Safari Politik, Jokowi Pakai Motor Street Tracker ke Pasar Anyar


SURATKABAR.ID – Presiden RI Ir. Joko Widodo (Jokowi) kembali melakukan safari politiknya. Menariknya, kali ini, calon presiden nomor urut 01 dalam Pilpres 2019 nanti ini berkeliling Kota Tangerang, Banten, dengan menggunakan motor modif street tracker warna hijau, Minggu (04/11/2018).

Dilansir Tempo.co, perjalanan Presiden bermula dari Hotel Atria Tangerang, untuk melewati jalan besar menuju Pasar Anyar. Motor itu merupakan motor custom dari bengkel Katros Garage yang dipesan pada bulan Agustus 2018 lalu. Dengan menggunakan basis Kawasaki W175, motor itu lalu dimodifikasi ala street tracker.

Untuk speknya, Kawasaki W175 ini mempunyai mesin berkapasitas 177 cc, single piston, dengan engine balancer, menghasilkan tenaga 13 PS pada 7.500 rpm dan torsi 13,2 Nm pada 6.000 rpm.

Diketahui, Kawasaki W175 ini menggunakan karburator Mikuni VM24. Dalam penggunaannya di torsi rendah dan sedang, tunggangan ini jadi lebih hemat bahan bakar dan rendah emisi.

Selain itu, sistem pembuangannya bergaya peashooter dengan pipa header lengkung. Rem depan dibekali double piston berpiring cakram 220 mm. Adapun untuk roda belakangnya masih tromol. Pelek 17 inci dengan jari-jari krom dipilih untuk memperkental kesan klasik.

Baca juga: Jokowi Effect! Pejabat Ikut Lirik Motor Chopperland Seharga Ratusan Juta

Kawasaki W175 tipe standar sendiri dijual dengan harga Rp 29,8 juta dan SE Rp 30,8 juta.

Dalam berkendara blusukan tersebut, Menteri Perdagangan Airlangga Hartarto dan Danpaspamres Mayjen TNI (Marinir) Suhartono turut mendampingi. Motor bernomor polisi B-3450-INA itu dinaiki Presiden lengkap dengan mengenakan helm Cargloss warna cokelat metalik. Tak ketinggalan, presiden juga mengenakan sarung tangan.

Di sisi kanan ada tulisan “Jokowi” dengan aksen emas di bagian depan. Presiden pun masih mengenakan jaket merah terang yang bagian belakangnya bertuliskan “Bulls Syndicate, Motorcycle Worshiper”.

Kecepatan 40 Km/Jam

Memasuki beberapa tikungan, Presiden tampak melambai kepada masyarakat yang menunggunya di pinggir jalan. Saat jalanan sedang lurus, Presiden pun beraksi dengan menambah kecepatan.

Mantan Wali Kota Solo ini mengaku perjalanannya tersebut hanya ingin mencoba motor baru.

“Ingin saja mencoba motor baru, tarikannya bagus, ‘kan tidak ngebut, kita hanya 30 sampai 40 kilometer per jam,” ujar Jokowi di Pasar Anyar, Tangerang.

View this post on Instagram

Menyusuri jalan-jalan Kota Tangerang …

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on

Seperti diketahui, selain penyuka musik cadas, orang nomor satu se-Tanah Air ini juga seorang penggemar motor. Jokowi memiliki chopper keemasan yang pernah ditunggangi saat kunjungan kerja di Sukabumi. Motor ini menggunakan basis Royal Enfield Bullet 350.

“Saya ini ‘kan mencoba. Kalau dahulu yang ‘ngerjain’ dari Elders, sekarang yang mengerjakan Katros. Samalah. Saya ‘kan pengen mencoba beberapa genre sepeda motor yang ada,” imbuh mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut menambahkan.

Usai menyambangi Pasar Anyar, Jokowi juga mengendarai lagi motornya menuju Balai Kota Tangerang, lokasi senam sehat.

Poling #Pilpres2019 SuratKabar.id
Jika Pilpres 2019 dilaksanakan hari ini, pasangan mana yang akan anda pilih?
Klik 'Vote!' untuk melihat hasil polling sementara.