Soal Dugaan Logo Palu Arit di Rupiah Baru, Habieb Rizieq Segera Laporkan Pihak -Pihak Ini ke Polisi

habib-rizieq-730x355

SURATKABAR.ID Tokoh Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab, atau yang dikenal dengan Habib Rizieq berencana  melaporkan Gubernur Bank Indonesia, Menteri Keuangan dan Perusahaan Umum Percetakan Uang Repulik Indonesia (Peruri) terkait logo mirip palu arit di uang kertas cetakan terbaru.

Dilansir dari CNN Indonesia, Rizieq beranggapan, mereka inilah harus bertanggung jawab atas munculnya logo mirip lambang Partai Komunis Indonesia di uang kertas terbaru Indonesia.

“Kami sudah bentuk tim advokat dan tim pelapor, kami akan laporkan ke Mabes Polri Gubernur BI, Menteri Keuangan, juga Peruri sebagai pencetak dan desain. Mereka tanda tangan (uang) artinya tanggung jawab,” kata Rizieq di Kompleks DPR, Jakarta, Rabu (11/01/2016).

Rizieq mengatakan, logo mirip palu arit itu sebelumnya hanya ada di uang kertas Rp100 ribu cetakan lama. Logo yang dianggap aneh ini yang mendorondnya melapor ke  institusi Polri.

Keberadaan logo itu juga diprotes oleh masyarakat di Palembang, Sumatera Selatan, dengan mendatangi langsung kantor BI di sana. “Mereka janji akan diteliti dan tak akan terulang,” katanya.

Namun belakangan, setelah uang cetakan baru diterbitkan, ternyata tidak ada perubahan. Semua pecahan uang kertas malah terdapat logo yang diprotes itu.

Merasa ada yang salah, ia lantas melayangkan protes ke polisi. Namun belakangan Habib Rizieq sendiri yang dilaporkan ke kepolisian dengan tuduhan penghasutan.

Rizieq menilai, seharusnya protes dijawab secara ilmiah oleh instansi yang berwenang. Bukan dengan ditanggapi dengan laporan  resmi di kepolisian.

Jika BI menyatakan logo yang dinilai mirip palu arit itu adalah salah satu bagian dari teknologi pengamanan, Rizieq mempertanyakan mengapa dicetak di logo BI sehingga membentuk pola mirip lambang PKI.

Rizieq mengatakan, dalam beberapa tahun terahir, isu kebangkitan komunis patut diwaspadai. Ia mengklaim punya 30 indikasi yang sudah disampaikannya dalam sebuah simposium yang diadakan Gerakan Bela Negara.

“Indikasi ini bukan muncul karena kami umat Islam paranoid, tapi muncul dari kesadaran kami dalam berbangsa dan bernegara, ini bahaya” katanya.

Sementara itu Wakil Ketua DPR Fadli Zon yang ditemui Rizieq di Gedung DPR berjanji akan meneruskan apa yang jadi keberatan tersebut ke BI.

Politikus Partai Gerindra ini menilai aneh logo mirip palu arit itu muncul di uang kertas. Seharusnya BI, kata Fadli, bisa lebih berhati-hati dalam mendesain uang agar tidak menimbulkan interpretasi yang berbeda-beda.

Komentar

komentar


Terbaru

Meski Berjumlah Ribuan, Nama Pengirim Bunga untuk Ahok Ternyata…

SURATKABAR.ID – Pasca kekalahan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)- Djarot Saiful Hidayat dalam hitung cepat Pilkada DKI Jakarta putaran kedua, mereka mendapatkan ribuan karangan bunga....

Blak-blakan! Ahok Sebut APBD Sulit Dikorupsi, Kecuali Atas Izin Gubernur

SURATKABAR.ID – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menyebutkan jika korupsi terhadap APBD sulit sekali terjadi dan bahkan hmpir tidak mungkin, kecuali kejahatan...

Setelah 1.000 Karangan Bunga, Ratusan Pendukung Ahok Sesaki Balai Kota

SURATKABAR.ID - Para pendukung Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot Saiful Hidayat memenuhi Balai Kota Jakarta dengan karangan bunga yang mereka kirimkan. Saking banyaknya karangan...

Alhamdulillah, Bule Cantik Dari Italia yang Datang ke Batang Memutuskan Masuk Islam

SURATKABAR.ID – Ibunda Dzulfikar, Ismoyowati kaget saat seorang gadis cantik yang berasal dari Italia benar-benar datang ke rumanya. Namanya adalah Illaria Monte Bianco, gadis...

Fadli Zon: Ahok Harus Dipenjara

SURATKABAR.ID - Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon melontarkan kritik tajam terhadap enegakan hukum belakangan ini. Ia menilai jika hukum dipergunakan untuk mencari kesalahan...

Jokowi Buka Musrenbagnas dengan Nada Tinggi, Ada Apa?

SURATKABAR.ID – Rabu (26/4/2017) Presiden Republik Indonesia Joko Widodo membuka pidato dalam acara Musyawarah Rencana Pembangunan Nasional (Musrenbagnas) 2017 yang bertempat di Hotel Bidakara, Jakarta...

Mojang Semarang Ini Rela Kerja Jadi Pembantu Rumah Tangga Demi Raih Gelar Sarjana

SURATKABAR.ID – Mojang asal Kabupaten Brebes, Jawa Tengah ini pantas dijadikan contoh. Betapa tidak, Nur Fakhati Himatul Izza ini rela bekerja sebagai pembantu rumah...