Survei KedaiKOPI Sebut Kadar Religius Jokowi dan Prabowo Masih Rendah


SURATKABAR.ID  Survei dari KedaiKOPI menunjukkan bahwa dua kandidat capres, Presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto punya kadar religiusitas yang masih rendah.

Survei tersebut mendapati karakter Jokowi sebagai capres masih jauh dari label religius. Dari 11 label yang dipakai, label agamis dalam diri Jokowi hanya mendapat skor 62,4 persen dari 1.137 responden. Karakter itu menjadi yang paling inferior dari karakter-karakter Jokowi yang lain.

Diketahui, faktor agama dipercaya bakal mengiringi penyelenggaraan Pemilu 2019, khususnya Pilpres. Kandidat calon presiden dan penduduk muslim yang besar di Indonesia jadi penyebab ‘jualan agama’ akan tetap laris.

Dikutip dari laman CNNIndonesia.com, tak hanya Jokowi, hal serupa terjadi pada Prabowo.

Baca Juga:

Label agamis dari diri Prabowo dalam survei itu hanya mendapat skor 57,8 persen, paling bawah setelah label humorisnya. Persepsi itu berasal dari 1.096 responden survei yang mengenal Prabowo.

KedaiKOPI kerap membuat sejumlah survei berkenaan politik. Paling terbaru adalah persepsi publik soal religiusitas Jokowi dan Prabowo. Mereka juga rutin membuat survei soal tingkat elektabilitas tokoh politik sebagai capres.

Ketua Bidang Dakwah dan Kajian Islalm Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Abrar Aziz mengamini temuan survei tersebut. Abrar menilai muslim di Indonesia masih sangat tertarik pada simbol saja. Ini menjadi penting bagi partai-partai politik yang ingin merebut hati pemilih.

“Maka saya yakin di pilkada kemarin terus pilpres besok dan momen-momen politik berikutnya hal-hal itu akan terjadi lagi,” kata Abrar.

Sebelumnya, kandidat cawapres untuk Jokowi sudah mengerucut menjadi lima nama. Namun, Jokowi belum menyebutkan siapa saja calon yang akan menamaninya di pilpres 2019 kelak.

Melihat lawannya, Prabowo dikabarkan sudah mengantongi 7 nama untuk mendampinginnya di perhelatan pilpres 2019 nanti.