Ekstrem! 7 Serangga Ini Diubah Jadi Makanan Lezat, Berani Coba?


SURATKABAR.ID – Pernah coba makan serangga? Jika Kamu merupakan salah satu pecinta makanan esktrem dengan nyali selangit, informasi ini pasti cocok untukmu. Pasalnya, ada 7 serangga tak biasa yang ternyata bisa diubah jadi makanan lezat. Salah satunya adalah kecoa. Padahal, bagi sebagian orang, serangga-serangga ini terkesan menjijikkan.

Berbanding kontras dengan anggapan umum tersebut, beberapa orang justru malah bisa menikmati kelezatan santapan ini. Apa saja? Berikut penjelasannya sebagaimana dikutip dari laman TribunTravel.com dan Kompas.com, Jumat (19/10/2018).

  1. Kalajengking

Di pasar tradisional China dan beberapa negara di Asia Tenggara seperti Kamboja, Kamu akan dengan mudah menemui kalajengking, si serangga berkaki delapan. Kalajengking ini bisa diolah dengan cara dipanggang, digoreng atau dibakar.

Namun beberapa orang bahkan memakan kalajengking dalam keadaan mentah. Duh, gimana rasanya ya, guys? Ngeri-ngeri lezat?

Baca juga: Konsumsi Makanan Ini Untuk Memangkas Lemak, Selamat Tinggal Perut Buncit!

  1. Kecoa

Masyarakat China menjadikan kecoa sebagai camilan mereka. Kecoa diolah dengan cara digoreng menggunakan minyak kacang, dan dihidangkan tanpa sayap. Makanan ini dipercaya dapat menyembuhkan penyakit jantung, hati dan sakit perut.

  1. Rayap

Serangga yang sangat kaya akan protein, zat besi, kalsium dan asam amino banyak dikonsumsi oleh masyarakat Amerika Selatan dan Afrika. Rayap pun bisa dimakan mentah atau digoreng terlebih dahulu.

  1. Lebah dan Tawon

Masyarakat di Asia, Afrika, Australia, Amerika Selatan dan Meksiko biasa mengonsumsi lebah dan tawon. Tak hanya lebah dewasa, larva lebah pun juga biasa mereka konsumsi. Bagaimana soal rasanya? Konon katanya mirip dengan kacang almond. Sedangkan, tawon memiliki rasa seperti kacang pinus.

  1. Tarantula

Kamu akan dengan mudah menemui tarantula di restoran dan pasar tradisional di Kamboja. Tarantula biasanya diolah dengan cara digoreng, kemudian disajikan dengan tambahan saus lemon. Kakinya terasa seperti udang goreng, sedangkan bagian perut terasa seperti daging ayam goreng. Kedengarannya sih lezat ya.

  1. Semut

Untuk setiap 100 gram semut merah mengandung sekitar 14 gram protein, 48 gram kalsium dan kurang dari 100 gram kalori. Bahkan makanan yang ditaburi teur semut di Thailand sangat disukai dan dianggap eksotis. Berani coba?

  1. Belalang

Masyarakat di beberapa negara sangat suka dengan rasa belalang. Belalang tak dikonsumsi begitu saja, tapi direndam terlebih dahulu di dalam kaldu, kemudian belalang digulung dengan tepung, ketumbar, bawang putih dan cabai bubuk. Kemudian belalang digoreng hingga garing. Rasanya? Renyah dan manis seperti udang goreng. Di Yogyakarta juga kerap bisa ditemukan belalang goreng.

Jadi guys, berani coba yang mana? Kecoa saja atau semuanya?