Soal Dugaan Logo Palu Arit di Rupiah Baru, Habieb Rizieq Segera Laporkan Pihak -Pihak Ini ke Polisi

habib-rizieq-730x355

SURATKABAR.ID Tokoh Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab, atau yang dikenal dengan Habib Rizieq berencana  melaporkan Gubernur Bank Indonesia, Menteri Keuangan dan Perusahaan Umum Percetakan Uang Repulik Indonesia (Peruri) terkait logo mirip palu arit di uang kertas cetakan terbaru.

Dilansir dari CNN Indonesia, Rizieq beranggapan, mereka inilah harus bertanggung jawab atas munculnya logo mirip lambang Partai Komunis Indonesia di uang kertas terbaru Indonesia.

“Kami sudah bentuk tim advokat dan tim pelapor, kami akan laporkan ke Mabes Polri Gubernur BI, Menteri Keuangan, juga Peruri sebagai pencetak dan desain. Mereka tanda tangan (uang) artinya tanggung jawab,” kata Rizieq di Kompleks DPR, Jakarta, Rabu (11/01/2016).

Rizieq mengatakan, logo mirip palu arit itu sebelumnya hanya ada di uang kertas Rp100 ribu cetakan lama. Logo yang dianggap aneh ini yang mendorondnya melapor ke  institusi Polri.

Keberadaan logo itu juga diprotes oleh masyarakat di Palembang, Sumatera Selatan, dengan mendatangi langsung kantor BI di sana. “Mereka janji akan diteliti dan tak akan terulang,” katanya.

Namun belakangan, setelah uang cetakan baru diterbitkan, ternyata tidak ada perubahan. Semua pecahan uang kertas malah terdapat logo yang diprotes itu.

Merasa ada yang salah, ia lantas melayangkan protes ke polisi. Namun belakangan Habib Rizieq sendiri yang dilaporkan ke kepolisian dengan tuduhan penghasutan.

Rizieq menilai, seharusnya protes dijawab secara ilmiah oleh instansi yang berwenang. Bukan dengan ditanggapi dengan laporan  resmi di kepolisian.

Jika BI menyatakan logo yang dinilai mirip palu arit itu adalah salah satu bagian dari teknologi pengamanan, Rizieq mempertanyakan mengapa dicetak di logo BI sehingga membentuk pola mirip lambang PKI.

Rizieq mengatakan, dalam beberapa tahun terahir, isu kebangkitan komunis patut diwaspadai. Ia mengklaim punya 30 indikasi yang sudah disampaikannya dalam sebuah simposium yang diadakan Gerakan Bela Negara.

“Indikasi ini bukan muncul karena kami umat Islam paranoid, tapi muncul dari kesadaran kami dalam berbangsa dan bernegara, ini bahaya” katanya.

Sementara itu Wakil Ketua DPR Fadli Zon yang ditemui Rizieq di Gedung DPR berjanji akan meneruskan apa yang jadi keberatan tersebut ke BI.

Politikus Partai Gerindra ini menilai aneh logo mirip palu arit itu muncul di uang kertas. Seharusnya BI, kata Fadli, bisa lebih berhati-hati dalam mendesain uang agar tidak menimbulkan interpretasi yang berbeda-beda.

Komentar

komentar


Terbaru

Ini Komentar FPI Terkait Penolakan Gereja Santa di Bekasi

SURATKABAR.ID – Aang Khunaifi yang merupakan Ketua Front Pembela Islam (FPI) cabang Babelan, Bekasi, menolak tuduhan “biang keladi kericuhan saat aksi penolakan pembangunan Gereja...

Djan Faridz Akan Maafkan Haji Lulung dengan Syarat…

SURATKABAR.ID - Djan Faridz selaku Ketua Umum PPP versi Muktamar Jakarta berjanji akan memaafkan Abraham Lunggana atau Haji Lulung dengan satu syarat—berbalik mendukung Ahok-Djarot...

Sarman Akhirnya Bebas dari Penjara Setelah Dituduh Lakukan Tindakan Asusila di Masjidil Haram

SURATKABAR.ID - Jamaah umrah asal Jawa Tengah bernama Mbah Sarman akhirnya bisa dipulangkan ke Tanah Air oleh Konsulat Jenderal RI (KJRI) di Jeddah, Arab...

Mengejutkan! Begini Curahan Hati Rhoma Irama Ketahui Ridho Nyabu

SURATKABAR.ID – Pada Jumat (24/3/2017), netizen digegerkan oleh penangkapan penyanyi dangdut Ridho Irama atau Ridho Rhoma di kawasan Daan Mogot. Dalam penangkapan tersebut, polisi...

Benarkah Video Ini Buktikan Hingga Saat Ini Masih Ada Suku Purba Yang Hidup di...

SURATKABAR.ID - Baru-baru ini, sebuah akun Youtube bernama Fredography membuat sebuah kehebohan dengan video yang ia unggah. Pasalnya, dalam video yang diunggahnya sempat terlihat sosok misterius...

Video Viral! Aksi Dua Ibu-Ibu ‘Terkam’ Jambret Sampai Lari Terbirit-birit

SURATKABAR.ID – Sebuah video rekaman CCTV belakangan ini viral di media sosial. Video tersebut diunggah oleh akun Facebook bernama Arie Mursadi. Dalam caption di...

Heboh! Soal Ini SID Tolak Mentah -Mentah Tawaran Rp 1M Dari Presiden Jokowi

SURATKABAR.ID - Presiden Joko Widodo membuat program #jokowimenjawab pada Februari 2017 lalu. Program tersebut bermaksud memberi ruang bagi anak muda untuk bebas mengirimkan pertanyaan...