudnya.

“Perijinan reklamasi itu ada 2, yakni: 1) ijin lokasi dan 2) ijin pelaksanaan. Saya jg baca perpres no 122 th 2012 bu. Bab III kan? Maksud saya agar ibu tidak mengaburkan persoalan dgn menyatakan ijin lokasi bukan ijin reklamasi padahal ijin lokasi adlh bagian perizinan reklamasi,” ungkapnya.

Namun, lagi-lagi Menteri Susi Pudjiastuti naik pitam dan menyemprot Jerinx.

“Dengarkan youtube penjelasan saya !!!!,” tegasnya.

Ia juga menuliskan kalau Jerinx bukan orang yang pantas diajak bicara olehnya.

“Satu: saya ngeles

Dua: saya mengaburkan

Ketiga: ?,” tulis Menteri Susi Pudjiastuti.

“Yg ke empat: you tidak pantas saya ajak bicara!,” tandasnya dengan lugas.

Sementara itu beberapa netizen lain juga ikut mengomentari debat tersebut: