Tim Penyelamat Thailand Kembali Selamatkan 4 Anak yang Terjebak di Gua Tham Luang


SURATKABAR.ID – Sebanyak empat anak yang terjebak Gua Tham Luang, di Chiang Rai, Thailand, telah berhasil diselamatkan oleh Angkatan Laut (AL) Thailand. Kini, delapan dari 12 anak bersama pelatihnya yang terperangkap di dalam gua telah berhasil diselamatkan setelah dilakukannya misi penyelamatan selama dua hari ini.

Sebelumnya, pada hari pertama penyelamatan, tim penyelamat juga berhasil menyelamatkan 4 anak. Saat ini, tersisa 4 anak dan 1 pelatih yang masih terperangkap di dalam gua. Demikian sebagaimana dikutip dari laporan Detik.com, Selasa (10/07/2018).

“4 anak sudah dibawa ke rumah sakit, semuanya selamat,” ungkap Kepala Misi Penyelamatan Narongsak Osottanakorn saat diwawancara oleh tim pers BBC, Selasa (10/07/2018).

Osottanakorn menyebutkan, misi penyelamatan ini berjalan lancar. Waktu penyelamatan kali ini rupanya memakan waktu dua jam lebih cepat dibandingkan penyelamatan sebelumnya. Sebelumnya, pada hari pertama penyelamatan membutuhkan waktu 11 jam. Hal ini, imbuhnya, dikarenakan bertambahnya rasa optimis dari tim penyelamat dalam upaya mengevakuasi kesebelasan tim sepak bola tersebut.

Osottanakorn kemudian melanjutkan, tim penyelamat mungkin akan membutuhkan persiapan lebih dari 20 jam untuk misi penyelamatan berikutnya. Hal ini tergantung pada cuaca dan level permukaan air.

Baca juga: 2 Minggu Terperangkap dalam Gua, Misi Penyelamatan 12 Anak di Thailand Berpacu dengan Air dan Waktu

Pada hari Minggu (08/07/2018), sebanyak 4 anak yang terperangkap di dalam gua telah berhasil diselamatkan dalam misi evakuasi tersebut. Anak-anak yang terperangkap itu merupakan tim sepak bola yang berusia antara 11 hingga 16 tahun. Sementara itu, sang pelatih yang turut hilang bersama mereka diketahui berumur 25 tahun.

Penyelamat Akan Keluarkan 5 Orang Lagi

Lebih lanjut, tim penyelamat akan mencoba mengeluarkan lima orang yang masih terperangkap di gua yang terendam banjir tersebut. Sejauh ini, misi penyelamatan sudah berhasil mengevakuasi 8 orang anak keluar dari Gua Tham Luang, sebagaimana dikutip dari laporan dw.com.

Adapun misi penyelamatan untuk mengevakuasi keempat orang anak beserta pelatihnya tersebut dilakukan hari ini. Hal ini diungkapkan oleh Ketua tim penyelamat, Narongsak Osottanakorn.

Seperti dilansir kantor berita AFP, Selasa (10/07/2018), seorang dokter dan tiga personel SEAL Angkatan Laut Thailand, yang telah menemani kelompok tersebut sejak menemukan mereka terperangkap di gua Tham Luang, juga akan keluar dari gua.

Sejauh ini, delapan remaja putra berumur antara 12 dan 16 tahun telah berhasil dikeluarkan dari dalam gua oleh tim penyelam ahli. Yang terbaru adalah misi penyelamatan pada Senin (09/07/2018) kemarin, di mana empat remaja berhasil dikeluarkan dari gua dan dibawa ke rumah sakit Chiang Rai. Operasi evakuasi itu memakan waktu 9 jam, atau lebih cepat dua jam daripada operasi penyelamatan empat remaja sebelumnya (11 jam).

“Hari ini (Selasa) kami berharap akan lebih cepat,” ungkap Narongsak Osottanakorn.

Seperti diketahui, kompleks Gua Tham Luang tempat 12 remaja dan pelatihnya terperangkap sejak 23 Juni lalu itu diibaratkan layaknya sistem labirin. Gua tersebut mempunyai banyak celah dengan beragam ukuran. Ketinggian beberapa celah melebihi 10 meter, sedangkan celah lainnya begitu sempit dan direndam air.

Itulah sebabnya medan itu berpotensi membahayakan nyawa regu penyelamat. Sebelumnya, kematian seorang mantan penyelam Angkatan Laut Thailand yang merupakan bagian dari tim pemasok suplai tabung oksigen bagi para remaja itu telah membuktikan bahaya tersebut.

Sebelumnya, Narongsak menuturkan bahwa misi penyelamatan ini “berpacu dengan air dan waktu”.

“Kekhawatiran terbesar kami adalah cuaca. Kami sedang menghitung berapa banyak waktu yang tersisa jika hujan, berapa jam dan hari,” imbuhnya kepada wartawan yang meliput.