Bukan Sekadar Legenda, Ikan Mas Asal Danau Toba Bisa Berukuran Raksasa. Lihat Foto-Foto Penampakannya!


    SURATKABAR.ID – Hasil tangkapan warga berupa ikan mas raksasa di Danau Toba, Tao Silalahi, Desa Paropo, Kecamatan Silalahi Sabungan, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, disebut sebagai penyebab badai yang menenggelamkan kapal motor (KM) Sinar Bangun, Senin (18/6), sekitar pukul 17.15 WIB.

    Unggahan warganet yang menyebut dirinya guru spiritual menyebabkan kehebohan. Pasalnya, seperti yang dilansir dari laman Tribunnews.com, Jumat (22/6/2018), pemilik akun Facebook Rismon Sirait menghubung-hubungkan penangkapan ikan raksasa dengan kecelakaan KM Sinar Bangun.

    “Tanggal 17 Juni 2018 pukul 16.30 Ikan mas seberat 14 Kg didapat pemancing di Desa Paropo Tao Silalahi. Ikan Mas paling besar dan saya juga yakin ini paling besar didapat di Danau Toba dalam kurun waktu 20 tahun terakhir,” demikian bunyi tulisan Rismon, dikutip dari Tribunnews.com.

    Legenda Ikan Mas Raksasa Danau Toba

    Ada legenda atau cerita rakyat yang menyebutkan ikan mas di Danau Toba, Sumatera Utara. Dan rupanya terkait ukuran ikan mas asal Danau Toba yang bisa sangat besar hingga disebut sebagai ikan mas raksasa, bukan sekadar legenda belaka.

    Baca Juga: Legenda Ikan Mas Raksasa Danau Toba dan Kecelakaan KM Sinar Bangun, Warga Beberkan Fakta Mengejutkan

    Hal tersebut disampaikan langsung oleh peneliti limnologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Profesor Gadis Sri Haryani, seperti dilansir dari laman Detik.com pada Jumat (22/6/2018). Dan menurutnya ukuran ikan mas yang besar tidak hanya ditemukan di Danau Toba saja.

    “Memang bisa (berukuran besar), sih. Tidak hanya di Danau Toba, di Danau Matano di Sulsel juga ada ikan mas yang berukuran besar,” ujar Gadis Sri Haryani ketika dimintai tanggapan terkain penemuan ikan mas berukuran raksasa, dikutip dari Detik.com.

    Rupanya ikan mas yang memiliki nama latin Cyprinus Carpio ini bukan merupakan fauna endemik Danau Toba. Gadis menyebutkan, ikan mas di manapun berpotensi tumbuh hingga besar, bahkan tak menutup kemungkinan mencapai ukuran raksasa, seperti yang baru-baru ini gegerkan penghuni jagad maya.

    “Ini karena ruang hidupnya cukup luas, seperti Danau Toba. Kalau Danau Toba kedalamannya 508 meter, Danau Matano 529 meter. Dengan ruang hidup luas dan makanan tersedia cukup banyak, bisa tumbuh dengan baik,” tuturnya.

    Meski demikian, ia menegaskan bahwa tak semua ikan mas penghuni Danau Toba berukuran besar. Hanya ada 1 dari 10 ikan mas yang bisa tumbuh besar. Gadis mengungkapkan bahwa masih diperlukan penelitian lanjutan untuk mengungkap angka pasti terkait perbandingan ikan mas berukuran normal.

    Dan mengenai maksimal panjang serta berat yang bisa dicapai ikan mas asal Danau Toba, Gadis mengklaim pihaknya belum bisa menyebut angka. “(Maksimal panjangnya) tidak sampai 1 meter, tapi bisa lebih dari 50 cm,” jelasnya.

    Berikut beberapa penampakan ikan mas raksasa yang digadang-gadang sebagai penyebab karamnya KM Sinar Bangun beberapa waktu lalu:

     

    Ikan Asli Danau Toba

    Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, rupanya bukan ikan mas raksasa yang merupakan fauna endemik asli Danau Toba, melainkan ikan Batak bernama latin Neolissochilus. Namun sayangnya, penghuni asli Danau Toba sudah semakin jarang ditemukan.

    “Sekarang sudah jarang ditemukan, (bentuknya) seperti ikan mas biasa, cuma memang dia perlu karakteristik habitat yang baik. Dengan adanya pencemaran limbah penduduk, itu tentu mengganggu habitatnya,” tutur Gadis.