Mobil Esemka Dibangga-Banggakan, Rizal Ramli Ngaku Mau Beli Satu Unit. Tapi…


SURATKABAR.ID – Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli mengaku dirinya ingin membeli satu unit mobil Esemka apabila memang benar-benar dirilis. Sebelumnya ramai diberitakan mobil Esemka akan segera diluncurkan dalam waktu dekat.

Namun demikian, Rizal Ramli menegaskan, ada syarat yang harus dipenuhi sebelum ia membeli satu unit mobil Esemka. “Seandainya betul Esemka akan di-launch, tapi bukan sekadar tempelan merek mobil China. Saya ingin pesan satu,” katanya melalui pesan singkat, dikutip dari Tempo.co, Kamis (1/11/2018).

Rizal sendiri mengaku pada akhir tahun 2012 silam dirinya sempat ikut memperkenalkan mobil Esemka. Saat itu, bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rizal tampil di Metro TV dengan moderator Tommy Suryopratomo.

“Saya ikut memperkenalkan dan membangga-banggakan mobil Esemka dgn Mas @jokowi di Metro TV akhir 2012, dgn moderator Mas Tommy,” imbuh politisi kelahiran Padang, Sumatera Barat pada 10 Desember 63 tahun tersebut.

Lebih lanjut, Rizal menambahkan bahwa cita-cita untuk memiliki mobil nasional bukan hal mustahil dicapai, mengingat pasar mobil 1,7 juta unit per tahunnya. Ditambah dengan minimum Economics of Scale yang hanya 300.000 unit.

Baca Juga: Soal Mobil Esemka, Sandiaga: Saya Jadi Pembeli Pertama

“Harus ada terobosan. Terutama mobil listrik nasional. Kita bisa kok, jadi bangsa hebat,” tegas Rizal Ramli.

Teknik Terbalik atau Reverse Engineering, imbuhnya, merupakan proses yang biasa terjadi dalam industrialisasi bangsa-bangsa. Rizal kemudian mencontohkan, Jepang pada awal pembuatan mobil meniru mobil Amerika. Sementara Korea meniru Jepang.

Menurutnya meniru bukan hal terlarang, selama dibarengi dengan inovasi kreatif. “Tetapi selalu dengan modifikasi dan tambahan inovasi! Bukan sekedar tempel merek seperti (mobil) Timor. Bangsa kita kreatif, kita pasti bisa!” sebutnya.

Diberitakan sebelumnya, dalam siaran pers resmi, PT Solo Manufaktur Kreasi selaku produsen mobil Esemka, menyebutkan bahwa fasilitas dan pabrik mobil Esemka hanya ada di Jalan Sambi Mangu KM 3 Boyolali, Jawa Tengah. PT SMK sendiri dipimpin oleh Direktur Utama Eddy Wirajaya.