Sibuk Selamatkan Tim Sepakbola di Dalam Gua, Seorang Dokter Tak Tahu Jika Ayahnya Meninggal Dunia

SURATKABAR.IDSetelah melewati serangkaian penyelamatan dramatis, akhirnya seluruh anggota tim sepakbola yang terperangkap dalam gua di Thailand berhasil diselamatkan.

“12 anggota tim sepakbola ‘Wild Boars’ dan pelatihnya sudah dikeluarkan dari gua dan mereka selamat,” begitu pernyataan Angkatan Laut Thailand, dikutip Grid.id, Selasa (10/7/2018).

Beragam cerita unik dan menyentuh pun mewarnai proses penyelamatan korban. Salah satunya yang dialami oleh Dokter Richard Harris.

Richard Harris adalah seorang dokter Australia yang merupakan orang terakhir yang keluar dari gua Thailand setelah menyelamatkan tim sepakbola remaja.

Ia mendapati kabar duka kepergian ayahnya setelah melakukan misi penyelamatan. Dr Richard Harris menolak berbicara kepada media.

Baca juga: Pengorbanan Warga Thailand untuk Evakuasi Anak di Gua, Sampai Rela Sawahnya Banjir

Tetapi bosnya Dr Andrew Pearce mengatakan bahwa ia telah berbicara dengan Harry, sapaan akrab Richard Harris.

“Ini jelas merupakan kesedihan bagi keluarga Harris, diperbesar oleh tuntutan fisik dan emosional menjadi bagian dari operasi penyelamatan yang sangat kompleks dan sukses pada minggu ini,” kata Pearce, dilansir Grid.id, Kamis (12/7/2018).

“Dia akan segera pulang dan mengambil waktu dengan baik untuk bersama keluarganya. Dia telah meminta agar privasi keluarga dihormati saat ini.”

Richard Harris yang merupakan pakar anestesi dari Adelaide Australia awalnya bermaksud untuk berlibur ke Thailand.

Tapi ia lalu mempertaruhkan nyawanya sendiri untuk terjun ke gua Chiang Rai untuk memeriksa secara medis 12 anak laki-laki dan pelatih mereka yang terperangkap di dalam gua.

Saat 12 anak dan pelatih mereka berhasil keluar dari gua, Dr Harris dan tiga anggota angkatan laut Thailand masih berada di dalam gua.